Rabu, 03 Oktober 2012

Bahan ajar kls 9 semester 2 ips


                                                                       BAB I
                                PETA TENTANG POLA DAN BENTUK MUKA BUMI

A. Pola dan bentuk muka bumi
1. Menganalisis Bentuk – bentuk Muka Bumi pada Peta
Bentuk – bentuk muka bumi pada peta dapat dibaca dan dianalisis melalui beberapa cara, yaitu :
a.      Simbol Warna
Di dalam peta topografi tinggi rendahnya permukaan bumi digambarkan dengan menggunakan simbol warna sebagai berikut :
1)      Warna untuk menggambarkan kenampakan daratan, diantaranya
a)      warna cokelat untuk menggambarkan pegunungan
b)      warna hijau untuk menggambarkan dataran rendah
c)      warna kuning untuk menggambarkan dataran tinggi
2)      Warna untuk menggambarkan kenampakan perairan, diantaranya
a)      warna biru muda untuk melambangkan laut dangkal
b)      warna biru tua untuk melambangkan laut dalam

b.       Simbol Garis
Garis kontur adalah garis – garis pada peta yang menghubungkan tempat – tempat yang memiliki ketinggian sama.
Selisish antara dua garis kontur yang berdekatan menggambarkan jarak vertikalnya. Sedangkan jarak antara dua garis kontur pada peta dikalikan skala menunjukkan jarak horizontalnya. Dari dua garis kontur juga dapat dihitung sudut kemiringan lereng dengan menggunakan rumus :





Sudut kemiringan =
 


a = ( a:b )
 

 
                                                                                    Atau

Dimana  a merupakan sudut kemiringan lereng ( dicari dengan menggunakan tabel tangen )
a = jarak vertikal
b = jarak horizontal

2. Langkah – langkah Membuat Diagram Melintang Bentuk Muka Bumi
Langkah – langkah untuk membuat diagram melintang bentuk muka bumi yang berupa daratan adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan penggalan peta, perhatikan garis lintangnya.
  2. Dari simbol warna yang tertera pada peta dapat diketahui bentuk permukaan daratannya.
  3. Kedalaman laut dapat diketahui dari simbol warna pada peta tersebut.
  4. Siapkan kertas milimeter untuk menentukan ketinggian maksimum dan kedalaman perairan maksimum.
  5. Susun penggalan peta yang dilewati garis lintang tertentu tersebut dengan kertas milimeter dibawahnya. Tentukan pula garis – garis ketinggian daratan dan kedalaman laut beri masing – masing titik dengan angka dan huruf yang berbeda.
  6. Secara berturut – turut tandai titik di penggalan peta tersebut yang mempunyai perbedaan warna yang berbeda ketinggiannya. Untuk membedakan ketinggian daratan dan kedalaman laut beri masing – masing titik dengan angka dan huruf yang berbeda.
  7. Setelah semua titik ditandai dengan angka dan huruf maka selanjutnya memindahkan titik – titik ke kertas milimeter yang sudah disusun di bawahnya sesuai dengan garis ketinggiannya.
  8. Setelah titik – titik pada penggalan peta dipindahkan ke kertas milimeter maka yang terakhir adalah menghubungkan titik – titik 1,2,3 dan a.b.c sesuai dengan urutannya. Maka kita akan memperoleh diagram melintang atau penampang melintang dari peta tersebut yang mencakup keadaan daratan dan lautannya.

3. Mendeskripsikan Pola dan Bentuk Objek Geografis Sesuai dengan Bentang
    Alam
  1. Macam – macam Bentang Alam
Bentang alam suatu wilayah memiliki ciri – ciri yang beragam, ada bentang alam dataran rendah, dataran tinggi, lembah, pegunungan dan lain sebagainya. Didasar lautpun terdapat aneka ragam,  bentang alam, ada paparan, lubuk laut, dangkalan, ambang laut, palung laut, dan punggung laut.
Bentuk – bentuk  bentang alam diperoleh dari hasil tenaga geologi yang meliputi tenaga endogen dan tenaga eksogen. Tenaga endogen berasal dari luar permukaan bumi, yang disebabkan oleh air, angin, organisme, sinar matahari dan es.
  1. Pola dan bentuk bentang alam di Indonesia
Pola dan bentuk bentang alam di Indonesia dapat dibedakan menjadi 3 bagian, yaitu :
1)      Bentang alam Indonesia bagian barat meliputi P. Sumatera, Jawa, Kalimat dan pulau kecil sekitarnya. Laut yang berada di pulau – pulau tersebut merupakan laut dangkal yang disebut Dangkalan Sunda atau Paparan Sunda.
2)      Bentang alam Indonesia bagian tengah dipisahkan oleh garis Wallacea yang terbentang dari Selat Lombok,Selat Makassar, Laut Sulawesi dan laut Sulu.
3)      Bentang alam bagian timur meliputi Pulau Papua, dan Kepulauan Aru. Laut yang ada disekitarnya merupakan laut dangkal yang disebut Dangkalan Sahul atau Paparan Sahul.

Dangkalan Sahul dipisahkan oleh garis Weber yang terbentang dari laut Timor, laut Arafuru, Laut Seram dan Laut Halmahera ke arah utara.
Beberapa bukti bahwa Dangkalan Sunda pernah bersatu dengan Benua Asia adalah:
1)      Laut Jawa, Selat Malaka dan Laut Cina Selatan bagian selatan merupakan laut dangkal dengan kedalaman <200 meter.
2)      Jenis tumbuh – tumbuhan dan binatangnya memiliki kesamaan.
3)      Terdapat kesamaan jenis ikan air tawar yang hidup di sungai Pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan.
4)      Di Selat Malaka dan laut Jawa terdapat bekas alur sungai – sungai yang diperkirakan merupakan lanjutan aliran – aliran sungai di Sumatra, Kalimantan, dan Jawa.

Beberapa bukti bahwa Dangkalan Sahul pernah menyatu dengan Benua Australia adalah.
1.      Laut Arafuru yang terletak di antara Pulau Papua dan Benua Australia merupakan laut dangkal dengan kedalaman rata – rata 100 meter.
2.      Berdasarkan jenis hewan dan tumbuhan yang hidup di Pulau Papua dan pulau – pulau sekitarnya mirip dengan hewan dan tumbuhan yang hidup di Benua Australia.


                                            BAB 2

KAITAN UNSUR GEOGRAFI DAN PENDUDUK DI ASIA TENGGARA

A.     KONDISI GEOGRAFIS ASIA TENGGARA
1.      Unsur fisik dan sosial kawasan Asia Tenggara
Benua Asia terdiri atas 5 kawasan, satu di antaranya adalah Asia Tenggara. Myanmar, Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, Thailand, dan Timor Leste.
2.       Letak astronomis kawasan Asia Tenggara
Asia Tenggara terletak di antara 28o LU – 11o LS dan antara 93o BT – 141o BT. Garis astronomis 28o LU terletak di ujung utara Myanmar, garis 11o LS merupakan batas Indonesia sebelah selatan. Pada 93o BT merupakan batas astronomis Myanmar bagian barat dan garis 141o BT merupakan batas astronomis Indonesia bagian timur.
3.      Letak geografis kawasan Asia Tenggara
Secara geografis Asia Tenggara berada di antara dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Batas wilayah kawasan Asia Tenggara adalah sebagai berikut.
a.       Di bagian utara berbatasan dengan Daratan Cina dan Laut Cina Timur.
b.      Di bagian barat berbatasan dengan India, Teluk Benggala, Samudra Hindia, dan Laut Andaman.
c.       Di bagian Timur berbatasan dengan Negara Papua Nugini dan Samudra Pasifik.
d.      Di sebelah selatan berbatasan dengan Benua Australia dan Samudra Hindia.
4.       Bentang Alam Kawasan Asia Tenggara
Secara geologis Asia Tenggara merupakan pertemuan rangkaian pegunungan muda yaitu Sirkum Pasifik dengan Sirkum Mediterania yang bertemu di Indonesia bagian timur di perairan Maluku, arah barat laut Palung Banda. Di kawasan jalur Pegunungan Mediterania dan Sirkum Pasifik banyak gunung berapi yang masih aktif khususnya di wilayah Indonesia dan Filipina, maka kawasan tersebut merupakan kawasan yang subur. Di sela – sela rangkaian pegunungan tersebut terdapat hamparan dataran rendah yang terletak dijalur aliran dan delta sungai – sungai besar.
5.      Iklim Kawasan Asia Tenggara
Kawasan Asia Tenggara dibedakan menjadi dua iklim
a.       Iklim ekuator, terletak diantara 8o LU-8o LS, meliputi dareah yaitu Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Indonesia dan beberapa pulau kecil di Filipina.
b.       Iklim tropis, meliputi wilayah Thailand, Myanmar, Laos, Kampuchesa, Filipina Utara dan Vietnam.
Berdasarkan letak geografisnya Negara – Negara di kawasan Asia Tenggara rata – rata beriklim musim. Hal ini diakibatkan karena wilayah Asia Tenggara dilalui angin muson. Ciri – ciri iklim musim adalah adanya dua musim kemarau dan penghujan yang bergantian setiap 6 bulan sekali.
            Negara – Negara yang berbentuk kepulauan memiliki iklim laut karena banyak mendapat pengaruh angin laut yang banyak mendatangkan hujan. Negara – Negara yang beriklim laut adalah Filipina, Singapura, Malaysia dan Indonesia.
6.       Sumber Daya Alam Kawasan Asia Tenggara
a.       Pertanian
Pada umumnya kawasan Asia Tenggara merupakan dareah yang subur, sehingga Negara – Negara di Asia Tenggara merupakan Negara agraris, kecuali Singapura yang termasuk Negara industri. Hasil utama adalah padi, Thailand dan Myanmar dikenal sebagai lumbung padi Asia Tenggara.
b.       Pertambangan
Hasil tambang yang terpenting dan dihasilkan di kawasan Asia Tenggara adalah minyak bumi dan gas alam yang banyak terdapat terdapat         di : Brunei Darussalam, Indonesia, dan Malaysia. Tambang timah putih banyak terdapat di Malaysia, Indonesia dan Thailand.
c.       Perindustrian dan perdagangan
Negara – Negara di kawasan Asia Tenggara mengembangkan wilayah industri, misalnya Malaysia, Indonesia dan Singapura membentuk kawasan industri Sijori ( Singapura – Johor-Riau ). Sektor perdagangan antarNegara di kawasan Asia Tenggara diwujudkan dalam bentuk kegiatan ekspor-impor.
7.       Penduduk di Kawasan Asia Tenggara
Penduduk asli Asia Tenggara adalah berkulit gelap, bertubuh kecil. Mereka orang Melayu terutama Cina bagian selatan. Berbagai suku bangsa, budaya dan agama berkembang di Asia Tenggara.
Keturunan penduduk asli Asia Tenggara masih terdapat di pedalaman Indonesia, Filipina, dan Malaysia. Induk bangsa Asia Tenggara masih terdapat ras Mongoloid, yang dibedakan menjadi tiga yaitu ras Nagrito di Filipina, ras Melayu di Indonesia, Malaysia dan Singapura, ras Thai di Thailand. Indonesia merupakan Negara Asia Tenggara yang berpenduduk paling besar jumlahnya. Sedangkan Singapura merupakan negera yang paling padat penduduknya.

8.       Kegiatan Ekonomi Penduduk di Kawasan Asia Tenggara
Mayoritas Penduduk Asia Tenggara bekerja di sektor Pertanian  (kecuali Singapura) .Kawasan asia Tenggara Merupakan kawasan perdagangan internasional yang strategis, karena merupakan pertemuan dua samudra dan benua besar.


B . NEGARA- NEGARA DI ASIA TENGGARA


1.      Singapura
Singapura berada pada 1o LU –1,5 0  dan 103,50 BT – 1040 BT  terletak di ujung Semenanjung malaya dipisahkan dengan Negara Malaysia oleh selat Johor . Pulau Singapura merupakan pulau terbesar seluas 573,9 km2  dan ditambah 5 pulau kecil lainnya sehingga luas keseluruhan 685 km 2 .  Pulau- pulau kecil tersebut adalah pulau Ubin, Pulau Bukum,Pulau Tekong,Pulau Brani,dan Pulau Sentosa.
Singapura beriklim tropis basah . Bentang alam Singapura memiliki daerah berbukit rendah dan bagian pantai berawa-rawa yang mulai di timbun untuk memperluas daratan. Singapura memiliki cagar alam Bukit Timah. Singapura termasuk Negara maju di dunia dan termasuk Negara terpadat di dunia. Penduduknya bermukim di apartemen yang dibangun bertingkat menjulang tinggi.
               
2.      Malaysia
Malaysia berada diantara 10 LU – 7 0LU dan 98 0BT – 1190BT Wilayah Malaysia terbagi dua yakni Malaysia Barat yang terletak di Semenanjung Malaya dan Malaysia Timur yang terletak Dipulau Kalimantan bagian utara. Secara geografis Malaysia berbatasan sebelah utara dengan Thailand dan Laut Cina Selatan , sebelah timur dengan Laut Sulu dan Laut Sulawesi , sebelah selatan dengan pulau Kalimantan dan Kepulauan Riau, Sebelah Barat Dengan Selat Malaka dan pulau Sumatera.
Malaysia beriklim Tropis yan dipengaruhi angin musim. Bentang alamnya di semenanjung Malaya terdiri atas Pegunungan Mediterania dengan puncak tertinggi Gunung Tahan .Malaysia termasuk Negara agraris.



3.       Filipina
Filipina terletak diantara 40 LU – 190 LU dan 1170 BT-1260 BT dengan batas-batas sebelah utara dan timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, sebelah selatan dengan Laut Sulu dan Laut Sulawesi, sebelah barat berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Filiphina beriklim tropis dipengaruhi angin muson. Karena letak Geografisnya Filiphina sering dilanda badai tropis (taifun). Filipina sebagai Negara agraris hasil pertanian yang utama adalah padi.

4.       Thailand
Secara astronomis Thailand terletak diantara 60 LU -210 LU Dan 970 BT- 1070 BT tepatnya di daratan indocina diatas Teluk Thailand .Secara geografis batas Negara Thailand adalah sebelah utara berbatasan dengan  Myanmar dan Laos , sebelah timur dengan Negara Laos, kamboja, dan teluk Thailand,sebelah selatan berbatasan dengan malaysia, sebelah barat berbatasan dengan Myanmar dan Laut Andaman. Thailand beriklim tropis yang dipengaruhi angin muson.Bentang alam Thailand Bagian tengah berupa daratan rendah yang dialiri sungai Chao Phraya . Daerah ini merupakan daerah pertanian yang subur . Mata pencarian penduduk yang utama dibidang pertanian . Hasil pertanian yang utama adalah padi dan jagung .

5.       Brunei Darussalam
Secara Astronomis Brunei Darussalam terletak diantara 4o LU – 5o LU dan 114o BT –115o  BT. Adapun batas- batas Negara Brunei Darussalam Disebelah utara bagian laut Cina Selatan , bagian timur dan barat dengan wilayah Sarawak yang  merupakan  bagian dari malaysia . Brunei Darussalam terbagi menjadi  dua bagian yaitu bagian barat dan bagian timur . Bagian barat terdiri dari  3 daerah yaitu Tutong,Belait, dan Brunei .Sedangkan  bagian timur adalah daerah Temburong .Luas seluruh Wilayah = 5.765 km2 atau hampir sama luas dengan Pula Bali .
Brunei Darussalam beriklim tropis. Bentang alamnya terdiri atas daratan rendah dan pantai rawa- rawa.  Semakin  ke pedalaman  terdiri  atas perbukitan . pendapatan per kapita penduduk Brunei Darussalam sangat tinggi , bahkan tertinggi di dunia .Hasil utama adalah minyak Bumi.
           
6.      Vietnam
Negara vietnam secara astronomis terletak diantara 8o  LU –23o LU dan 102o BT – 109o  BT ,berada Didaratan IndoCina , sebelah timur .Adapun batas- batas Negara sebelah utara berbatasan dengan Negara Cina, Sebelah timur  dan selatan berbatasan dengan Laut Cina Selatan, Sebelah barat berbatasan dengan Teluk Siam, Kamboja dan Laos.
Vietnam beriklim Tropis. Bentang alam Vietnam bagian utara banyak terdapat gunung .Pegunungan Tonkin Barat Merupakan pegunungan tertinggi  di Vietnam .Sebagian besar  penduduk Vietnam bekerja disektor pertanian . Vietnam termasuk Negara republik Komunis.

7.      Myanmar
Myanmar terletak diantara  10o  LU  -28o  LU dan 95o   BT –101o BT berada didaratan Indocina berdekatan Negara-Negara Kawasan Asia Selatan .Secara Geografis batasan Negara Myanmar, sebelah utara berbatasan dengan Negara Cina , sebelah timur berbatasan dengan Negara Cina , laos , dan Thailand, sebelah selatan dengan Laut Andaman Dan Teluk Benggala , Sebelah barat dengan Negara Bangladesh dan India . Myanmar Beriklim tropis karena  adanya pengaruh angin muson. 
Bentang alam Myanmar sebagian besar terdiri atas dataran tinggi dan pegunungan yang merupakan bagian dari deretan Pegunungan Mediterania. Kegitan Ekonomi penduduk Myanmar mayoritas disektor pertanian, dengan hasil utama adalah padi.

8.      Laos
Secara astronomi Laos berada  diantara 14o LU  -22o LU  dan 100o  BT – 107o  BT. secara Geografis laos terkurung  di daratan bagian utara semenanjung Indocina dengan batas- batas sebelah utara dengan Negara RRC,Sebelah Timur dengan vietnam , Sebelah selatan dengan kamboja dan sebelah barat berbatasan dengan Negara  Thailand dan Myanmar.
Laos Beriklim tropis .Bentang alam Laos terbagi menjadi empat bagian yaitu :
a.       barisan Pegunungan lipatan yang membujur dari utara ke selatan dengan puncaknya Gunung Phou Bia
b.      Lereng pegunungan Annam Disebelah timur terdiri atas batu- batuan granit berbentuk kristal .
c.       Plato Bolovens di bagian selatan merupakan batuan basah
d.      Lembah sungai Mekong bagian barat merupakan daerah yang subur dan menjadi pusat pemukiman  penduduk . saat ini Negara laos termasuk Negara republik komunis.  

9.      Kampuchea
Secara astronomis Kampuchea atau kamboja berada diantara  10o LU – 15o LU dan 102o  BT – 108o  BT .Secara geografis kamphucea  berada didaratan indocina dengan batas- batas sebelah utara dengan Negara Thailand dan laos , sebelah timur berbatasan dengan Negara Vietnam , sebelah selatan dengan laut Cina selatan dan sebelah barat dengan Negara Thailand . Kampuchea beriklim tropis dan dan banyak mendapat pengaruh angin muson .
Bentang alam kampuchea bagian tengah meurpakan daratan rendah aluvial yang disebut  Dataran besar Tonle sap , yang dikelilingi rangkaian Pegunungan Dong Rak  (phanom Dang Raek) di sebelah utara, dan disebelah barat terdapat Pegunungan Cardamon , di sebelah timur terdapat Plato Rotanokiril dan plato Kampuchea termasuk Negara agraris . Hasil pertanian berupa padi , kopi, karet, kapas , dan tembakau.

10.  kerja sama Indonesia dengan Negara-Negara di kawasan Asia tenggara
Indonesia merupakan salah satu Negara pelopor pembentukan ASEAN , ASEAN merupakan organisasi Beranggotakan Negara-Negara Asia Tenggara yang berdiri pada tahun 1967 di Bangkok.
      Bentuk kerja sama Indonesia dengan Negara- Negara  ASEAN antara lain
a.       Di bidang pertahanan dan keamanan menjalin kerja sama dalam membentuk kawasan ASEAN menjadi wilayah yang damai , bebas dan netral , memelihara perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan menjamin keadilan tata hukum dalam hubungan antar Negara – Negara Asia Tenggara , serta berpegang Teguh pada asas-asas Piagam PBB.
b.      Dibidang pendidikan , kebudayaan, dan kepemudaan dengan dibentuknya pusat pengembangan pendidikan untuk pertukaran  pemuda dan pelajar.



BAB 3

BENUA DAN SAMUDRA

A.    BENUA
1.      Pengertian Benua
Benua adalah bagian bumi yang terdiri atas daratan yang sangat luas sehingga bagian tengah dan benua tersebut tidak mendapat pengaruh langsung dari angin laut.
2.         Proses Pembentukan Benua – Benua
Pada masa Pleistosen ( 3.000.000 sampai 10.000 tahun yang lalu ) permukaan bumi sering mengalami perubahan.-perubahan tersebut disebabkan karena kegiatan vulkanisme. vulkanisme menimbulkan adanya gerakan – gerakan pengangkatan dan penurunan ( orogenesa ).
Teori yang mengungkapkan tentang sejarah pembentukan benua adalah :
a.       Teori Perkembangan pembentukan Benua, Dikemukakan oleh Alfred Wegener tahun 1912.Ia mengemukakan bahwa pada masa lalu sekitar 200 juta tahun yang lain,benua-benua yang sekarang ada merupakan satu daratan  yang disebut pangaea,yang dikelilinggi oleh Samudra Panthalassa.Benua Pangaea mulai pecah karena adanya gerakan besar dibagian selatan kearah barat dan dibagian utara menuju ke khatulistiwa. Melalui peristiwa tersebut terjadilah bentangan samudra dan benua yang mengapung sendiri-sendiri serta bergerak berlawanan arah . Hasil Pecahan benua - benua tersebut membentuk samudra dan benua seperti sekarang ini.
b.      Teori Lempeng Tektonik ,menyatakan bahwa kulit bumi terdiri atas beberapa lempeng berat dengan ketebalan antara  50 sampai 160 km . Lempeng –Lempeng tersebut bergerak akibat adanya arus konveksi yang mengalir di atmosfer.
3.      Posisi Benua-Benua
a.      Posisi Benua Asia
Secara astronomi Benua Asia terletak diantara 26°  BT – 170o BT dan 11o LS – 80o LU.secara Fisis Benua Asia dikelilingi oleh samudra luas di utara Samudra Arktik , sebelah Timur Samudra pasifik  dan sebelah selatan Samudra Hindia . Benua Asia dibatasi oleh sebelah barat berbatasan dengan Daratan Eropa , Laut Merah , Laut Tengah , dan Terusan Suez.



b.      Posisi Benua Afrika
Secara  astronomi Benua Afrika terletak diantara  17o BB- 51o BT dan 34o LS –37o LU .Secara geografis Benua Afrika dikelilingi samudra, laut, dan terusan.sebelah utara laut tengah ,sebelah Timur Laut Merah , Terusan Suez , dan samudra Hindia, Sebelah selatan samudra Hindia, Sebelah barat Samudra Atlantik.
C.Posisi Benua Eropa
Secara astronomi Benua Eropa Terletak diantara  11o BB – 66o BT dan 36o LU –71o 30” LS.Secara geografis Benua Eropa perbatasan disebelah utara : Laut Baren dan Laut Norwegia, sebelah timur Benua Asia dan Laut Kaspi ,sebelah selatan Laut Hitam dan Laut Tengah , Sebelah Barat Samudra Atlantik.
d.Posisi Benua Amerika 
Benua Amerika Mencakup Amerika Utara , Amerika Latin , dan Karibia
1)      Posisi Amerika utara secara Astronomi Amerika Utara terletak Diantara           26o  LU – 80o LS dan 68o  BB 162o BB . Secara Geografis posisi Amerika Utara  , bagian  utara bebatasan dengan Samudra Arketik , sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Atlantik ,sebelah selatan berbatasan dengan Negara meksiko dan Teluk meksiko, sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik dan selat Bering.
2)      Posisi Amerika Latin dan Karibia secara Astronomi  Amerika Latin Karibia Terletak diantara 34o BB 118o BB dan 16o LU – 56o LS . secara  geografis Posisi Amerika Latin dan Karibia , sebelah Utara berbatasan dengan Negara Amerika Serikat , Sebelah timur berbatasan dengan samudra Atlantik , Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Atlantik , dan sebelah Barat berbatasan Dengan Samudra Pasifik.
e.       Posisi Benua Australia
Secara Astromnomis Australia terletak antara 10o  41’ LS – 43o  39 LS dan Diantara 113o 9’BT –153o 39’ BT.Secara geografis Benua Australia Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia Dan Pulau Tasmania , Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia , sebelah Timur Berbatasan dengan Samudra Pasifik Dan Laut Coral, Sebelah Utara berbatasan Dengan Laut Arafuru.

4.Karkteristik Bentang Alam dan Penduduk Di Benua –Benua
a.      Karakteristik Bentang Alam dan Penduduk Di Benua Asia
1)      Asia sebenarnya merupakan bagian Timur daratan yang disebut Eurasia. Luas Benua Asia sekitar 44 Juta km2 Sedemikian luasnya Sehingga topografi Wilayah Sulit Ditentukan.
2)      Banyak terdapat busur pegunungan , danau, gurun Pasir , dan sungai- sungai .
b. Karakteristik Bentang Alam dan Penduduk di benua Afrika
Afrika Sering disebut sebagai benua hitam Karena penduduknya mayoritas berkulit hitam (Negro) . Adapun Karakteristik bentang alam benua Afrika adalah pada umumnya tanah diAfrika adalah gersang, banyak Mengandung Laterit, banyak bagian benua yang terdiri atas dataran tinggi yang terjal , dengan jajaran pantai yang sempit.
c.       Karakteristik bentang alam dan penduduk di Benua Eropa
Benua Eropa Merupakan semenanjung yang membentang pada bagian barat dari daratan utama Eurasia yang merupakan seluruh daratan  yang disebut Eropa . Relief Benua Eropa banyak terdapat gunung, dataran tinggi , dan dataran rendah
d. Karakteristik Bentang Alam dan penduduk Si Benua Amerika
Wilayah Benua Amerika terbagi Menjadi Tiga , Yaitu Amerika Utara , Amerika Tengah ,dan Amerika Latin (Amerika Selatan ). Adapun Karakteristik bentang Alam Benua Amerika Secara umum Adalah struktur Geologis kawasan Amerika Utara Terdiri Atas batu- batuan prekambrium pada perisai Kanada dan perisai Laurent .Sebagian besar perisai tersebut terdiri atas batuan metamorf.
e. Karakteristik Bentang alam dan penduduk di benua Australia
1)      Australia merupakan benua terkecil dan terakhir ditemukan oleh Bangsa Eropa , Yakni Tahun 1606 Oleh Willem Janz, orang Belanda Menemukan Teluk Carpentaria , Tahun 1644 Abel Tasman (Belanda) menemukan Tasmania dan Selandia Baru , Tahun 1770 James Cook (Inggris) mendarat Dipantai timur, tahun 1786 Benua Australia dipergunakan sebagai tempat pembuangan penjahat dan tahanan Kerajaan Inggris . Wilayah Australia bagian Utara berupa dataran Tinggi dan pegunungan.
2)      Dibagian lepas pantai timur laut terdapat karang penghalang Besar (The Great Barrier Reef) .
3)      Wilayah Australia bagian timur terdiri dari deretan Pegunungan Sejajar dengan pantai timur dan tenggara yang dinamakan Great Dividing Range . Daerah Ini terdiri atas plato atau dataran tinggi yang luas. Wilayah Australia bagian tengah  dari Benua Australia merupakan daerah  rendah yang dinamakan Great Australian Basin yang terdiri dari danau dan rawa- rawa .       


B.     SAMUDRA

1.Pengertian Samudra
            Samudra adalah bagian bumi yamg terdiri atas laut yang luas dan dalam dengan arus yang relatif tenang. Di bumi kita tedapat empat samudra besar , yaitu samudra pasifik , Samudra Atlantik , Samudra Hindia , Samudra Arktik .

2.Posisi Samudra
a.Posisi Samudra Pasifik
            Samudra Pasifik Membentang dari pantai barat Benua Amerika Utara dan Amerika Latin Hingga pantai Timur Benua Asia dan Pantai Benua Australia.
b.Posisi Samudra Atlantik
            Samudra Atlantik Membentang dari Pantai Barat Benua Eropa dan Benua Afrika Hingga timur Benua Amerika Utara dan Benua Amerika Latin.
c.Posisi Samudra Hindia
            Samudra Hindia Dikelilingi oleh Benua Asia di sebelah Utara ,Benua Australia sebelah Timur,wilayah Kutub Selatan di bagian Selatan dan Benua Afrika Di sebelah Barat .
d.Posisi Samudra Arktik
            Samudra Arktik berada di sebelah Utara Benua Amerika Utara ,Benua Asia , dan Benua Eropa.

3. Karakteristik Masing-Masing Samudra
a.Karakteristik Samudra Hindia
1)      Samudra Hindia dikelilingi oleh Benua Asia dan Afrika. Seluruh Kawasan Samudra Hindia berada di garis bujur timur.
2)      Pada bagian dasar Samudra Hindia terdapat Pertemuan Lempeng Asia dan Lempeng Dasar Samudra,sehingga menjadi Penyebab terjadinya gempa Bumi Di Negara-Negara Asia .
b.Karakteristik Samudra Pasifik
1)      Samudra Pasifik merupakan samudra terluas ,dengan Kedalaman rata- rata 4.282 meter
2)      Dipinggiran Samudra Pasifik mengalir arus Panas Kurosyiwo dan arus dingin Oyasyiwo yang bertemu Dilaut Bering.
c.Karakteristik Samudra Atlantik
1)      Posisi Samudra Atlantik penting bagi jalur  pelayaran antara Benua Eropa menuju Ke Amerika
2)      Disamudra Atlantik terdapat Fenomena Alam segitiga Bermuda yang mengandung Gaya Gravitasi besar sehingga banyak kapal dan pesawat terbang hilang saat melintasi kawasan tersebut .
d.Karakteristik Samudra Arktik
1)     Samudra Arktik berada dikawasan Kutub Utara ,dengan air yang suhunya sangat dingin.
2)     Samudra Arktik dikategorikan tanpa batas karena berhubungan langsung dengan Kutub Utara.
4. Fungsi Samudra
Samudra berfungsi Sebagai
a.       Penghubung benua yang satu dan lainnya
b.      Jalur perdagangan Internasional
c.       Sumber daya Alam hayati dan tambang Mineral
d.      Sumber Air (Pembentuk Hujan)

C. CONTOH NEGARA DI MASING –MASING BENUA
1.Contoh Negara Di Benua Asia
a.Jepang
            Secara Astronomis Jepang terletak diantara 30o LU- 45o LU dan antara       122o BT – 147o BT sedangkan Secara Geografis, Jepang terletak disebelah timur Benua Asia, bagian utara berbatasan dengan Pulau sakhalin (Rusia) dan laut Okhotsk , sebelah barat berbatasan dengan Laut Jepang dan selat Korea, sebelah barat berbatasan dengan samudra pasifik.
            Jepang termasuk Negara maju diAsia. Daratan Jepang bergunung-gunung dan rawan gempa Vulkanik.iklim di Jepang dipengaruhi oleh udara yang sangat dingin yang berasal dari Siberia. Akan tetapi pantai pasifiknya hangat karena arus Jepang. Perairan di Jepang merupakan tempat pertemuan arus dingin Oyashio dari utara dan arus panas Kuroshio dari selatan .Daerah pertemuan kedua arus tersebut sangat baik bagi pertumbuhan ganggang makanan ikan ,sehingga tempat tersebut sumber perikanan yang potensial.

b.India
            Secara Astronomi India terletak  antara 8 o LU – 37o LU dan antara            67 ½ o BT- 98o BT .sedangkan secara geografis , batas –batas India , sebelah utara Nepal, Butan, dan Cina. Sebelah barat Pakistan  dan Laut Arab. Sebelah Timur Myanmar, Bangladesh dan Teluk Benggala,sebelah selatan Sri lanka dan Samudra Hindia.
            Bentang alam India terdiri dari tiga pegunungan utama yaitu Pegunungan Himalaya disebelah utara, pegunungan Vindya di India tengah  dan pegunungan Ghat  di berbagai lipatan pegunungan Himalaya terdapat tiga hulu sungai besar yaitu  sungai Gangga, Sungai Indus , dan sungai BrahmaPutra.
            India mengalami musim penghujan pada bulan Juli, Agustus dan September. pada bulan Maret sampai Juni musim panas dan Kering .

c.Republik Rakyat Cina (RRC)    
            Secara Astronomi Negara RRC berada di antara 18o LU- 54o LU dan antara 73o BT –135o BT. Secara Geografis RRC berada dikawasan Asia Timur menghadap Samudra Pasifik dengan Luas wilayah 9.600.000 km2.Batas- batas wilayah Cina adalah sebelah utara berbatasan dengan Negara Mongolia dan Rusia sebelah selatan berbatasan dengan Negara Nepal, Butan, India, Myanmar, Laos dan Vietnam sebelah timur berbatasan dengan  Laut Cina Timur , Laut Jepang , Laut Kuning dengan Negara Korea ,sebelah barat berbatasan  dengan Pakistan , Tajikistan , Kirgiztan , dan Kazakstan
            Keadaan alam cina terbagi menjadi dua wilayah yang kontras , sebelah utara relatif datar dan berdebu , sebelah selatan relatif kasar , banyak dijumpai pegunungan. Batas bentang alam cina Utara dan cina Selatan adalah Pegunungan Tsinling .
            Iklim dicina sangat bervareasi . Bagian Tengah dan selatan beriklim subtropis, bagian timur beriklim kering , bagian utara dipengaruhi  iklim arktik yang dingin.

d.Arab Saudi
            Letak astronomi Arab Saudi diantara  16o LU- 32o LU dan 34o BT- 56oBT nerupakan jazirah terluas didunia. Batas –batas geografis sebelah selatan berbatasan dengan Yordania , Irak , dan kuwait. Disebelah Timur berbatasan dengan Teluk Persia, Bahrain,Qatar , dan Uni Emirat Arab .sebelah barat berbatasan dengan Laut Merah .
            Sebelum Minyak ditemukan pada tahun 1938 ,Perekonomian Arab Saudi ditunjang dari pajak yang ditarik dari jemaah Haji. Kini perekonomian Arab saudi ditopang oleh industri minyak bumi dan gas alam.

2.Contoh Negara di Benua Afrika
Negara-Negara di Benua Afrika Sebagai Berikut 
a.       Afrika Utara:Sudan, Aljazair,Libya, Chand, Niger, Mesir, Maroko, Sahara Barat, dan Tunisia
b.      Afrika Timur: Etiopia, Tanzania, Somalia, Madagaskar,Kenya, Zimbabwe,Uganda, Malawi, Burundi, Rwanda, Djibouti,Reunion,Komoro, Mauritus,dan Seychelles
c.       Afrika Barat : Mauritania, Nigeria, Pantai Gading, Burkina Faso, Guinea, Ghana,Senegal, Benin, Liberia, Sierra Leone, Togo, Guinea Bissau, Gambia, dan tanjung Verde
d.      Afrika Tengah : Republik Demokratik Kongo,Angola, Zambia, Republik Afrika Tengah, Kamerun Kongo,Gabon,Sao Tome and Principe
e.       Afrika Selatan : Afrika Selatan, Namibia, Mozambik, Botswana,lesotho,dan Swaziland
a.       Mesir
Secara astronomi mesir berada diantara 22o LU- 31o LU dan Diantara 25o BT- 36oBT. Sedangkan secara Geografis , Mesir Terletak di Benua Afrika diantara Laut Tengah dan Laut Merah, dengan Perbatasan sebelah utara dengan Laut Tengah, sebelah Timur dengan Laut Merah, Sebelah Selatan.
Penduduk Mesir terdiri atas tiga kelompok utama Orang Hamid berkulit Putih,orang Nabia berkulit Hitam dan orang Arab. Perekonomian Mesir Didukung dari sektor Pertanian, peternakan, pertambangan, industri Pariwisata,dan perdagangan.


b.      Zaire
Secara Astronomi Zaire berada diantara 4o LU – 15o LS dan antara 12o BT- 34o BT.Secara Geografis Batas Negara Zaire sebelah utara republik Afrika Tengah dan Sudan, Sebelah barat kongo (Brazzaville), sebelah selatan Angola dan Zambia, sebelah Timur Uganda, Rwanda, Barundi dan Tanzania.
Wilayahnya berupa dataran rendah yang tertutup hutan tropis. Dibagian barat laut terdapat padang rumput yang luas dan lebat.
Penduduk Zaire terdiri atas bermacam-macam suku bangsa yang dikelompokan menjadi empat suku bangsa Besar.
1)      Orang Bantu,Merupakan Suku terbesar dan tersebar Di zaire
2)      Orang Sudan,Berada di Padang sabana dan daerah aliran Sungai Ubangi dan Ulele.
3)      Orang Nilot,Kelompok suku Kecil menghuni kawasan perbatasan Sudan dan Uganda
4)      Suku Pygmy tinggal dihutan lebat sekitar khatulistiwa.
Kegiatan Perekonomian dari Sektor Pertanian, peternakan ,kehutanan, pertambangan,industri, Pariwisata dan perdagangan.

3.Contoh Negara Di Benua Eropa
Negara-Negara di Benua Eropa meliputi
a)      Eropa Utara :Swedia, Finlandia, Noerwegia, Eslandia,Denmark, dan Estonia
b)      EropaTimur: Rusia,Ukraina, Rumania, Belarus, Bulgaria, Georgia, Lithuania, Latvia,dan moldova
c)      Eropa..Barat: Prancis, Inggris, Irlandia, Belanda, Belgia, Luksemburg, Jerman, Swiss dan sanmarino
d)     Eropa Tengah :Austria, Hongaria, Polandia, Rep.Ceko, Slowakia.
e)      Eropa Selatan : Spanyol, Italia, Yunani, Portugal, Kroasia, Bosnia-Herzegovina, Serbia-Montenegro, Albinia, Macedonia, Slovenia dan Malta.

a.      Inggris
Secara Astronomis Inggris terletak diantara 49 o 57” LU – 55o LU –55o 39” LU dan diantara 1o 46o BT – 5o 44” BB secara geografis inggris terletak diantara Benua Amerika dan Eropa.
Inggris terdiri dari empat Negara bagian yaitu Inggris (England) , Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara. Inggris beriklim Laut, pada Musim dingin udaranya tidak terlalu Dingin dan pada musim panas banyak turun hujan karena adanya pengaruh dari laut. Inggris dijuluki Aibon, artinya negeri putih karena pantai Dover yang berhadapan dengan Benua Eropa terdiri atas Batuan Kapur yang Kemilau putih jika diterpa matahari.
Banyak Negara di dunia meniru Inggris dalam menbuat Undang- undang Sehingga parlemen Inggris disebut Ibunya Parlemen (mother of parliament).

b.      Jerman
Secara astronomis Jerman terletak Diantara 47o LU- 55o LU dan diantara 6o BT- 15o BT.Secara Geografis,Jerman terletak dijantung Eropa.sebelah utara dikelilingi Denmark Laut Utara dan Laut Baltik sebelah barat dibatasi Negara Belanda, Belgia, dan Prancis. Sebelah selatan dibatasi Swiss dan Australia. sebelah Timur dibatasi oleh Polandia,Ceko, dan slovakia.
Negara Jerman sangat Maju. Perekonomiannya ditunjang dari pertanian, peternakan ,pertambangan dan perindustrian.

4.Contoh Negara di Benua Amerika
Negara-Negara di Benua Amerika Mencakup
a.       Amerika Utara : Kanada dan USA
b.      Amerika Tengah   :Meksiko, Nikaragua, Panama, Kosta Rika, Honduras, Guatemala, El Salvador, Belize.
c.       Kepulauan Karibia : Kuba, Rep. Dominika Haiti, kep.Bahama, Jamaika, Trinidad,Tobago, Dominika, Santa Lucia, Antigua, Burbuda, Barbados, Saint Vincent dan Grenadine,Grenada, saint Kitts dan Nevis
d.      Amerika Selatan   : Brazil, Argentina, Peru,  Kolombia, Bolivia, Venezuela, Cile, Paraguay, Ekuador, Guyana Prancis, Uruguay, Suriname, Guyana.

a.       Amerika Serikat
Amerika Serikat (USA= United state of America) secara Astronomis terletak diantara 29o LU –45 o LU dan Antara 75 o BB- 115o BB.Secara geografis Sebelah barat berbatasan    dengan samudra Pasifik, sebelah Timur Berbatasan dengan Samudra Atlantik, sebelah Utara berbatasan dengan Kanada dan sebelah selatan berbatasan dengan Meksiko dan Teluk Meksiko.
Lingkungan Alam Amerika Serikat dibagi menjadi Tiga Bagian Yaitu:
a.        Disebelah Timur Amerika Serikat Terbentang dataran Pantai Laut Atlantik, disebelah Barat Terdapat Pegunungan Appalachia,merupakan Daerah Yang Subur
b.       Disebelah barat Pegunungan Appalachia terbentang dataran Luas yang subur .
c.       Disebelah Barat Pegunungan Kanada dan Sierra Nevada terdapat beberapa Lembah yang sangat Subur Lembah Sacramento di California. Dipegunungan Sierra Nevada Tumbuh kayu terbesar di dunia yang disebut Mammout, dan terdapat jeram Yosemit yang terletak di dunia .
Perekonomian Amerika Serikat Semula ditopang Pertanian berkembang menjadi Negara Industri yang maju.

b.      Kanada
Secara Astronomi Kanada terletak  diantara 30o LU- 60 o LU dan diantara 60o BB –140o BB Sedangkan secara Geografis batas- batas Kanada Sebelah Utara Samudra Arktik, sebelah barat Samudra Arktik, Sebelah Timur  samudra Atlantik, Selat Davi dan Teluk Baffin, Sebelah selatan Amerika Serikat.
Iklim Di kanada terdapat Empat Macam Iklim
a.       Sebelah Utara beriklim Tundra, yaitu pada Musim Dingin sangat Dingin, tanaman yang hidup hanya sejenis Lumut
b.      Sepanjang Pantai Barat Pasifik Beriklim Laut
c.       Sebelah Tenggara Rocky Mountain beriklim Darat (Kontinental).
d.      Kanada Bagian Tengah Beriklim Subarktik.
Perekonomian Penduduk Meliputi Sektor Pertanian ,Peternakan , Perikanan, Kehutanan,  pertambangan dan industri. Kanada Merupakan Negara Agraris.

c.       Brazil
Negara Brazil Secara Astronomi terletak diantara 6o LU –35 o LS dan Diantara  55o BB – 74o BB Secara Geografis Batas- batas Negara Brazil sebelah Utara Berbatasan Dengan Samudra Atlantik, Negara Venezuela, Guyana, Suriname, dan Kolombia. Sebelah Timur Samudra Atlantik , Sebelah  Selatan Samudra Atlantik dan Negara Uruguay, sebelah Barat Negara Paraguay, Bolivia, dan Peru.
Perekonomian Negara Brazil ditunjang dari Sektor Pertanian, Kehutanan,  Perkebunan, peternakan, pertambangan dan perindustrian.Tanaman Asli Brazil adalah Monioc ,serupa akar Ubi . Moniok Di ekspor dalam Bentuk Tapioka .

5.Contoh Negara Di Benua Australia
         Negara Commonwealth Australia,berib kota dicanberra, Merupakan Negara serikat yang terdiri atas tujuh Negara Bagian Yaitu:
a.       New Sout Wales, ber Ibu Kota di Sidney
b.      Victoria, beribu kota di MelBourne
c.       Tasmania, berIbu kota di Hobart
d.      Queensland,  beribu kota di Brisbane
e.       Australia Barat, beribu kota di Perth
f.       Australia Selatan, beribu Kota di Adelaide
g.      Australia Utara, beribu Kota di Darwin
Australia Merupakan Peng Ekspor Wol Terbesar Di Dunia.     









BAB 4
USAHA MEMPERTAHANKAN REPUBLIK INDONESIA

Meskipun Indonesia Telah Merdeka tanggal 17 Agustus 1945, Namun bukan berarti suasana Negara aman dan tentram. Kemerdekaan yang diproklamasikan Indonesia mengundang rasa tidak senang dari pihak Belanda yang ingin terus menguasai Indonesia. Selain itu gangguan keamanan juga Mucul dari dalam negeri akibat ketidak puasan dari kelompok masyarakat  tertentu. Kondisi Politik yang amat labil tersebut tidak Menggoyahkan Pejuang- pejuang Sejati untuk Menegakan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berikut ini akan kita pelajari Usaha- usaha mempertahankan Republik Indonesia.

A.                PERJUANGAN MEREBUT IRIAN BARAT
1. Latar Belakang Terjadinya Perjuangan Mengembalikan Irian Barat
         Belanda secara terang-terangan pada tahun 1953 dalam Forum PBB mengemukakan niatnya untuk membentuk “Negara Papua” yang lepas dari   Indonesia. Menanggapi Gelagat yang tidak baik dari pihak Belanda terhadap masalah Irian Barat ini, maka pada tahun 1954 pemerintah Indonesia membatalkan kesepakatan Uni Indonesia – Belanda, karena dirasakan tidak bermanfaat bagi Indonesia.

2. Perjuangan Diplomasi / Pendekatan Diplomasi
a. Pembatalan Perundingan KMB
         Pada tanggal 3 Mei 1956 Indonesia membatalkan hasil hubungan  dengan Belanda berdasarkan perundingan KMB yang dilakukan secara sepihak oleh Indonesia dengan dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1956.

b. Pembentukan Propinsi Irian Barat
         Pada tanggal 17 Agustus 1956 diadakan Pembahasan tentang pembentukan pemerintahan sementara Irian Barat, yang pelantikannya dilaksanakan pada tanggal  23 September 1956. Pemerintahan Sementara Irian Barat berpusat di Soa Siu, di pulau Tidore. Pemangku jabatan oleh Zainal Abidin Syah,Sultan Tidore.

c. Konferensi Asia- Afrika
         Konferensi Asia-Afrika diBandung menghasilkan dukungan Kepada Indonesia Untuk merebut kembali Irian Barat dari Kekuasaan Belanda.

d. Perjuangan diplomasi di forum PBB
         Kelompok informal yang anggotanya dari Negara-Negara Asia – Afrika memiliki pengaruh cukup kuat di PBB. Hal ini dimanfaatkan oleh Ali Sastroamidjojo yang saat itu sebagai perdana Mentri ( Kabinet Ali ),Untuk mencari penyelesaian masalah Irian Barat di PBB Duta Besar Republik Indonesia Untuk PBB, Mr Sudjarwo Tjokonegoro mendesak PBB untuk mencantumkan Isu Irian Barat kedalam agenda Pembicaraan Sidang Umum PBB   ke- 9. Pada saat itu Sekjend PBB U Than Meminta kepada seseorang diplomat Amerika Serikat Elswort Bunker  untuk mengajukan usul mengenai penyelesaian masalah Irian Barat, yang  kemudian dikenal  dengan Istilah “Usul Bunker ”. Isi usul Bunker adalah agar Belanda menyerahkan Irian Barat Kepada Republik Indonesia dalam jangka  waktu 2 tahun dengan perantara PBB.

3. Perjuangan dengan Konfrontasi Politik dan Ekonomi
         Upaya penyelesaian secara damai dengan pihak Belanda tidaklah mendapatkan penyelesaian  yang memuaskan, maka pemerintah dan rakyat Indonesia memutuskan untuk menyelesaikan masalah Irian Barat melalui  jalur Konfrontasi baik secara politik maupun ekonomi. Sebagai langkah awal dalam melaksanakan Konfrontasi ini pada tahun 1957 di bentuklah Fron Nasional penbebasan Irian Barat yang dilancarkan di seluruh tanah air.
a.      Konfrontasi politik
1). Pada tanggal 5 Desember 1957 Pemerintah  Indonesia menghentikan kegiatan konsuler Belanda di Indonesia.
2). Pada tanggal 17 Agustus 1960 dalam peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, presiden Soekarno menyampaikan pidato yang berjudul “Jalannya Revolusi Kita Bagaikan Malaikat Turun Dari Langit  (JAREK)”, sekaligus menandai pemutusan hubungan diplomatik Indonesia-Belanda
3). Pada tanggal 19 Desember 1961 bertempat di Yogyakarta Presiden Soekarno mengadakan pembahasan tentang perjuangan pengembalian Irian Barat dengan perjuangan  senjata. Hal itu dikenal dengan Nama Tri Komando Rakyat atau Trikora yang berisi:
a). Gagalkan pembentukan Negara Papua buatan kolonial belanda
b). Kibarkan Sang Merah Putih di Irian Barat Tanah Air indonesia
c). Bersiaplah Untuk mobilisasi umum mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air Indonesia.

b.Konfrontasi  ekonomi
         Untuk menekan pihak belanda agar melepaskan kekuasaannya di Irian Barat, pemerintah Republik Indonesia yang didukung segenap rakyat Indonesia mengadakan Konfrontasi bidang ekonomi dalam bentuk.
1). Pemogokan Buruh
2). Pemerintah Indonesia Melarang beredarnya Film- film Belanda di Indonesia , dan melarang perusahaan angkutan laut Belanda berlabuh di Jakarta .
3). Pada tahun 1958 Pemerintah Indonesia mengeluarkan PP Nomor 23 Tahun 1958 tentang pengambil alihan modal dan perusahaan Belanda di Indonesia.

4. Tri Komando Rakyat
      Langkah- langkah yang diambil pemerintah Republik Indonesia dalam melaksanakan Trikora tersebut adalah membentuk Komando Mandala Pembebasan Irian Barat pada tanggal 2 Januari 1962.
      Dalam Menjalankan tugasnya Komando Mandala melancarkan operasi- operasi pembebasan Irian Barat dalam Tiga Fase .
a.       Fase Pertama adalah fase infiltrasi dilaksanakan sampai akhir tahun  1962. fase ini berupa memasukkan kompi-kompi ke sekitar sasaran tertentu untuk menciptakan daerah Bebas defacto.
b.      Fase kedua, di sebut fase eksploitasi , dimulai awal tahun  1963 dengan mengadakan serangan terbuka terhadap induk militer lawan, dan menduduki pos-pos pertahanan musuh terpenting
c.       Fase ketiga, yaitu fase konsolidasi , dilaksanakan awal tahun 1964 Dengan tujuan menegakan kekuasaan Republik Indonesia secara mutlak di seluruh Irian Barat.


B. PERJANJIAN NEW YORK
1.Persetujuan New York
      Pada tanggal 15 Agustus 1962  ditandatangani persetujuan antara Indonesia  dan Belanda di Markas Besar  PBB di New York,yang kemudian di kenal dengan Persetujuan New York.
      Adapun Isi Perjanjian New York adalah sebagai Berikut.

a.       Mulai tanggal 1 Oktober 1962 kekuasaan Belanda atas Irian Barat berakhir Untuk Selanjutnya Irian Barat di kuasai oleh Pemerintah sementara PBB yang disebut UNTEA  (United Nations Temporary Execative Auyhority) 
b.      Mulai tanggal 1 oktober 1962 sampai dengan 1 Mei 1963  Irian Barat berada di bawah kekuasaan PBB Pemerintahan Sementara  PBB (UNTEA) berada di bawah pimpinan Jalal Abdoh dari Iran, sedangkan sebagai Gubernur Irian Barat yang pertama E. J .Bonay, putra asli Irian Barat. Untuk menjamin keamanan  di Irian  Barat PBB membentuk United National Security Forces (UNSF) dibawah Pimpinan Brigadir Jendral  Said Uddin Khan dari Pakistan.
c.       Mulai Tanggal 31 Desember 1962 bendera Merah Putih berkibar selain bendera PBB
d.      Pada Tanggal 1 Mei 1963 secara resmi PBB menyerahkan Irian Barat Kepada Pemerintah Republik Indonesia Sebagai bagian dari Persetujuan New York Indonesia menerima kewajiban untuk mengadakan “penentuan pendapat Rakyat” (Ascertaiment  of wishes of the people) atau dikenal dengan istilah  PEPERA , Di Irian  Barat sebelum akhir tahun 1969.

2. Arti Penting Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera)   :
Penentuan pendapat Rakyat (pepera) dilaksanakan dalam tiga Tahap :
1.      Tahap Pertama, dilaksanakan pada tanggal 24  Maret 1969 ,berupa konsultasi dengan dewan – dewan kabupaten di Jayapura mengenai tata cara pelaksanana Pepera.
2.      Tahap Kedua, dilaksanakan pemilihan anggota Dewan Musyawarah Pepera. Kegiatan ini berakhir pada bulan Juni 1969
3.      Tahap Ketiga, Pelaksanaan Pepera yang berlangsung di Kabupaten - Kabupaten, mulai tanggal 14 Juli 1969 di Marauke dan berakhir tanggal            4 Agustus 1969 di Jaya Pura.
Dari pelaksanaan Pepera tersebut hasilnya menunjukan bahwa rakyat Irian Barat ingin tetap bersatu dengan RepubliK Indonesia, dan Belanda dengan rela menerima kenyataan itu .
         Hasil-hasil pepera tersebut di bawa kesidang Umum PBB oleh Ortis Sanz, duta besar PBB yang menyaksikan secara langsung setiap tahap pelaksanaan pepera tersebut.


BAB 5
TRAGEDI NASIONAL

A. KEHIDUPAN POLITIK NASIONAL SAMPAI TAHUN 1960-AN
1. Sistem Pemerintahan
   a. Periode tahun 1945 – 1959
      Berdasarkan UUD 1945 sistem pemerintahan yang dijalankan oleh pemerintah Republik Indonesia yang baru berdiri adalah sistem pemerintahan kabinet presidensial, yaitu kabinet dibentuk yang bertanggung jawab kepada presiden /pemerintah. Namun pada tanggal     16 Oktober 1945 KNIP mengadakan rapat dan menghasilkan maklumat Wakil Presiden No X Tanggal 16 Oktober 1945 yang di ikuti dengan Maklumat Pemerintah Nomor 14 Tanggal 11 Novenber 1945, Kabinet Presidensial berubah menjadi Kabinet Parlementer , Yaitu para mentri bertanggung  jawab kepada KNIP (Parlemen)
1). Kabinet Parlementer
      Berdasarkan Maklumat Pemerintah itulah terjadi perubahan sistem pemerintahan kabinet presidentil berubah menjadi sistem pemerintahan kabinet parlementer yang  berlaku resmi sejak tanggal 14 November 1945.
      Penerapan Sistem kabinet parlementer merupakan bentuk penyimpangan yang pertama kali dilakukan Pemerintah Republik Indonesia dari ketentuan UUD 1945. Hal ini berlangsung semasa pemerintahan RIS ( 27 Desember 1949 – 17 Agustus 1950 ), masa Negara kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia  ( tanggal 17 Agustus 1950 – 5 Juli 1959 ), dan diakhiri pada massa pemerintahan Republik Indonesia kembali ke UUD 1945.
2). Dekrit presiden
      Pada tahun  1955 diselenggarakan Pemilihan Umum  (Pemilu) yang bertujuan untuk memilih-memilih anggota- anggota DPR dan konstituante. Pemilihan ANGGOTA DPR diselenggarakan  pada tanggal 29  September 1955 dan pemilihan anggota konstituante dilaksanakan pada tanggal 15 Desember  1955. Namun  hasil pemilu 1 tersebut ternyata tidak mampu bekerja dengan Baik, sehingga akhirnya pada tanggal  5 Juli 1959 Presiden soekarno  mengeluarkan dekret  yang berisi :
- Berlakunya kembali UUD 1945
- Segera di bentuk DPAS dan MPRS
      Dekrit Presiden  menandai berlakunya kembali UUD1945 sekaligus menandai berakhirnya sistem pemerintahan kabinet parlementer.

b. Periode tahun 1959 - 1966
      Sejak Dekret Presiden 5 Juli 1959 Sistem pemerintahan Negara Republik Indonesia kembali berlandaskan UUD 1945 yaitu sistem Presidensil. Namun dalam perkembangannya dengan dikeluarkannya Dekret presiden tersebut menjadi awal di mulainya sistem pemerintahan  Sistem Demokrasi Terpimpin, dimana kedudukan presiden sangat Dominan Peran partai politik yang kian terbatas dan semakin nampaknya peranan ABRI sebagai unsur sosial Politik

2).Sistem Kepartaian
      Salah satu ciri khas Negara yang berdasarkan pada sistem pemerintahan sistem demokrasi adalah munculnya partai- partai politik. Berdasarkan Maklumat Wakil Presiden  Nomor. X Tanggal 16 Oktober 1945 yang kemudian disusul dengan Maklumat pemerintah Pada  tanggal 3 November  1945 , Bahwa Indonesia menganut sistem Multipartai.
a.     Sistem Multipartai
Dari tahun 1945 sampai tahun  1950 resmi berdiri 25 Partai Politik, kemudian menjelang pemilu tahun 1955 telah berdiri 70 partai Politik dan yang memenuhi seleksi untuk ikut dalam Pemilu  1 sebanyak 27 Partai .Darri hasil pemilu 1 tersebut muncul empat partai politik pemenang pemilu yaitu Partai Nasional Indonesia (PNI), Partai Nahdatul Ulama, Partai Masyumi, dan partai komunis Indonesia (PKI)
b.    Penyederhanaan Partai
Setelah Dekrit Presiden 5 juli 1959, diadakan Penyederhanaan  sistem kepartaian melalui Penetapan Presiden ( Penpres ) Nomor          7  Tahun 1959 dan peraturan presiden  ( Penpres ) Nomor 23 tahun 1960 yang mengatur tentang Pengakuan, pengawasan, dan pembubaran partai –partai politik. Pada tanggal 17 Agustus 1960 pemerintah membubarkan Partai Masyumi dan PSI karena tokoh kedua partai dianggap terlibat dalam pemberontakan PRRI /persemesta. Berkaitan dengan penyerahan partai politik itulah maka  pada tanggal 14 april 1961 pemerintah Megumumkan pengakuan sembilan Partai Politik  PNI, NU, PKI, PSSI, Parkindo , Partai Khatolik ,Perti ,Murba dan Partindo. Pada  tanggal 21 September 1961 Parta Murba di bubarkan pemerintah karena dianggap oleh PKI sebagai kelompok komunis yang menyimpang.

c. Deklarsi Bogor
     Meskipun telah terjadi penyederhanaan partai namun petentangan ideologi tetap berlangsung dalam kehidupan Masyarakat. Maka pada tanggal 12 Desember 1964 di bogor diselenggarakan Pertemuan partai- partai politik dan menghasilkan keputusan yang dikenal sebagai Deklarasi Bogor. Isi deklarasi bogor tersebut adalah menegaskan perlunya di pupuk persatuan nasional yang berporos pada NASAKOM. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh komunis yang begitu besar dalam pemerintahan.

C.    PEMBERONTAKAN PKI MADIUN DAN DI/TII
1. Pemberontakan PKI di Madiun
      Amir syarifuddin pada awal tahun 1948  Menghimpun orang- orang PKI yang berasal dari Front Demokrasi Rakyat (FDR) dengan melancarkan KSI :
a.       Melancarkan aksi propaganda pemerintah,
b.      Mengadakan Penculikan dan pembunuhan terhadap tokoh lawan politik mereka.
c.       Melakukan Demonstrasi anti  pemerintah
d.      Mengadakan Pemogokan –pemogokan sebagai aksi protes
Kekuatan PKI semakin kuat dengan Kedatangan Muso  dari Uni Soviet untuk menarik simpati rakyat.PKI di bawah pimpinan Muso menuntut kepada pemerintah supaya:
a.       Separoh anggota kabinet diberikan pada anggota PKI
b.      Diadakan Pertukaran duta dengan  Uni Soviet
c.       Pemerintah Republik Indonesia menghentikan perundingan dengan Belanda. Panglima Besar Jendral Sudirman memerintahkan agar Kolonel Gatot Subroto dari Jawa Tengah dan kolonel Sungkono dari Jawa Timur memimpin penumpasan pemberontakan  PKI. Pasukan Divisi 111 Siliwangi ikut bergabung dan pada tanggal 30 September 1948 pemberontakan berhasil dipadamkan .Tokoh- tokoh PKI dikejar dan ditangkap, Amir Syarifuddin ditangkap di Ngrambe, Grobongan  (purwodadi) dan dihukum mati di Yogyakarta . Operasi penbersihan tokoh PKI dilancarkan sampai Bulan Desember 1948. Para Tokoh  lain yang turut berjasa dalam penumpasan  pemberontakan PKI Madiun tahun 1948 ini antara lain Kolonel AH Nasution, Mayor Sabarudin, Letko Ali Sadikin, Mator Jonosewoyo.

2.      Pemberontakan DI /TII
Gerakan Darul Islam / Tentara Islam  Indonesia atau lebih dikenal dengan singkatan DI/TII mengadakan Pemberontakan dimana - mana dengan Tujuan ingin mendirikan Negara Islam indonesia .
a. Pemberontakan DI/TII di Jawa Barat
      Pada tanggal 7 Agustus 1949 Sekarmadji Maridjan Kartosuwiryo memproklamasikan Kemerdekaan Negara Islam Indonesia (NII) di desa Cisayong, Kawasan Gunung Geber ,Tasik Malaya, jawa barat.
      Upaya untuk memadamkan  pemberontakan DI/TII cukup menyulitkan karena:
1). Medan Pemberontakan di daerah pegunungan .
2). Pasukan Kartosuwiryo Leluasa bergerak membaur dengan masyarakat
3). Beberapa orang Belanda membantu gerakan pemberontakan tersebut
4). Situasi Politik Negara tidak stabil , karena juga harus  berhadapan dengan Belanda.
      Akhirnya TNI  melalui Operasi pagar betis, pada tanggal  4 Juni 1962  Kartosuwiryo  beserta keluarga dan pengawal- pengawalnya  dapat ditangkap hidup- hidup di kawasan Gunung Geber, Tasikmalaya. Pada  tanggal 14 Agustus 1962 KartoSuwiryo diadili Di Mahkamah  Angkatan Darat dan di jatuhi Hukuman Mati pada tanggal 16 Agustus  1962.

b. Pemberontakan DI/TII di jawa Tengah
Pemberontakan DI/TII di Jawa tengah Berlangsung di berbagai daerah secara terpisah. Dibrebes, Tegal, dan Pekalongan, Pemberontakan DI/TII dipimpin oleh Amir Fatah yang pada tanggal 23 Agustus 1949 memproklamasikan berdirinya Negara Islam Indonesia  (NII) di Desa  Pangarasan  (Tegal) Pemberontakan ini berhasil di tumpas oleh  TNI melalui Operasi Guntur.  

c. Pemberontakan DI/TII di Sulawesi selatan
Pemberontakan DI/TII di Sulawesi Selatan di pimpin oleh Kahar  Muzakar yang pada bulan Agustus  1951  memimpin pasukannya perang Gerliya terhadap  pemerintah dengan alasan aspirasinya  untuk memperjuangkan  seluruh anggota Komando Gerliya Sulawesi Selatan (KGSS) Tidak bisa di penuhi oleh pemerintah.   Ia menyatakan bahwa daerah sulawesi Selatan Merupakan bagian dari NII pimpinan Karto Suwiryo. Melalui Operasi Militer pemerintah baru berhasil menumpas pemberontakan DII/TII di Sulawesi Selatan pada tahun 1965 dengan menembak mati Kahar Muzakar.

d. Pemberontakan DI/TII di Aceh
Pemberontakan  DI/TII di Aceh di pimpin Oleh Daud Beureuh. Pada masa perang kemerdekaan Daud Beureuh menjabat Gubernur Militer Daerah Istimewa Aceh. Pada masa kemerdekaan status aceh diturunkan menjadi keresidenan di bawah Provinsi Sumatra Utara. Hal ini di tentang Oleh Daud Beureuh dan pada tanggal 21 September 1953 ia menyatakan aceh  menjadi bagian dari NII Pimpinan KartoSuwiryo. Untuk mengatasi gerakan DI/TII pimpinan Daud Beureuh ini pemerintah melakukan Operasi Militer dan jalur Musyawarah. Akhirnya atas inisiatif kolonel Jasin, pada tanggal 17-28 Desember 1962 di selengarakan Musyawarah Kerukunan   Rakyat Aceh sehingga tercapai penyelesaian berupa kembalinya aceh ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

D.    PENBERONTAKAN G 30 S PKI DAN PENUMPASANNYA
1. Keadaaan Politik ,Ekonomi, Sosial  dan Budaya sebelum Pristiwa G 30 S /PKI
a.      Dalam Bidang  Politik
1) Karena Usaha dan Pengaruh PKI Indonesia meninggalkan politik bebas aktif dan membentuk politik poros Jakarta-Peking.
2) Pada tanggal 1 Januari 1965 Indonesia menyatakan keluar dari keangggotaannya di PBB karena merasa tidak setuju Malaysia menjadi anggota Dewan Keamanan PBB
3) Penerapan demokrasi terpimpin banyak mendapat  tentangan muncul pemberontakan- pemberontakan di berbagai Daerah
4) Presiden membubarkan dua Partai politik yakni partai Masyumi dan partai sosial Indonesia (PSI) karena  dianggap menentang kebijaksanaan presiden.
5) Karena di pengaruhi oleh PK , Indonesia menentang pembentukan Malaysia, dan terjadi konfrontasi Indonesia dengan Malaysia yang baru bisa di atasi setelah orde Baru berkuasa.

b. Dalam Bidang Ekonomi
Pemerintah Indonesia pada masa itu menerapkan “politik Mercusuar” ,Yaitu politik yang mengagungkan kemegahan Indonesia kepada dunia luar. Politik ini di terapkan dengan mengadakan Proyek-proyek Besar seperti menyelengarakan Ganefo, Mendirikan Monumen nasional dengan hiasan sebongkah emas murni dipuncaknya dan pada tahun 1962 Indonesia menjadi penyelenggara Asia Games IV. Untuk semula penyelengaraan tersebut pemerintah Indonesia harus mengeluarkan biaya sangat besar. Pemerintah mencetak uang kertas  tanpa batas sehingga  terjadi inflasi, daya beli rakyat merosot tajam, dan kemiskinan merajarela.
Untuk mengatasi laju inflasi pemerintah melakukan devaluasi Yaitu penurunan nilai rupiah yamg diumumkan pada  tanggal 25 Agustus 1959 sehingga nilai Rupiah tinggal 10% dari setiap nilai Nominal. Kondisi Ekonomi  Negara sangat Memprihatinkan .

c. Dalam Bidang Sosial Budaya
Pada masa itu perhatian pemerintah pada pembangunan sosial budaya seperti bidang pendidikan, agama, kesehatan dan kesenian sangat kurang , karena perhatian pemerintah terpusat pada bidang politik, diantaranya mengatasi pemberontakkan di berbagai daerah, pembebasan Irian Barat dan konfrontasi dengan Malaysia.

2. Peristiwa G 30 S/PKI  dan Cara Penanggulangannya
a.      Persiapan G 30 S/PKI
Kegagalan PKI dalam mengadakan pemberontakan  di tahun 1948 yang dikenal sebagai pemberontakan PKI Madiun tidak membuat PKI mati. Pada  tahun 1951 PKI dipimpin oleh Dn Aidit yang terus berusaha untuk membangkitkan PKI . Usaha ini berhasil dengan dengan kemenangan PKI dalam pemilihan Umum tahun 1955 dan menempatkan PKI menjadi salah satu dari empat partai besar  di Indonesia. Upaya PKI untuk menguasai Indonesia dalam masa Demokrasi terpimpin dilakukan melalui parlemen dan membentuk biro khusus  untuk menyiapkan kader – kader  di berbagai organisasi politik dan di tubuh ABRI , serta berusaha mempengaruhi presiden Soekarno  untuk menyingkirkan lawan- lawan politiknya .
b. Pemberontakan G 30 S/PKI
         Gerakan PKI untuk menguasai pemerintahan dilakukan dengan mengadakan aksi Penculikan dan pembunuhan terhadap para perwira angkatan darat. Aksi tersebut dipimpin oleh letnan Kolonel  untung (Komandan Batalyon 1 Resimen Cakrabirawa atau pasukan pengawal presiden) dan mengintruksikan pelaksanaan penculikan pada tanggal 1 Oktober  1965 dini hari.


c. Penumpasan G 30 S/PKI
Langkah awal dalam operasi penumpasan G 3O S/ PKI, Mayor Jendral Soeharto di markas Kostrad mengadakan Musyawarah mengenai upaya penumpasan G 30 S/PKI. Sekitar pukul 19.15 WIB pasukan RPKAD  di bawah pimpinan Sarwo Edhi Wibowo melaksanakan aksi penumpasan G 30 S/PKI dengan merebut kembali stasiun  RRI pusat Jakarta dan gedung telekomunikasi yang telah di kuasai PKI. Pada Tanggal 3 Oktober 1965 SEMUA JENAZAH Perwira TNI AD yang di culik dan dibunuh secara keji oleh PKI tersebut berhasil diangkat dari dalam Sumur dan segera diadakan  upacara pemakaman secara militer  di Taman Makam Pahlawan Kalibata .
Pada Tanggal 12 Januari 1965 tercetuslah Tritura atau tiga Tuntunan Rakyat yang di pelopori  oleh KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) dan KAPPI (Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia) Yang isinya :
-. Pembubaran PKI
-. Pembersihan kabinet  dari unsur- unsur G 30 S/PKI
-. Penurunan harga dan perbaikan ekonomi
Akhirnya ditetapkan pada tanggal  12 Maret 1966 PKI beserta ormas- ormasnya di bubarkan dan dinyatakan  sebagai organisasi politik terlarang di indonesia.  



BAB 6
ORDE BARU DAN REFORMASI

A.    MASA ORDE BARU
1. Peristiwa –Peristiwa Politik Penting pada Masa Orde Baru
a.      Indonesia Kembali Menjadi anggota PBB
Pada tanggal 28 September 1966 Pemerintah Indonesia menyatakan masuk kembali menjadi anggota PBB.

b.      Normalisasi hubungan Indonesia –Malaysia
     Pada tanggal 39 Mei - 1 Juni 1966 dibangkok diselenggarakan perundingan sebagai upaya merintis normalisasi hubungan Indonesia – Malaysia. Perundingan tersebut ditindak lanjuti dengan pertemuan delegasi Malaysia dan Indonesia yang berlangsung di Jakarta tanggal 11 Agustus 1966 dengan ditandatanganinya persetujuan normalisasi hubungan Indonesia Malaysia.

c.       Indonesia menjadi anggota ASEAN
Pada tanggal 8 Agustus  1967 di Bangkok ditandatangani Deklarasi ASEAN  atau  association of South East asia Nations artinya Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tengara oleh Menlu Negara-Negara di Asia Tenggara termasuk Indonesia sebagai pendiri ASEAN.

d.      Indonesia aktif mengambil bagian dalam organisasi Internasional
     Berbagai bentuk kerja sama baik bilateral, regional, maupun multilateral dijalin untuk mengembangkan kerja sama dalam berbagai bidang melalui organisasi- organisasi internasional, antar lain OPEC, IMF, OKI dan sebagainya.

e. Pemilihan umum
Untuk mewujudkan sisitem pemerintahan yang demokratis, selama pemerintahan Orde Baru berkuasa telah diselenggarakan pemilu sebanyak lima kali, yaitu
1). Pemilu yang pertama diselenggarakan pada tanggal 3 Juli 1971 di ikuti 10 kontestan 
2). Pada Tanggal 2 Mei 1977 diselenggarakan Pemilu yang ke dua dengan di ikuti 3 Kontestan
3). Pemilu Ketiga diadakan tangga l 4 Mei 1982 di ikuti 3 Kontestan
4). Pemilu keempat dilaksanakan Tanggal 23 April 1987 juga di ikuti 3 Kontestan
5). Pemilu Kelima dilaksanakan pada tanggal 9 Juni 1992 juga diikuti tiga kontestan yang sama .
     Pelaksanaan Pemilu pada masa Orde Baru menggunakan asas LUBER yang merupakan singkatan dari langsung, Umum, Bebas , dan Rahasia.

f. Pemasyarakatan P4 (Pedoman Penghayatan  dan pengamalan Pancasila )
         Pemerintah Orde Baru berusaha Untuk memberikan Gambaran konkret mengenai pola perilaku yang berlandaskan pada Pancasila yang dapat diwariskan dari generasi ke generasi melalui suatu bentuk pedoman Penghayatan Pancasila       ( P4 ) yang disebut sebagai Eka Prasetya Pancakarsa dan disahkan dalam sidang Umum MPR Tahun 1978, yang akhirnya pada tanggal 21 Maret 1978 MPR RI menetapkan Ketetapan Nomor /II/MPR /1978 tentang pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila.

g. Integrasi Timor  Timur (Timor Leste) Ke Negara Kesatuan Republik Indonesia
Pada tanggal 17 Juni 1976 secara resmi Timor Timur diterima untuk berintegrasi dengan RI. Hal  ini disahkan melalui Undang- undang Nomor 7 Tahun 1976 dan ketetapan MPR Nomor  VI/MPR/1978,yang menyatakan Timor Timur sebagai Provinsi ke –27 Republik Indonesia.
Namun Di dunia Internasional permasalahan Timor Timur masih dianggap belum selesai. Keinginan Timor Timur berintegrasi dengan Republik Indonesia dianggap sebagai Keinginan Sepihak. PBB tetap Menganggap Timor Timur sebagai non self governing territory, yaitu Kawasan yang belum memiliki Pemerintahan sendiri.

2.      Keadaan Ekonomi pada Masa Orde Baru
Perkembangan ekonomi Indonesia pada masa pemerintahan Orde Baru mengalami perkembangan yang cukup pesat. Upaya peningkatan perekonomian Negara dilakukan dengan membuka kesempatan pihak asing untuk menanamkan investasinya di Indonesia. Hal ini ditegaskan dalam Undang – Undang Nomor 1 Tahun 1967 tentang penanaman modal asing (PMA). Selain itu untuk membiayai pembangunan nasional yang telah di programkan  pemerintah Orde Baru memanfaatkan Bantuan Pinjaman lunak jangka panjang dari Negara- Negara donor ( kreditor) , Maupun dari kucuran dana pinjaman dari organisasi keuangan Internasional seperti IMF, World Bank ( Bank Dunia ), IGGI yang  kemudian beralih menjadi CGI.

B.     MASA REFORMASI
1.      Berakhirnya Orde Baru, Krisis Ekonomi, dan Gerakan Repormasi
a.     Dampak Krisis ekonomi
Krisis moneter yang melanda Indonesia berimbas pada krisis Ekonomi yang berpegaruh terhadap berbagai aspek kehidupan .
Adapun dampak Krisis Moneter bagi masyarakat dan pemerintah Indonesia sebagai berikut.
1)      Rusaknya tatanan perekonomian yang ditandai dengan kebangkrutan perbankan, perusahaan dan berbagai badan usaha lainnya.
2)      Gelombang Pemutusan hubungan Kerja  (PHK) yang merupakan dampak dari kebangkrutan sektor usaha tidak bisa dibendung lagi.
3)      Melonjaknya harga- harga kebutuhan pokok mengakibatkan kemiskinan semakin meningkat.
4)      Muncul Krisis Kepercayaan terhadap pemerintah Orde Baru.
b. Lahirnya Repormasi
Pada tanggal 10 Maret 1998 Jendral Soeharto terpilih kembali menjadi Presiden RI untuk periode 1998-2003 untuk ketujuh kalinya. Masyarakat Mulai merasa jenuh dengan kepemimpinan Presiden Soeharto, Apalagi tatkala presiden mengumumkan susunan kabinet Pembangunan VII yang dinilai masyarakat penuh dengan Nepotisme.
      Gerakan repormasi yang di pelopori kaum mahasiswa dan cendikiawan banyak dipengaruhi oleh Prof .Dr H. Amien Rais MA , Dosen Sospol UGM yang dianggap sebagai figur pencetus ide reformasi.
      Akhirnya pada tanggal 21 Mei 1998 Jam 09.00 di gedung istana merdeka  Presiden Soeharto menyatakan pengunduran dirinya sebagai Presiden RI dan menyerahkan jabatan presiden kepada BJ Habibie yang sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden .

2.Terlepasnya Timor Timur dari Negara Kesatuan Republik Indonesia
            Keruntuhan pemerintah Orde Baru membawa dampak kepada permasalahan  Timor Timur. Pemerintah BJ Habibie sebagai pengganti Presiden Soeharto, pada tanggal 21 Mei 1998 Indonesia menerima usul PBB untuk melakukan jajak pendapat di Timor Timur. Hasil jajak pendapat yang diadakan pada tanggal 30 Agustus 1999, bahwa 78,5 % menolak otonomi khusus yang berarti lepas dari Indonesia, dan 21,5 % menerima opsi otonomi khusus.
            Pemerintah Republik mengakui hasil jajak pendapat dengan ketetapan MPR Nomor V/MPR /1999 yang menyatakan tidak berlakunya ketetapan MPR Nomor  VI/MPR/1978, yang menyatakan Timor Timur sebagai Provinsi Ke – 27 Republik Indonesia. Dengan Demikian Timor Timur resmi terlepas dari Indonesia dan menjadi tanggung jawab PBB.   



BAB 7
PERKEMBANGAN LEMBAGA INTERNASIONAL  DAN PERAN INDONESIA DALAM KERJA INTERNASIONAL SAMA

A.KONFERENSI ASIA AFRIKA DAN ASEAN
1.      Konferensi Asia Afrika dan Peran Indonesia
a.      Penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika 1 tahun 1955
Konferensi Asia Afrika berlangsung di Bandung pada tanggal  18 - 24 April 1955, di buka resmi oleh Presiden Soekarno dan dihadiri 29 Negara, terdiri dari 18 Negara Asia, 6 Negara Afrika dan 5 Negara pemprakarsa Konferensi Asia – Afrika. (Indonesia, India, Pakistan, Sri langka, dan Birma)
Tujuan Penyelenggaraan Konferensi Asia –Afrika adalah :
-          Tujuan menghapuskan Imprealisme dan kolonialisme di muka Bumi.
-          Memperjuangkan Kemerdekaan bagi Negara - Negara Asia – Afrika yang masi Di kuasai penjajah dan khusus Indonesia pada masa itu memperjuangkan  Irian Barat.

b. Penyelenggaraan Konferensi Asia –Afrika 11 Tahun 2005
Penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika 11 berlangsung pada Tanggal  19 - 24 April 2005 di Jakarta yang di ketuai oleh Presiden Afrika Selatan. Konferensi dibuka oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Selaku Tuan rumah. Konferensi Asia- Afrika 11 dihadiri 106 Negara di Asia- Afrika dan dihadiri pula oleh Sekjend PBB Kofi Annan.
Konferensi Asia-Afrika 11 Menghasilkan :
a.      Deklarasi Bersama Jakarta 2005 yang disebut dengan Asian African Business Summit (AABS).
b.      Kerjasama Kemitraan starategi baru Asia – Afrika   (New Asia Africa Strategic Partnership atau NAASP) .
c.       Peryataan bersama dari pemimpin  Negara Asia Afrika mengenai Bencana Alam .

c. Peran Indonesia Dalam Konferensi Asia Afrika
            Indonesia sebagai salah satu pelopor pencetus ide selenggarakannya Konferensi Asia Afrika 1 sebagai bentuk kepedulian Indonesia terhadap perdamaian dunia khususnya kebangkitan bagi Negara-Negara Di kawasan Asia- Afrika.


2.      Perkembangan  ASEAN dan Peran Indonesia:
a.      Pembentukan ASEAN
Pada tanggal 8 Agustus 1967 diadakan pertemuan para Mentri luar Negri  Negara - Negra di kawasan Asia Tenggara, Yaitu : Filiphina, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Dari pertemuan tersebut berhasil di tandatangani deklarasi pembentukan Perhimpunan Bangsa –bangsa Asia Tenggara  (Perbara) atau lebih dikenal dengan nama Association of southeast Asian Nation  (ASEAN). Adapun tokoh- tokoh yang menandatangani deklarasi tersebut adalah Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khoman ( Thailand ), Sinatambi Rajaratnam (Singapura), Narciso Ramos (Filipina), Adam Malik (Indonesia).

b.      Tujuan ASEAN
Sebagai organisasi  regional ASEAN memiliki tujuan sebagai berikut:  
-          Mempercepat  pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan kebudayaan sosial
-          Memajukan Perdamaian  dan stabilitas regional dengan saling menghormati berdasarkan  Prinsip- prinsip  piagam PBB
-          Meningkatkan kerja sama dibidang Ekonomi, Sosial, Kebudayaan,   teknik, Ilmu Pengetahuan  dan Administrasi .
-          Memberikan Bantuan dalam Fasilitas latihan dan penelitian Disektor pendidikan, Profesi, teknik dan administrasi
-          Bekerja sama lebih Efektif dalam memanfaatkan bidang pertanian, Industri, perdagangan, angkutan dan komunikasi demi peningkatan Kesejahtraan Rakyat
-          Meningkatkan Studi Mengenai  Asia Tenggara .
-          memelihara Kerja Sama yang erat dan menguntungkan dengan organisasi – organisasi internasional dan regional.

c.  Manfaat ASEAN bagi Indonesia
 Melalui progran ASEAN inilah Indonesia memperoleh manfaat sebagai berikut 
-          Meningkatkan Persahabatan Yang erat antara Negara- Negara di kawasan ASEAN
-          Meningkatkan Kelancaran Pembangunan Nasional
-          Menumbuhkan Siap Kerja Sama antar anggota dalam menghadapi krisis politik dan Ekonomi
-          Meningkatkan terwujudnya stabilitas Negara - Negara dikawasan Asia Tenggara.
B. PBB DAN GNB
1.      Peran Indonesia dalam PBB
PBB (Perserikatan Bangsa- Bangsa ) Yang berkedudukan di New York, lahir Pada tanggal 24 Oktober 1945 hasil dari Charter of peace yang diratifikasi 50 Negara anggota pertama. Indonesia pertama kali menjadi anggota PBB pada tanggal 28 September 1950, akan tetapi pada tanggal 7 Januari 1965 Indonesia menyatakan keluar dari keanggotaan PBB karena tidak setuju  Malaysia dijadikan anggota  Dewan Keamanan PBB, pada waktu itu Indonesia sedang Kontravensi dengan Malaysia. Namun Pada awal pemerintahan Orde Baru yaitu tanggal            28 September 1966 Indonesia menyatakan  masuk kembali menjadi anggota PBB yang Ke- 60.
      Pada tahun 1967 Adam Malik yang saat itu menjabat mentri Luar negri terpilih sebagai ketua Sidang Majelis Umum PBB yang Ke 26. sebagai     anggota PBB Indonesia turut aktif ambil bagian dalam upaya perdamaian dunia dengan mengirimkan pasukan Garuda sebagai pasukan perdamaian PBB untuk ditempatkan di daerah  Konflik.

2.  Perkembangan Gerakan Non –Blok dan peran Indonesia
Pengaruh perang dingin yang di hembuskan oleh  Blok Barat dan Blok Timur telah mengilhami para peserta Konferensi Asia –Afrika di Bandung, tahun 1955 untuk membentuk satu Blok yang bebas dari pengaruh Blok Barat maupun Blok Timur (non –aligned). Gagasan ini diwujudkan dalam KTT Gerakan Non –Blok I di Beograd tanggal 1 – 6 September 1961.Gerakan Non –Blok memiliki Prinsip hidup berdampingan Secara dalam Dalam bidang Politik, Ekonomi, dan Sosial.
Adapun Para Pencetus Pendirian Gerakan Non Blok adalah :
-          Presiden Soekarno (Indonesia)
-           Presiden Yosef Bros Tito (Yugoslavia)
-          Presiden Gamal Abdul Nasser (Mesir)
-          Perdana Mentri Pandit Jahawarlal Nehru (India)
-          Perdana Mentri Kwame Nkrumah (Ghana)






BAB 8
PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DI ERA GLOBAL

A.                PERUBAHAN SOSIAL
1.      Pengertian Perubahan Sosial
Menurut Kingsley Davis, perubahan sosial adalah perubahan -perubahan yang terjadi pada struktur dan fungsi masyarakat.
2.      Hubungan antara perubahan Sosial dan perubahan kebudayaan
Dalam kehidupan masyarakat sering istilah perubahan sosial disatukan dengan perubahan  kebudayaan. Namun  sebenarnya ada perbedaan yang mendasar. Keadaan sosial yang mengalami perubahan cenderung menyangkut masalah pola prilaku, sedangkan perubahan kebudayaan menyangkut Unsur-unsur Kebudayaan. Perubahan  sosial dan perubahan kebudayaan merupakan bentuk hubungan  
3.       Ciri- ciri Perubahan Sosial
Ciri- ciri proses perubahan sosial adalah sebagai berikut .
a.        Perubahan–perubahan Sosial yang cepat pada umumnya mengakibatkan terjadinya diorganisasi sosial yang sifatnya sementara karena adanya proses penyesuaian diri.
b.        Perubahan – perubahan sosial tidak dapat dibatasi pada bidang kebendaan atau bidang spiritual saja, karena keduanya memiliki hubungan timbal balik yang kuat .
c.        Perubahan – perubahan Sosial yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan tertentu akan diikuti dengan perubahan–perubahan pada lembaga –lembaga sosial lainnya.
d.       Tidak ada masyarakat yang berhenti perkembangannya, karena setiap masyarakat mengalami Perubahan- perubahan, baik yang terjadi secara lambat ataupun  cepat.
4.      Bentuk- bentuk Perubahan Sosial
a.        Menurut Proses berlangungnya, Perubahan sosial dapat dibedakan menjadi dua yaitu perubahan yang cepat dan perubahan yang lambat.
b.        Menurut luasnya pengaruh yang ditimbulkannya, perubahan sosial dapat dibedakan menjadi Dua yaitu perubahan yang pengaruhnya kecil dan perubahan yang pengaruhnya besar bagi kehidupan masyarakat.
c.        Menurut peran manusia dalam perubahan tersebut, perubahan sosial dapat dibedakan menjadi dua yaitu perubahan yang direncanakan dan perubahan yang tidak direncanakan.
d.       Menurut dampaknya, perubahan sosial dapat dibedakan menjadi dua yaitu perubahan yang berdampak positif dan yang berdampak negatif.

5.      Faktor Penyebab Perubahan Sosial
Perubahan sosial dalam masyarakat dapat terjadi melalui proses pengenalan (introduction) Unsur- unsur baru . Unsur- unsur baru yang diperkenalkan kedalam masyarakat berasal dari dua aspek yaitu Aspek Edogen dan Aspek eksogen.

B.     GLOBALISASI
1.      Pengertian Globalisasi
Pengertian Globalisasi merupakan suatu proses penyebaran Unsur-unsur baru atau hal – hal baru khususnya yang menyangkut Informasi secara mendunia melalui  media cetak  dan Elektronika .
2.      Globalisasi Sebagai Bentuk Perubahan Sosisl Budaya
Globalisasi terbentuk akibat adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi komunikasi internasional. Sedangkan faktor yang sangat yang berpengaruh bagi terjadinya perubahan sosisal budaya bagi akibat dari globalisasi adalah faktor nilai budaya luar yang merupakan aspek –aspek modernisasi.
3.   Ciri- ciri Globalisasi
  Ciri – ciri globalisasi  sebagai berikut:
a.        Orang tidak lagi memperhatikan batas- batas geografis, sosil Ekonomi, dan Budaya dalam berinteraksi .
b.        Masyarakat dunia cenderung melebur menjadi satu komonitas.
c.        Pesatnya teknoligi Informatika
d.       Pesatnya Inovasi  diberbagai bidang
e.        Informasi dari suatu tempat pada saat itu pula dapat tersebar dan diterima di segala penjuru Dunia.
f.         Meningkatnya Perjalanan Internasional.
g.        Mudahnya jalinan Komunikasi antar Negara, bahkan antarbenua.
4.      Dampak Globalisasi
a.       Dampak Positif globalisasi
Globalisasi telah membawa dampak positif bagi kehidupan bangsa indonesia, Yaitu :
1)      Menumbuhkan Dinamika yang terbuka dan tanggap terhadap unsur- unsur Pembaharuan.
2)      Mempercepat Proses pembangunan karena Kemajuan  Ilmu Pengetahuan dan teknologi.
3)      Menumbuhakan Kinerja SDM yang berwawasan luas dan beretos kerja tinggi .

b.            Dampak Negatipf globalisasi
Dampak Negatif dari globalisasi sebagai Berikut:
1)      Meningkatnya Tingkat Pencenaran Lingkungan.
2)      Menimbulkan Kesenjangan Sosial Ekonomi .
3)      Menimbulkan Cultural  Lag (Ketertinggalan KeBudayaan).
4)      Pudarnya Sistem Kepercayaan atau religi tradisional.
5)      Bergesernya nilai-nilai budaya akibat kemajuan di bidang teknoligi dan pengetahuan.
6)      Pudarnya Pengetahuan Tradisional
7)      Melemahnya etos kerja tradisional
8)      Meningkatnya angka kriminalitas dan kenakalan Remaja.

5.      Perilaku Masyarakat dalam Perubahan Sosial Budaya si Era Global
Beberapa prilaku masyarakat yang merupakan dampak era global antara lain sebagai berikut:
a.        Konsumerisme, yaitu pola kehidupan boros, suka menghambur- hamburkan uang untuk kebutuhan konsumsi yang tidak penting dan cenderung berfoya- foya.
b.        Hendonisme, Yaitu sikap mental yang hanya mementingkan kenikmatan, tidak mau bekerja kerja dan cenderung malas.
c.        Budaya Instan, Yaitu sikap kebiasaan menerabas untuk mencapai suatu tujuan tanpa mengikuti proses.
d.       Westernisasi, Yaitu pola Hidup kebarat- baratan, meniru kebudayaan barat tanpa disaring, tanpa memperdulikan pantas tidaknya dengan keadaan di Indonesia.




BAB 9
KERJA SAMA ANTARNEGARA DALAM BIDANG EKONOMI

A.KERJASAMA EKONOMI ANTAR NEGARA
1.Pengertian Kerja Sama Ekonomi Antar Negara
Kerjasama ekonomi antar Negara adalah kerjasama dalam bidang ekonomi yang dilakukan oleh Negara- Negara di seluruh dunia untuk mencapai tujuan bersama.

2.Faktor- faktor Penyebab Terjadinya Kerja Sama Ekonomi Antar Negara
Hal- hal yang mendorong terjadinya Kerja sama ekonomi antar Negara sebagai berikut.
a.       Keterbatasan Kemampuan sumber daya disetiap Negara, yang menyangkut SDM maupun SDA.
b.       Upaya mempertahankan Harga Pasar .
c.       Pola perdagangan bebas.
d.      Politik Perlindungan (Proteksi)
e.       Perasaan Senasib.

3.Tujuan Kerjasama Ekonomi AntarNegara
Dijalinnya kerja sama ekonomi antar Negara memiliki tujuan:
a.       Saling mengisi kekurangan antar Negara dibidang Ekonomi,
b.      Meningkatkan Perekonomian suatu Negara,
c.       Meningkatkan Taraf hidup Manusia sedunia,
d.      Mempererat Persahabatan antar Negara.

4. Hambatan –hambatan yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi Internasional
Dalam Menjalin kerjasama ekonomi antar Negara terdapat beberapa hanbatan:
a.       Penerapan bea impor yang terlalu tinggi,
b.      Penerapan Quota,
c.       Lemahnya daya saing,
d.      Fluktuasi harga,
e.       Kondisi Politik.




B. HAMBATAN, BENTUK, DAN BADAN KERJASAMA EKONOMI ANTAR NEGARA
1. Hambatan –Hambatan yang dihadapi dalam kegiatan Ekonomi Internasional
Dalam kerja sama ekonomi antarnegara terdapat  beberapa hambatan antara lain:
a.        Penerapan bea Impor yang terlalu tinggi,
b.        Penerapan Quota,
c.        Lemahnya daya saing ,
d.       Fluktuasi harga,
e.        Kondisi Politik 

2.      Bentuk –Bentuk Kerjasama Ekonomi Antarnegara
Berbagai bentuk kerja sama ekonomi antar Negara dapat dibedakan sebagai berikut
a. Berdasarkan Jumlah Negara yang terlibat dalam kerjasama
1)      Kerjasama ekonomi bilateral adalah kerja sama ekonomi yang melibatkan dua Negara.
2)      Kerjasama Ekonomi multilateral, adalah Bentuk kerjasama ekonomi yang melibatkan beberapa Negara. Kerjasama Ekonomi multilateral ini masih dibedakan menjadi dua yaitu :
a)      Kerjasama Regional, adalah kerjasama ekonomi yang melibatkan beberapa Negara dalam kawasan yang sama.
b)      Kerjasama Internasional, adalah kerjasama ekonomi yang melibatkan beberapa Negara dan tidak terbatas pada satu kawasan tertentu.
b. Berdasarkan bidang Ekonomi yang dijadikan Objek kerjasama
1)      Perdagangan antarnegara kegiatannya mencakup kegiatan ekspor dan impor barang.
2)      Penyelenggaraan dan penerimaan jasa/penanaman modal disebut ekspor dan impor jasa.
Kegiatan Ekspor dan impor jasa meliputi jasa penerbangan, pelayaran, asuransi pariwisata, perbankan,Telekomunikasi dan penanaman Modal.
a). Ekspor jasa, adalah pemberian jasa kepada orang asing atau Negara asing dengan memperoleh bayaran.
b). Impor jasa, adalah penerimaan jasa dari orang asing atau Negara asing dengan membayarnya.
3)     Pinjam meminjam modal antarNegara
Banyak kegiatan pembangunan yang berlangsung di Negara kita dibiayai dari dana pinjaman luar negri. Hal ini termasuk pinjaman modal asing .
4)     Membayar dan menerima devisa/ Emas
Dalam kegiatan ekspor – impor, setiap impor yang dilakukan suatu Negara dibayar dengan hasil ekspor. Apabila hasil ekspor tidak cukup untuk membayar impor maka Negara pengimpor mengirimkan sebagian cadangan Devisa/ emas keluar negeri untuk membayar impor.

3.Badan  - Badan Kerjasama Ekonomi Regional dan multilateral yang Penting Bagi Indonesia
            Penerapan Politik  luar negeri menjadikan Indonesia leluasa dalam menjalin Kerjasama dengan berbagai  Negara dunia.

a. Badan Kerjasama ekonomi regional yang penting bagi Indonesia adalah:
1)      ASEAN ( Association of south East Asian Nation )
2)      AFTA ( Assean Free Trade Area ) atau kawasan Perdagangan Bebas ASEAN
3)      Cooperative Economic and Social Development in Asia atau colombo plan      ( Rencana Kolombo )
4)      ADB ( Asian Development Bank ), atau Bank Pembangunan Asia.
5)      APEC atau Asia Pacifik Economic Cooperation atau kerja sama ekonomi Negara- Negara Asia Pasifik.
b.      Badan Kerjasama multilateral yan gPenting bagi indonesia adalah :
1)      IMF ( International Monetary Fund )
2)      OPEC (Organization Petroleum Exporting Countries
3)      World Bank Atau Bank Dunia
4)      CGI ( Consultative Group on Indonesia )
5)      FAO (Food Agriculture Organization




BAB 10
DAMPAK KERJA SAMA  ANTARNEGARA TERHADAP
PEREKONOMIAN INDONESIA

A.          BADAN KERJASAMA EKONOMI ANTARNEGARA
1.            Badan – Badan Kerjasama Ekonomi  Regional
a.      ASEAN (Association of south East Asian Nation)
ASEAN atau Association Of South East Asian Nation Merupakan perhimpunan Bangsa – Bangsa Asia Tenggara yang didirikan pada tanggal     8 Agustus 1967 di Bangkok – Thailand
b.      Cooperative Economic and Social Development in Asia atau Colombo Plan ( Rencana Kolombo)
Colombo Plan  ( Rencana Kolombo) didirikan di Kolombo  - Srilanka pada tahun 1950 dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di Asia Selatan dan Asia Tenggara melalui Penyusun dan pelaksanaan Rencana Kerja sama Internasional.
c.       MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa)
MEE sering disebut sebagai Pasar Bersama Eropa atau PBE MEE berdiri pada tahun 1957 berdasarkan Perjanjian Roma tanggal 25 Maret.
d.      ADB (Asian Development Bank)
ADB atau Bank Pembangunan Asia, Berdiri pada Bulan Desember 1963 di Manila – Filiphina bertujuan memberikan Pinjaman dana dan bantuan tehnik kepada Negara- Negara di Asia yang sedang membangun.
e. Afta ( Asian Free Trade Area )
AFTA (Asean Free Trade Area ) atau kawasan perdagangan Bebas ASEAN, di bentuk pada tahun 1992 saat berlangsung  KTT ASEAN ke IV di Singapura, Merupakan wujud kesepakatan Negara anggota ASEAN untuk membentuk suatu kawasan Perdagangan Bebas di Asia Tenggara.
f. APEC (Asia Pacific Economik Cooperation)
APEC merupakan bentuk kerjasama ekonomi Negara – Negara dikawasan Asia Pasifik, terbentuk pada tahun 1989 atas Prakarsa Robert Hawke, PM Australia. Kantor sekertariat APEC berada di Singapura. Tujuan Pendirian APEC adalah mempromosikan kerjasama Ekonomi Regional dan perdagangan Bebas Global diantara Negara- Negara yang berbatasan dengan Laut Pasifik .


g. NAFTA (Nort American Free Trade Agreement)
NAFTA merupakan bentuk kesepakatan perdagangan bebas dikawasan Amerika Utara dengan anggota: Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. NAFTA berdiri pada tanggal  12 Agustus 1992 akan tetapi baru resmi berlaku sejak 1 Januari 1994. Bertujuan untuk menghilangkan hambatan - hambatan perdagangan, meningkatkan investasi dikalangan Negara anggotanya dan berusaha menarik investor secara multilateral.
h. EU (Europan Union)
EU merupakam bentuk kerjasama ekonomi Negara- negara dikawasan Eropa berdiri pada tahun 1993 yang terbentuk dari perkembangan organisasi ECSC (European Coal and Steel Community ) yaitu organisasi yang bergerak dalam bidang promosi perdagangan bebas batu bara dan besi baja. Pada tahun 1967 ECSC ini berubah menjadi EEC (European Economic Community) dan menjadi EC ( European Community) yang akhirnya menjadi EU.
i.        APO (Asian Productivity Organization)
APO merupakan bentuk organisasi negara - negara di Asia, beranggotakan : Jepang, Hongkong, Pakistan, dan Singapura, didirikan pada tahun 1961 atas prakarsa Jepang.
j. EFTA (European Free Trade Association)
EFTA atau asosiasi perdagangan bebas di Eropa, beranggotakan Negara - Negara : Portugal, Swiss, Swedia, Finlandia, Islandia, dan Norwegia, didirikan Pada Tanggal 3 Mei 1960.

2.Badan –Badan Kerjasama Ekonomi Internasional
a.      Badan Kerjasama ekonomi Internasional dibawah naungan PBB
1)      WTO (World Trade Organization) : Merupakan organisasi perdagangan Dunia yang berdiri pada tanggal 15 April 1994
2)      FAO  (Food Agriculture Organization) : Merupakan organisasi dibawah PBB yang Mengurusi tentang bahan pangan dan pertanian, berdiri pada tanggal 16 Oktober 1945, dengan tujuan meningkatkan persediaan bahan pangan dan produksi pertanian Internasional.FAO berkedudukan di Roma.
3)      IMF (International Monetary Fund): Merupakan lembaga moneter          ( keuangan ) internasional yang didirikan pada tanggal 27 Desember 1945.
4)      UNDP ( United Nation Development Bank ): Merupakan organisasi pembangunan PBB berdiri pada Tahun 1965 Diprakarsai Oleh Majelis Umum PBB.
5)      GATT ( General Agreement in Tarif and Trade ): Merupakan Persetujuan umum Mengenai tarif dan perdagangan yang didirikan pada tahun 1947.
6)      ILO ( International Labour Organization ) : Merupakan organisasi perburuhan Internasional,  dibawah naungan PBB berdiri pada tanggal 11 April 1979.
7)      IBRD (  International Bank for Recontruction and Development )
Internasional untuk Pembangunan dan Perkembangan, dan sering disebut sebagai Bank Dunia (World Bank) yang didirikan pada tanggal 27 Desember 1945.
8)      IDA ( International Development Association ) : Merupakan lembaga keuangan Internasional sebagai bagian dari IBRD atau Bank Dunia, yang didirikan pada tahun 1960. bertujuan memberikan kredit kepada Negara- Negara berkembang untuk membiayai Pembangunan .
9)      IFC ( International Finance Corporation ) : Merupakan lembaga keuangan Internasional yang berdiri pada tanggal 24 Juli 1956, sebagai bagian dari IBRD atau Bank Dunia yang khusus memberikan Kredit Kepada pihak Swasta di Negara- Negara berkembang.
10)  UNIDO  (United Nations Industrial Developmental Organization ) : Merupakan organisasi Pembangunan Industri PBB yang berdiri pada tanggal 24 Juli 1966. Tujuannya untuk meningkatkan Pembangunan Dibidang industri bagi Negara- Negara yang berkembang .
11)  ITO  ( International Trade Organization ) : Merupakan Organisasi perdagangan internasional yang bertujuan untuk memajukan perdagangan antar Negara.
12)    UNCTAD ( United Nations Conference on Trade and Development ) : didirikan oleh majelis Umum PBB untuk kepentingan Negara- Negara berkembang.
b.      Badan Kerjasama ekonomi  Internasional yang tidak dibawah Naungan PBB
1)      CGI  (Consulative Group on Indonesia )
2)      IDB  ( Islamic Development Bank )
3)      ADB  ( Asian Development Bank )
4)      G-8  ( Group of Eight )




B. DAMPAK KERJASAMA EKONOMI ANTAR NEGARA
1. Dampak Kerjasama Ekonomi Antarnegara secara Umum
Secara Umum Dampak Kerjasama Ekonomi regional dan Internasional  antara lain :
a.      Menjalin hubungan Dagang yang adil dan trasparan,
b.      Memperkuat posisi perdagangan suatu Negara,
c.      Membantu meningkatkan Daya Saing ekonomi,
d.     Menyelesaikan Persengketaan  dengan mekanisme yang jelas.
2.      Dampak Kerjasama Ekonomi antar Negara bagi perekonomian Indonesia
a.Dampak Positif Kerjasama Ekonomi antarnegara bagi perekonomian Indonesia
1)      Sebagai Negara anggota OPEC, dampak yang diperoleh Indonesia adalah
- adanya Keseragaman harga dipasaran minyak Dunia
- adanya kestabilan harga minyak dunia yang tetap terjaga banyak memberikan keuntungan bagi Indonesia.
2)      Dengan adanya CGI yang memberikan bantuan khusus kepada Indonesia mengakibatkan adanya peningkatan pendapat per kapita sehingga terjadi peningkatan kesejahtraan rakyat .
3)      Terbukanya penanaman Investasi asing di Indonesia sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat dan membuka lapangan Kerja baru Terbukanya kesempatan bagi tenaga kerja Indonesia untuk bekerja di luar negeri sebagai dampak dari pasar bebas merupakan sarana yang tepat dalam proses alih teknologi sehingga  meningkatkan Sumber daya manusia Indonesia.
b.       Dampak Negatif Kerjasama ekonomi antarnegara bagi perekonomian Indonesia
Jalinan Kerjasama ekonomi antarnegara selain membawa banyak keuntungan juga mengakibatkan beberapa dampak negatif bagi perekonomian Indonesia, antara lain :
1)      Pemakaian teknologi modern dalam setiap proses produksi menyebabkan semakin meningkatnya angka pengangguran.
2)      Mudahnya Pemerintah mendapatkan bantuan dari Luar negeri menjadikan ketergantungan yang tinggi terhadap dana bantuan Luar negeri.
3)      Penerapan Perdagangan bebas menyebabkan pasar dalam negeri diserbu oleh produk asing yang kualitasnya lebih bagus dan harganya bersaing. Hai ini akan menggeser Produk Lokal.

                                                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar