Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah ` : SMP
Negeri Sumberjaya
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VII/2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali
perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.2 Membuat sketsa dan
peta wilayah yang menggambarkan
objek geografi
Alokasi Waktu : 4 X 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan
pembelajaran, siswa diharapkan dapat
1. membuat sketsa wilayah dan objek
geografi;
2. mengindentifikasi objek objek
geografi pada peta
3. melakukan ovservasi objek objek
geografi di lapanagan
4. menghitung dan menentukan skala
peta
5.mengindentifikasi simbol simbol
geografi pada peta
B. Materi Pembelajaran
Sketsa dan Peta Wilayah
1. sketsa wilayah geografi
2. objek objek geografi pada peta
3. objek objek geografi di lapanagan
4. skala peta
5. identifikasi simbol simbol pada
peta
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Simulasi
5. Inquiri
6. Observasi/pengamatan
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1
a. Materi
1) membuat sketsa wilayah objek
geograi
2) Mengindentifikasi objek objek
geografi pada peta
3) Melakukan ovservasi objek objek
geografi dilapangan
b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru menanyakan tentang
manfaat peta.
c. Kegiatan Inti
1) Guru menyampaikan kompentensi yang hendak dicapai
2) siswa dibagi dalam beberapa kelompok
3) Setiap kelompok diberi tugas membuat sketsa objek geografi
4) Setiap kelompok keluar kelas untuk melakukan ovservasi objek objek
geografi
dilapangan
5) setiap kelompok membuat laporan hasil pengamatan
6) Setiap kelompok memperesentasikan ke depan kelas hasil
pengamatankelompok
Lain menanggapi
7) Setiap kelompok membuat kesimpulan akhir setelah ada penegasan dari
guru
d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat simpulan dari materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi
yang telah dijelaskan.
3) Guru memberikan tugas individu yang berkaitan dengan materi.
2. Pertemuan Ke-2
a. Materi
1) Skala peta
2) identifikasi simbol simbol geografi pada peta
3) arti simbol geografi pada peta
b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru meminta siswa untuk mencari
peta provinsi tempat tinggalnya
di dalam atlas. Kemudian, siswa
diminta untuk membedakan simbol titik, garis,
dan luasan.
c. Kegiatan Inti
1) Guru menyampaikan kompentensi yang hendak dicapai
2) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
3) setiap kelompok diberi lembar kerja
yang berisi tugas tugas untuk didiskusikan
4) Setiap kelompok melakukan identifikasi simbol simbol geografi pada
peta
5) setiap kelompok berdiskusi
menghitung jarak dan luas wilayah yang ada dilembar tugas
6) Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok
d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat simpulan dari materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tugas individu yang berkaitan dengan materi.
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku IPS Terpadu 1 untuk Kelas VII SMP ,Drs.Anwar Kurnia,Yudhistira,hal
117-124
2. Peta dan atlas
F. Penilaian Hasil
Pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk penilaian
|
instrumen
|
Membuat sketsa wilayah dan objek geografi
Menentukan
skala peta
Menentukan
simbol simbol
|
Unjuk kerja
Unjuk
kerja
Unjuk
kerja
|
Rubrik
Tes identifikasi
Tes identifikasi
|
Buatlah sketsa tempat tinggalmu
Tentukan skala sketsa yang telah kamu buat
Tentukan simbol simbol objek yang ada dilingkungan tempat tinggalmu dan
tempatkan pada sketsa yang telah kamu buat.
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata
Pelajaran
S u t i a n,S.Pd Bambang
Supriyanto
NIP. 19650921 198901 1 002 Nip.
19681201 199701 1 00
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sumberjaya
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VII/2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha
manusia untuk mengenali perkembangan
lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.3 Mendeskripsikan kondisi geografis dan
penduduk
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit (2 × pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan
pembelajaran, siswa diharapkan dapat
1. membaca peta tentang kondisi
goegrafis suatu wilayah
2. menjelaskan keadaan penduduk suatu
wilayah pada peta
3. menjelaskan kaitan anatara keadaan
geografis dengan keadaan penduduk
B. Materi Pembelajaran
Kondisi Geografis dan Penduduk
1.mendeskripsikan kondisi geografis
suatu wilayah pada peta
2.diskripsi kondisi penduduk suatu
wilayah
3. Kaitan antara kondisi geografis
dengan keadaan penduduk
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Simulasi
5. Inquiri
6. Observasi/pengamatan
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1
Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam menerima
materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat):
guru mengajukan pertanyaan
kepada siswa tentang hal-hal yang mendasari perbedaan kondisi
geografis suatu daerah.
Kegiatan Inti
1) guru menyampaikan kompentensi yang
hendak dicapai
2) Siswa diminta untuk mengamati peta
tentang kondisi geografis
suatu wilayah.
3) Guru melakukan tanya jawab dengan
siswa mengenai kondisi
geografis wilayah tempat tinggal
siswa.
4) Guru dan siswa mendiskusikan salah
satu gambar yang berkaitan
dengan adaptasi terhadap kondisi geografis.
d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat
simpulan dari materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tugas individu agar
siswa mengidentifikasi
kondisi geografis suatu daerah.
2. Pertemuan Ke-2
Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada
siswa untuk siap dalam menerima
materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat):
guru mengajukan pertanyaan
kepada siswa tentang letak geografis Indonesia.
Kegiatan Inti
1) Guru meminta siswa mengambil peta
dan mengamati letak geografis
Indonesia.
2) siswa mendiskusikan keadaan
penduduk suatu wilayah pada peta
3) Siswa diminta untuk mengamati tabel
jumlah penduduk dunia termasuk
Indonesia.
4) siswa mengganalisis kaitan antara
kondisi geografis dengan keadaan penduduk
d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat
simpulan dari materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tes/pertanyaan yang
berhubungan dengan materi
yang telah dijelaskan.
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku IPS Terpadu 1 untuk Kelas VII SMP
terbitan yudhistira,
Drs.Anwar Kurnia, hal 124-135
2. Peta dan atlas
F. Penilaian Hasil
Pembelajaran
Indikator
ketercapaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk penilaian
|
instrumen
|
Mendiskripsikan
kondisi geografis suatu wilayah pada peta
Mendiskripsikan
kondisi geografis penduduk suatu wilayah
Menganalisis kaitan
antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk
|
Tes tertulis
Tes
unjuk kerja
penugasan
|
Tes uraian
Rubrik
Proyek
|
Perhatikan peta
pulau sumatera jelaskan relief pulau sumatera bagian timur
Buatlah
peta persebaran penduduk daerah tempat tinggalmu
Amatilah
keadaan kepadatan penduduk pada kondisi geografis tertentu
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SMP
Negeri 2 Sumberjaya
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VII/2
(dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia
untuk mengenali
Perkembangan
lingkungan
Kompetensi Dasar : 4.4 Mendeskripsikan
gejala-gejala yang terjadi di atmosfer
dan
hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Indikator : 1. Mendeskripsikan lapisan atmosfer
2. Mendeskripsikan cuaca dan iklim
3. Mendeskripsikan iklim di Indonesia
4. Mengidentifikasi alat-alat pengukur cuaca dan iklim
5. Mengidentifikasi
berbagai informasi cuaca
6. Menjelaskan pengertian hidrosfer
7. Mengidentifikasi perairan darat dan perairan laut
8. Mengidentifikasi manfaat air bagi kehidupan
9. Mendeskripsikan pengertian ZEE
10. Mendeskripsikan pengertian pantai
dan pesisir
11. Mendeskripsikan ekosistem pantai dan manfaatnya
bagi kehidupan
Alokasi Waktu : 8 × 40 menit (4 × pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan
pembelajaran, siswa diharapkan dapat
1. mendeskripsikan sifat-sifat fisik
atmosfer;
2. mendeskripsikan cuaca dan iklim;
3. mengidentifikasi tipe hujan
4. menghitung suhu suatu darah
berdasarkan ketinggian diatas permukaan
air laut
5. menganalisis proses terjadinya
angin dan memberikan contohnya
6. mendeskripsikan siklus hidrologi
dan bagian bagiannya
7. mengklasifikasikan bentuk tubuh air
permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya
8. mendiskrpsikan zona laut menurut
letak dan kedalamnya
9. menafsirkan pengertian batas
landas kontinen laut teritorial dan zona
ekonomi ekslusif
(ZEE) serta menunjukan pada peta
10. mendeskripsikan ekosistem pantai
dan manfaatnya bagi kehidupan.
B. Materi Pembelajaran
Atmosfer
1. sifat sifat fisik atmosfir
2. cuaca dan iklim
3. tipe hujan
4. suhu disuatu daearah berdasarkan
ketinggian
5. proses terjadinya angin dan
memberikan contoh
6.siklus hidrologi dan bagian
bagiannya
7.bentuk tubuh air permukaan dan air
tanah serta pemanfaatannya
8.zona laut menurut letakdan
kedalamnnya
9.pengertian batas landas
kontinen laut teritorial dan zona
ekonomi ekslusif
10,Mendiskripsikan ekosistem pantai
dan manfaatnya
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Simulasi
5. Inquiri
6. Observasi/pengamatan
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1
Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam menerima
materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat):
guru mengajukan pertanyaan
tentang lapisan atmosfer.
Kegiatan Inti
1) Siswa diberi tugas untuk mengamati
keadaan udara di luar kelas
2) siswa masuk kedalam kelas untuk
membaca buku literature
3) siswa diberi tugas untuk
menyimpulkan hasil pengamatan tentang sifat fisik udara
Dan unsur unsur cuaca dan iklim
4) Siswa secara bergantian maju untuk
menjelaskan hasil pengamatan
Penutup
1) Guru membantu siswa membuat
simpulan dari materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tes/pertanyaan yang
berhubungan dengan materi
yang telah dijelaskan.
2. Pertemuan Ke-2
Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam menerima
materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat):
guru mengajukan pertanyaan
tentang iklim yang ada di Indonesia.
c. Kegiatan Inti
1) Guru menyampaikan kompentensi yang
hendak dicapai
2) siswa dibagi dalam 5 kelompok
3) siswa diberi tugas untuk
mengamai dan kemudian menjelaskan tipe
tipe hujan sesuai
Gambar
4) secara bergantian siswa maju
menjelaskan hasil diskusi tentang tipe tpe hujan dari hasil
Pengamatan gambar
5) kelompok lain menangapi prestesi
kelompok yang manyampaikan laporan
6) siswa diberi tugas untuk menghitung
suhu suatu daearah berdasarkan ketinggian dari
Atas permukaan laut
7) siswa secara bergantian menjawab dan menulis dipapan tulis
8) siswa lain memberi tanggapan
d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat
simpulan dari materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tes/pertanyaan yang
berhubungan dengan materi
yang telah dijelaskan.
3. Pertemuan Ke-3
Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam menerima
materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat):
guru mengajukan pertanyaan
tentang pengertian hidrosfer kepada siswa.
c. Kegiatan Inti
1) Guru menyampaikan kompentensi yang
hendak dicapai
2) Guru memebagi siswa dalam beberapa
kelompok
3) Siswa diberi gambar tentang proses
terjadinya angin
4) siswa secara berkeompok diberi
tugas untuk menjelaskan proses terjadinya angin bedasar
kan gambar
5) secara bergantian kelompok lain
menanggapi
6) siswa diberi gambar siklus
hidrologi secara berkelompok
7) siswa mendiskuskan gambar silus
hidrologi secara kelompok
8) secara bergantian kelompok
mempresentasikan hasil diskusi
d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat
simpulan dari materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tes/pertanyaan yang
berhubungan dengan materi
yang telah dijelaskan.
4. Pertemuan Ke-4
Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam menerima
materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat):
guru meminta siswa untuk
menyebutkan beberapa manfaat air bagi kehidupan manusia.
c. Kegiatan Inti
1) Guru menyampaikan kompentensi yang
hendak dicapai
2) Siswa dibagi dalam 5 kelompok
3) tiap kelompok diberi materi yang
berbeda sesuai dengan urutan kelomoknya
·
Mengamati gambar bentuk tubuh air
·
Mengamati gambar zona laut berdasarkan kedalamnya
·
Mengamati peta tentang laut territorial
·
Mengamati peta tentang zona ekonomi eksklusif (ZEE)
·
Mengamati ekosistim pantai dan poemanfaatannya bagi kehidupan
4) Siswa diminta untuk menyampaikan
hasil pengamatannya
5) kelompok lain menanggapinya
d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat
simpulan dari materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tes/pertanyaan yang
berhubungan dengan materi
yang telah dijelaskan.
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku IPS Terpadu 1 untuk Kelas VII SMP
terbitan
2. Peta dan atlas
3.gambar siklus dhidrologi
4)gambar zona laut
5)gambar tipe hujan
F. Penilaian Hasil
Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes lisan
c. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Pilihan Ganda
1) Suatu gaya yang timbul oleh adanya
berat dari lapisan udara disebut
....
a. tekanan udara
b. kelembapan udara
c. iklim
d. suhu udara
2) Angin yang bertiup dari laut ke
darat disebut ....
a. angin darat
b. angin laut
c. angin gunung
d. angin jatuh
3) Angin yang arahnya berganti tiap setengah tahun disebut ....
a. angin pasat
b. angin barat
c. angin antipasat
d. angin muson
4) Laut yang terjadi karena pengaruh tenaga edogen disebut ....
a. laut transgresi
b. laut ingresi
c. laut dalam
d. laut regresi
5) Daratan yang langsung berbatasan dengan laut disebut ....
a. pesisir
b. pantai
c. tebing
d. lereng
b. Tes Uraian
1) Gambarkan lapisan-lapisan
atmosfer? Kemudian, terangkan manfaat
atmosfer dalam kehidupan sehari-hari.
2) Gambarlah pembagian iklim matahari! Di manakah posisi Indonesia
dalam gambar tersebut?
3) Di manakah kita dapat memperoleh informasi cuaca? Apa fungsi
informasi cuaca tersebut?
4) Mengapa di bumi terjadi siklus air?
5) Apakah manfaat wilayah laut dalam kehidupan sehari-hari?
c. Penugasan
1) Buatlah kliping dari media massa (koran, majalah, buletin) mengenai
kebakaran hutan yang disebabkan oleh
pemanasan global
dan akibat kecerobohan manusia!
Cantumkan gambar dan artikelnya!
Berikan komentar terhadap fenomena
tersebut!
2) Klipinglah gambar-gambar potensi wilayah lautan. Berilah nama
penambangannya, tempat penambangan
itu berada, dan manfaat
penambangan tersebut dalam kehidupan
sehari-hari!
Mengetahui,
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 2
Sumberjaya
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas/Semester : VII/2 (dua)
Standar Kompetensi : 5. Memahami perkembangan masyarakat sejak
masa
Hindu–Buddha sampai masa
kolonial Eropa
Kompetensi Dasar : 5.3 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat,
Kebudayaan,dan pemerintahan pada masa kolonial
Indikator : 1. Menjelaskan posisi Indonesia dalam jalur
perdagangan
dan pelayaran Asia-Eropa
2. Mendeskripsikan kedatangan bangsa Barat dan per-
ubahan jalur perdaganagan
3. Mendeskripsikan perkembangan kolonialisme Barat
dan
beberapa perubahan di Indonesia
Alokasi Waktu : 6 × 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan
pembelajaran, siswa diharapkan dapat
1. menguraikan proses masuknya bangsa
bangsa eropa ke indonesia
2
Mengindentifikasi cara cara yang dilakukan bangsa eropa untuk mencapai tujuannya
3. mengindentifikasi reaksi bangsa
indonesia terhadap bangsa eropa
4. mendeskripsikan perkembangan
kehidupan masyarakat, kebudayaan,dan pemenrintah
Pada masa kolonial eropa
B. Materi Pembelajaran
Perkembangan Masyarakat, Kebudayaan,
dan Politik Masa Kolonial Eropa
1. proses masuknya bangsa bangsa eropa
ke indonesia
2.mengindentifikasi cara cara yang dilakukan
bangsa eropa untuk mencapai tujuannya
3. mengindentifikasi reaksi bangsa
indonesia terhadap bangsa eropa
4. perkembangan kehidupan
msyarakat,kebudayaan dan pemerintahan pada masa kolonial
eropa
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Simulasi
5. Inquiri
6. Observasi/pengamatan
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1
Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam menerima
materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat):
c. Kegiatan Inti
1) guru menyampaiakan kompetensi yang
hendak dicapai
2) Guru membagi kelas dalam beberapa
kelompok
3) setiap kelompok diberi tugas
mengamati peta jalur perdagangan
·
Mendiskripsikan penyebab latar belakang kedatangan bangsa eropa ke
indonesia
·
Mendiskripsikan cara cara yang digunakan bangsa eropa untuk
mencapai tujuannya
4) Setiap kelompok meyampaikan
laporannya
5) kelompok lain menanggapinya
d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat
simpulan dari materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tugas
2. Pertemuan Ke-2
b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam menerima
materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat):
guru mengajukan pertanyaan
kepada siswa tentang alasan bangsa Barat melakukan pelayaran
ke Indonesia.
c. Kegiatan Inti
1) Guru menyampaikan kompetensi yang
hendak dicapai
2) Guru membagi siswa dalam beberapa
kelompok
3) Siswa mendiskusikan reaksi bangsa
indonesia terhadap bangsa eropa
4) kelompok Siswa diminta untuk
menyampaikan laporannya
5) kelompok yang lain menagapinya
d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat
simpulan dari materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tes/pertanyaan yang
berhubungan dengan materi
yang telah dijelaskan.
Pertemuan 3
PENDAHULUAN
Appersepsi :
Motivasi :
KEGIATAN INTI
1.
Guru menyampaikan kompentensi yang hendak dicapai
2.
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
3.
Setiap kelompok diberi
tugas tentang Perkembangan kehidupan masyarakat,kebudayaan dan pemerintahan
pada masa kolonial eropa
4.
Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya
5.
Kelompok lain menaggapinya
PENUTUP
1.
penguatan dan kesimpulan
2.
refleksi
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku
2. Atlas sejarah
F. Penilaian Hasil Pembelajaran
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sumberjaya
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VII/2 (dua)
Standar Kompetensi :
6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar : 6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan
ekonomi penduduk,
penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan
kondisi
fisik permukaan bumi
Indikator : 1. Menjelaskan
pengertian lahan
2.
Mendeskripsikan bentuk penggunaan lahan di pedesaan
dan perkotaan
3.
Mendeskripsikan pola permukiman penduduk
4.
Mendeskripsikan kegiatan ekonomi penduduk
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit (2 × pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan
pembelajaran, siswa diharapkan dapat
1. menjelaskan pengertian lahan;
2. mendeskripsikan bentuk penggunaan
lahan di pedesaan dan perkotaan;
3. mendeskripsikan pola permukiman
penduduk;
4. mendeskripsikan kegiatan ekonomi
penduduk.
B. Materi Pembelajaran
Pola Penggunaan Lahan dan Kegiatan
Ekonomi Masyarakat
1. Pengertian Lahan
2. Bentuk Penggunaan Lahan
3. Pola Permukiman Penduduk
4. Kegiatan Ekonomi Penduduk
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Simulasi
5. Inquiri
6. Observasi/pengamatan
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1
a. Materi
1) Pengertian Lahan
2) Bentuk Penggunaan Lahan
b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam menerima
materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat):
guru mengajukan pertanyaan
kepada siswa tentang pengertian lahan.
c. Kegiatan Inti
1) Guru memandu siswa untuk mengamati
gambar kerusakan lingkungan
karena ulah manusia.
2) Guru menjelaskan bentuk penggunaan
lahan oleh masyarakat.
3) Siswa diminta untuk mengamati
penggunaan lahan di daerah pedesaan.
4) Siswa diminta menunjukkan contoh penggunaan
lahan di daerah
pantai dan perkotaan.
d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat
simpulan dari materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tugas individu yang
berkaitan dengan materi
yang telah dijelaskan.
2. Pertemuan Ke-2
a. Materi
1) Pola Permukiman Penduduk
2) Kegiatan Ekonomi Penduduk
b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam menerima
materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat):
guru mengajukan pertanyaan
kepada siswa tentang hal-hal yang membedakan pola permukiman
di desa dan di kota.
c. Kegiatan Inti
1) Guru memandu siswa untuk mengamati
macam-macam gambar
pola permukiman penduduk.
2) Siswa diminta untuk
mengidentifikasi bentuk-bentuk pola permukiman
penduduk.
3) Siswa diminta menunjukkan contoh
kegiatan ekonomi penduduk
di daerahnya.
4) Guru melakukan tanya jawab dengan
siswa mengenai kegiatan
ekonomi penduduk di Indonesia.
d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat
simpulan dari materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tes/pertanyaan yang
berhubungan dengan materi
yang telah dijelaskan.
3) Guru memberikan tugas individu yang
berkaitan dengan materi.
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku Platinum Pembelajaran IPS
Terpadu 1 untuk Kelas VII SMP dan
MTs terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
2. Peta dan atlas
F. Penilaian Hasil
Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes lisan
c. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Pilihan Ganda
1) Sawah yang pengairannya
bergantung pada hujan disebut ....
a. sawah lebak
b. sawah pasang surut
c. sawah tadah hujan
d. sawah irigasi
2) Perkebunan yang hasil produksinya
untuk diekspor disebut ....
a. perkebunan rakyat
b. perkebunan besar
c. perkebunan negara
d. perkebunan pemerintah
3) Hutan yang terdapat di daerah yang
relatif datar dengan ketinggian
0–600 meter dari muka laut
disebut ....
a. hutan payau
b. hutan rawa
c. hutan dataran rendah
d. hutan pegunungan
4) Penangkapan ikan dengan bahan
peledak dilarang oleh pemerintah
karena ....
a. merusak terumbu karang
b. hasil tangkapan ikan beracun
c. daerah tangkapan ikan makin
berbahaya
d. pencemaran air laut
5) Hutan yang berfungsi sebagai
pelindung hewan dan tumbuhan
dari kepunahan disebut ....
a. hutan rekreasi
b. hutan lindung
c. hutan produksi
d. hutan suaka alam
b. Tes Uraian
1) Jelaskan perbedaan antara
perkebunan besar dan perkebunan
rakyat!
2) Sebutkan barang-barang tambang
yang ada di Indonesia!
3) Sebutkan fungsi hutan secara
ekonomi!
4) Jelaskan tujuan pendirian
industri di suatu tempat!
5) Sebutkan rencanamu ke depan dalam rangka membantu memperbaiki
Kerusak an alam!
c. Penugasan
Ambillah artikel di salah satu media massa yang menjelaskan tentang
kerusakan lahan akibat ulah manusia.
Buatlah simpulan dari artikel
tersebut, kemudian diskusikan dengan
kelompok belajarmu cara mengatasi
kerusakan-kerusakan itu!
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
(________________)
(________________)
NIP. .......................... NIP.
..........................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sumberjaya
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VII/2 (dua)
Standar Kompetensi : 6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar : 6.2 Mendeskripsikan kegiatan pokok
ekonomi yang
meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi
barang/jasa
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian dan
macam-macam kegiatan
ekonomi
2.
Mengidentifikasi hubungan antara konsumsi, produksi,
dan distribusi
3.
Mendeskripsikan kegiatan produksi barang dan jasa
4.
Mendeskripsikan kegiatan konsumsi barang dan jasa
5.
Mendeskripsikan kegiatan distribusi barang dan jasa
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit (2 × pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan
pembelajaran, siswa diharapkan dapat
1. mendefinisikan pengertian dan
macam-macam kegiatan ekonomi;
2. mengidentifikasi hubungan antara
konsumsi, produksi, dan distribusi;
3. mendeskripsikan kegiatan produksi
barang dan jasa;
4. mendeskripsikan kegiatan konsumsi
barang dan jasa;
5. mendeskripsikan kegiatan distribusi
barang dan jasa.
B. Materi Pembelajaran
Kegiatan Pokok Ekonomi
1. Pengertian Kegiatan Ekonomi
2. Hubungan antara Konsumsi, Produksi,
dan Distribusi
3. Produksi
4. Konsumsi
5. Distribusi
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Simulasi
5. Inquiri
6. Observasi/pengamatan
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1
a. Materi
1) Pengertian Kegiatan Ekonomi
2) Hubungan antara Konsumsi, Produksi,
dan Distribusi
b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam menerima
materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat):
guru mengajukan pertanyaan
kepada siswa tentang pengertian kegiatan ekonomi.
c. Kegiatan Inti
1) Guru menunjukkan gambar mengenai
kegiatan pokok ekonomi.
2) Siswa diminta mengamati kegiatan
ekonomi masyarakat di lingkungan
sekitar tempat tinggalnya.
3) Guru melakukan tanya jawab dengan
siswa mengenai hubungan
antara kegiatan konsumsi, distribusi, dan produksi.
d. Penutup
1) Siswa diminta membuat rangkuman
mengenai materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tugas individu
kepada siswa untuk mengidentifikasi
kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh anggota keluarga
siswa.
2. Pertemuan Ke-2
a. Materi
1) Produksi
2) Konsumsi
3) Distribusi
b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam menerima
materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat):
guru mengajukan pertanyaan
kepada siswa tentang pengertian kegiatan konsumsi, distribusi,
dan produksi.
c. Kegiatan Inti
1) Siswa diminta untuk mengamati
kegiatan produksi yang ada di
lingkungan sekitar.
2) Siswa diminta untuk mengkaji
pentingnya kegiatan produksi bagi
masyarakat.
3) Guru melakukan tanya jawab dengan
siswa mengenai kegiatan
konsumsi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
4) Siswa diminta untuk menunjukkan
contoh kegiatan konsumsi.
5) Siswa diminta untuk mengamati
gambar yang berkaitan dengan
kegiatan distribusi.
6) Guru melakukan tanya jawab dengan
siswa mengenai saluran distribusi.
d. Penutup
1) Siswa diminta membuat rangkuman
mengenai materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tugas yang
berhubungan dengan materi yang
telah dijelaskan.
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku Platinum Pembelajaran IPS
Terpadu 1 untuk Kelas VII SMP dan
MTs terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri
2. Gambar-gambar kegiatan konsumsi,
produksi, dan distribusi barang/jasa
F. Penilaian Hasil
Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes lisan
c. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Pilihan Ganda
1) Setiap kegiatan yang bertujuan
untuk menghabiskan atau menurunkan
kegunaan suatu barang atau jasa
dinamakan kegiatan ....
a. produksi
b. konsumsi
c. distribusi
d. perdagangan
2) Kegiatan berikut ini yang bukan termasuk kegiatan
distribusi,
yaitu ....
a. penjualan hasil pertanian
di pasar
b. pendirian bengkel untuk
reparasi
c. penjualan barang secara
kredit oleh KPN
d. penyaluran pupuk oleh KUD
3) Setiap kegiatan yang
dilaksanakan untuk menciptakan atau menambah
nilai guna suatu barang atau
jasa dinamakan ....
a. kegiatan produksi
b. kegiatan konsumsi
c. kegiatan distribusi
d. kegiatan perdagangan
4) Hubungan antara kegiatan
produksi, konsumsi, dan distribusi
adalah ....
a. kerja sama
b. timbal balik
c. berlawanan
d. searah
5) Hubungan antara pendapatan dan
konsumsi adalah ....
a. positif
b. negatif
c. horizontal
d. vertikal
b. Tes Uraian
1) Mengapa manusia harus melakukan
produksi?
2) Mengapa manusia harus melakukan
konsumsi?
3) Mengapa manusia harus melakukan
distribusi?
4) Berilah contoh kegiatan ekonomi
yang dilakukan oleh masyarakat
di sekitar tempat tinggal
kalian!
5) Gambarkan dan berilah penjelasan
tentang mata rantai kegiatan
ekonomi!
c. Penugasan
Bersama kelompokmu, amatilah satu
perusahaan yang melakukan kegiatan
produksi. Carilah data berikut.
1) Siapa saja yang bertindak
sebagai distributor?
2) Siapa yang bertindak sebagai
konsumen produk tersebut?
3) Bagaimana cara menyalurkan
barang dari produsen sampai ke
tangan konsumen?
Tugas didiskusikan dan
dikumpulkan kepada guru.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
(________________)
(________________)
NIP. ..........................
NIP. ..........................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sumberjaya
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VII/2 (dua)
Standar Kompetensi : 6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar : 6.3 Mendeskripsikan peran badan usaha
termasuk koperasi,
sebagai tempat berlangsungnya proses produksi
dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
Indikator : 1. Menjelaskan perbedaan badan usaha dengan
perusahaan
2.
Mendeskripsikan jenis-jenis perusahaan menurut lapangan
usaha
3.
Mendeskripsikan jenis badan usaha
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit (2 × pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan
pembelajaran, siswa diharapkan dapat
1. menjelaskan perbedaan badan usaha
dengan perusahaan;
2. mendeskripsikan jenis-jenis
perusahaan menurut lapangan usaha;
3. mendeskripsikan jenis badan usaha.
B. Materi Pembelajaran
Perusahaan dan Badan Usaha
1. Perbedaan Badan Usaha dengan
Perusahaan
2. Jenis Perusahaan menurut Lapangan
Usaha
3. Jenis Badan Usaha
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Inquiri
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1
a. Materi
1) Perbedaan Badan Usaha dengan
Perusahaan
2) Jenis Perusahaan menurut Lapangan
Usaha
b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam menerima
materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat):
guru mengajukan pertanyaan
kepada siswa tentang kegiatan usaha yang ada di sekitar tempat
tinggal siswa.
c. Kegiatan Inti
1) Siswa diminta untuk menyebutkan
kegiatan usaha di daerah sekitar
tempat tinggalnya.
2) Guru menjelaskan perbedaan antara
perusahaan dan badan usaha.
3) Siswa diminta untuk menunjukkan
contoh perusahaan dan badan
usaha.
4) Guru melakukan tanya jawab dengan
siswa mengenai jenis-jenis
perusahaan menurut lapangan usahanya.
d. Penutup
1) Siswa diminta membuat rangkuman
mengenai materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tugas kepada siswa
secara kelompok untuk mengidentifikasi
contoh perusahaan dan badan usaha di daerahnya.
2. Pertemuan Ke-2
a. Materi
Jenis Badan Usaha
b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam menerima
materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat):
guru mengajukan pertanyaan
kepada siswa tentang macam-macam badan usaha menurut kepemilikannya.
c. Kegiatan Inti
1) Guru menunjukkan gedung yang
merupakan kantor BUMN.
2) Guru melakukan tanya jawab dengan
siswa mengenai BUMN.
3) Siswa diminta untuk menunjukkan
contoh BUMN di daerahnya.
4) Siswa diminta untuk mengamati dan
menunjukkan contoh BUMS
yang ada di daerahnya.
5) Siswa diminta untuk mengkaji
referensi mengenai bentuk-bentuk
BUMS.
d. Penutup
1) Siswa diminta membuat rangkuman
mengenai materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tes/pertanyaan yang
berhubungan dengan materi
yang telah dijelaskan.
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku Platinum Pembelajaran IPS
Terpadu 1 untuk Kelas VII SMP dan
MTs terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
2. Gambar-gambar koperasi, kantin
sekolah, pasar, BUMN/BUMS
F. Penilaian Hasil
Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Pilihan Ganda
1) Di bawah ini yang merupakan wujud perusahaan adalah ....
a. perhotelan
b. panti asuhan
c. yayasan
d. LSM
2) Orang yang mendirikan perusahaan memiliki tujuan untuk ....
a. memperoleh laba
b. menyediakan barang
c. melaksanakan kegiatan
d. mencari aktivitas
3) Gas merupakan hasil produksi ....
a. perusahaan ekstraktif
b. perusahaan agraris
c. perusahaan jasa
d. perusahaan perdagangan
4) Mengolah bahan mentah menjadi
barang jadi merupakan proses
di ....
a. perusahaan jasa
b. perusahaan perdagangan
c. perusahaan industri
d. perusahaan agraris
5) Objek wisata merupakan usaha
pemerintah daerah di bidang ....
a. jasa
b. perdagangan
c. pertanian
d. agraris
b. Tes Uraian
1) Sebutkan contoh badan usaha yang dimiliki negara!
2) Meng apa negara harus memiliki
badan usaha?
3) Bagaimana cara PT mengumpulkan modal?
4) Sebutkan bentuk yang paling sederhana dari badan usaha yang
dimiliki swasta!
5) Jelaskan bentuk perusahaan ekstraktif dan berikan contoh!
c. Penugasan
Daftarlah Badan Usaha Milik Negara yang ada di kota kalian! Kelompokkan
menurut jenisnya dan berilah alasannya! Diskusikan dengan
anggota kelompok! Kumpulkan hasil pekerjaan kalian kepada guru!
Mengetahui,
Kepala SMP N
Guru Mata Pelajaran
(________________)
(________________)
NIP. .......................... NIP.
..........................
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Sumberjaya
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VII/2 (dua)
Standar Kompetensi : 6. Memahami
kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar : 6.4 Mengungkapkan gagasan kreatif dalam
tindakan ekonomi
untuk
mencapai kemandirian dan kesejahteraan
Indikator : 1. Mendefinisikan
pengertian kreatif dan menunjukkan
hasil
gagasan kreatif
2.
Menunjukkan kemampuan untuk kemandirian
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit (2 × pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan
pembelajaran, siswa diharapkan dapat
1. menjelaskan pengertian kreatif;
2. menunjukkan hasil gagasan kreatif;
3. menjelaskan pengertian mandiri;
4. mengidentifikasi ciri-ciri
kemandirian.
B. Materi Pembelajaran
Kreativitas dalam Kehidupan Ekonomi
1. Pengertian Kreatif
2. Pengertian Mandiri
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Simulasi
5. Inquiri
6. Observasi/pengamatan
D. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1
a. Materi
Pengertian Kreatif
b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam menerima
materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat):
guru mengajukan pertanyaan
kepada siswa tentang pengertian kreatif dalam tindakan ekonomi.
c. Kegiatan Inti
1) Siswa diminta untuk mengamati
beberapa kegiatan kreatif di lingkungan
sekitar dan media massa.
2) Guru melakukan tanya jawab dengan
siswa tentang kegiatan kreatif
dalam tindakan ekonomi.
3) Siswa diminta untuk
mengidentifikasi ciri-ciri seseorang yang
mempunyai sikap kreatif.
4) Siswa diminta untuk menunjukkan
contoh tindakan yang mencerminkan
sikap kreatif.
d. Penutup
1) Siswa diminta membuat rangkuman
mengenai materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tugas yang
berhubungan dengan materi yang
telah dijelaskan.
2. Pertemuan Ke-2
a. Materi
Pengertian Mandiri
b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada
siswa agar siap dalam menerima
materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat):
guru mengajukan pertanyaan kepada
siswa tentang pengertian mandiri dalam tindakan ekonomi.
c. Kegiatan Inti
1) Guru melakukan tanya jawab dengan
siswa tentang kemandirian
dalam tindakan ekonomi.
2) Siswa diminta untuk
mengidentifikasi ciri-ciri seseorang yang
mempunyai kemandirian.
3) Siswa diminta untuk menunjukkan
contoh tindakan yang mencerminkan
sikap kemandirian.
d. Penutup
1) Siswa diminta membuat rangkuman
mengenai materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tugas yang
berhubungan dengan materi yang
telah dijelaskan.
E. Sumber Pembelajaran
Buku Platinum Pembelajaran IPS
Terpadu 1 untuk Kelas VII SMP dan MTs
terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri
F. Penilaian Hasil
Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Pilihan Ganda
1) Yang dimaksud dengan kreatif adalah
....
a. selalu bekerja keras tanpa
istirahat
b. selalu berusaha memenuhi
kebutuhan hidup
c. berpikir dan melakukan sesuatu
dengan cara yang baru
d. tindakan menghasilkan barang
dan jasa
2) Dampak dari tindakan kreatif bagi
kehidupan seseorang adalah ....
a. menjadi senang karena dipuji
banyak orang
b. mendapat banyak uang
c. hidupnya selalu senang dan
bahagia
d. pendapatannya naik sehingga
kemakmuran hidup tercapai
3) Kunci sukses yang paling mendasar
adalah ....
a. modal banyak
b. kreativitas yang tinggi dan
keuletan dalam berusaha
c. pendidikan tinggi
d. adanya dukungan dari pejabat
4) Seseorang dapat dikatakan sukses
dalam hidupnya apabila ....
a. kebutuhan keuangan serta
kebutuhan rohaninya dapat terpenuhi
secara seimbang
b. harta melimpah dan mempunyai
banyak perusahaan
c. mempunyai jabatan tinggi dan
disegani banyak orang
d. memiliki banyak sumber
penghasilan
5) Kreativitas dapat dilatih sejak
....
a. mulai remaja
b. masih kecil
c. mulai dewasa
d. mulai mempunyai penghasilan
b. Tes Uraian
1) Jelaskan yang dimaksud dengan gagasan kreatif! Berikan sekurangnya
3 contoh produk-produk perusahaan di
sekitar kalian yang
merupakan hasil gagasan kreatif!
2) Mengapa kreativitas
merupakan kunci kesuksesan dalam berwirausaha?
3) Menurut kalian, bagaimana cara melatih kreativitas dalam kehidupan
ekonomi?
4) Berilah sekurangnya 2 contoh kisah hidup sukses orang di sekitar
kalian yang mencerminkan sikap
kreatif!
5) Jelaskan yang dimaksud dengan hidup mandiri! Mengapa kalian
harus berusaha mandiri?
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Guru Mata Pelajaran
(________________)
(________________)
NIP.
.......................... NIP.
.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP/MTs
|
:
|
SMP Negeri 2 Sumberjaya
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII / 2
|
Alokasi Waktu
|
:
|
8 Jam pelajaran (4 x pertemuan)
|
A. Standar Kompetensi
4. Memahami usaha
manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.
B. Kompetensi Dasar
4.1 Menggunakan peta, atlas,dan globe, untuk
mendapat-kan informasi keruangan.
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
1
1.
Mengidentifikasi perbedaan antara peta, atlas, dan Globe.
2.
Mengidentifikasi jenis-jenis peta.
3.
Mengidentifikasi bentuk-bentuk peta.
4.
Mengidentifikasi pemanfaatan peta.
Pertemuan 2
5.
Menentukan letak suatu tempat menggunakan garis lintang
dan bujur.
6.
Memperagakan gerak rotasi bumi menggunakan globe.
7.
Mempergunakan indeks untuk mencari letak suatu tempat di
atlas.
Pertemuan 3
8.
Mengartikan berbagai skala.
Pertemuan 4
9.
Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan
garis-garis koordinat.
D. Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian
peta, atlas, dan globe.
2.
Jenis
peta :
Peta umum
Peta
tematik (khusus)
3.
Bentuk
peta:
Peta
datar
Peta
timbul
4.
Menentukan
letak suatu tempat menggunakan garis lintang dan bujur.
5.
Memperagakan gerak rotasi bumi menggunakan globe.
6.
Penggunaan
indeks dan daftar isi pada atlas.
7.
Skala
peta:
Skala
angka
Skala
garis
8.
Memperbesar
dan memperkecil peta.
E. Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Inquiri
3.
Tanya
jawab
4.
Simulasi
5.
Observasi
/ Pengamatan
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan
1
a. Pendahuluan
-
Apersepsi : Tulislah rute perjalananmu dari rumah ke
sekolah !
-
Motivasi :
-
Peserta
didik diminta untuk saling bertukar tulisan tentang rute perjalanan tersebut
dengan temannya, kemudian ditanya “Mudah atau sukarkah kamu menemukan rumah
temanmu dengan uraian rute perjalanan tersebut ?”
-
Alat
bantu apakah yang dapat memudahkan untuk menemukan rumah temanmu tersebut ?
-
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.
b.
Kegiatan
inti
-
Peserta didik dibagi dalam empat kelompok.
-
Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati peta, atlas,
dan globe:
-
Kelompok 1 : Perbedaan peta, atlas, dan globe
-
Kelompok
2 : Perbedaan unsur-unsur peta dan atlas.
-
Kelompok 3 : Simbol-simbol pada peta dan
contoh-contohnya.
-
Kelompok 4 : Jenis-jenis peta beserta contoh-contohnya
-
Setiap kelompok membuat laporan hasil pengamatan.
-
Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil
pengamatannya dan kelompok lain memberikan tanggapan.
-
Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah
didiskusikan.
c. Penutup
-
Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran
-
Penilaian
-
Refleksi : Peserta
didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari peta, atlas, dan
globe.
-
Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa
pertemuan berikutnya mempelajari letak geografis, pemanfaatan atlas, dan globe.
2. Pertemuan
2
a. Pendahuluan
-
Apersepsi : Jelaskan perbedaan peta, atlas, dan globe.
-
Motivasi : Cerita tentang pentingnya peta, atlas, dan
globe sebagai sumber informasi geografi.
-
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran pada.
b. Kegiatan
inti
-
Peserta didik dibagi dalam enam kelompok. Setiap kelompok
diberikan atlas yang dilengkapi dengan indeks dan globe.
-
Setiap kelompok diberi 4 nama kota atau obyek geografis
lain.
-
Kelompok 1 : Ampenan, Santa Fe, Tarutung, Tenggarong
-
Kelompok 2 : Sanggau, Mamuju, Masohi, Port Said
-
Kelompok 3 : Muaraenim, Lumajang, Atambua, Bukarest
-
Kelompok 4 : Trenggalek, Luwuk, Tripoli, Bengkalis
-
Kelompok 5 : Sungailiat, Dompu, Kuching, Tual
-
Kelompok 6 : Timika, Parepare, Pangkalanbun, Warsawa.
-
Setiap kelompok ditugaskan untuk :
-
Mencari beberapa peta di dalam atlas
-
Mencari obyek tersebut di dalam atlas
-
Menentukan letak
astronomis
-
Mendemonstrasikan gerak rotasi bumi menggunakan globe.
-
Setiap kelompok ditugaskan untuk membuat laporan dan
mempresentasikan langkah-langkah kerja mereka dalam menemukan obyek geografis
di atlas dan menentukan letak astronomis obyek tersebut.
-
Setiap kelompok mendemonstrasikan didepan kelas gerak
rotasi bumi menggunakan globe.
-
Guru mengajak Peserta didik membandingkan langkah kerja
kelompok mana yang paling baik.
-
Guru memberikan konfirmasi dan penguatan.
c. Penutup
-
Guru dan Peserta didik membuat kesimpulan.
-
Penilaian
-
Refleksi : Peserta
didik menyimpulkan pemanfaatan peta, atlas, dan globe.
-
Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan
berikutnya mempelajari skala.
3. Pertemuan 3
a. Pendahuluan
-
Apersepsi :
Sebutkan unsur peta yang berkaitan berkaitan dengan jarak
-
Motivasi : Peserta
didik diajak keluar kelas untuk mengukur panjang dan lebar halaman sekolah,
kemudian ditanyakan “Dapatkah halaman tersebut digambarkan pada kertas sesuai
dengan ukuran yang sebenarnya ?”
-
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.
b.
Kegiatan inti
-
Tanya jawab tentang arti skala peta.
-
Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok.
-
Setiap kelompok diberi tugas:
-
Mengamati skala peta yang ada di dalam atlas.
-
Menentukan judul dan besar skala
-
Menentukan dua titik yang ada dalam peta dan mengukur
jaraknya.
-
Menghitung jarak sebenarnya dari dua titik yang telah
ditentukan.
-
Berdiskusi langkah-langkah untuk mengkonversi skala garis
ke jenis skala angka dan sebaliknya.
-
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok di
depan kelas dan kelompok lain menanggapi.
-
Guru memberi konfirmasi dan penguatan.
c. Penutup
-
Guru bersama Peserta didik membuat kesimpulan.
-
Penilaian
-
Refleksi : Peserta didik membuat kesimpulan tentang
manfaat skala peta.
-
Menugaskan Peserta didik untuk membawa alat dan bahan
untuk memperbesar dan memperkecil peta pertemuan berikutnya.
4. Pertemuan 4
a. Pendahuluan
-
Apersepsi : Jelaskan manfaat skala pada peta !
-
Motivasi : Mengamati suatu peta. Dapatkah peta tersebut
diperbesar atau diperkecil.
-
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan inti
-
Tanya jawab tentang cara memperbesar atau memperkecil
peta.
-
Tanya jawab tentang bahan dan alat yang digunakan dalam
memperbesar atau memperkecil peta dengan menggunakan garis-garis koordinat
(garis grid).
-
Tugas individu untuk memperbesar dan memperkecil peta
dengan langkah-langkah sebagai berikut:
-
Menyiapkan alat dan bahan memperbesar atau memperkecil
peta dengan menggunakan garis-garis koordinat(garis grid).
-
Menentukan
peta yang akan diperbesar atau diperkecil.
-
Membuat
garis-garis koordinat (garis grid)pada
peta yang akan diperbesar atau diperkecil.
-
Membuat
garis-garis koordinat (garis grid)pada
kertas kerja sesuai dengan perbesaran atau perkecilan yang diinginkan.
-
Menyalin peta dari peta asli ke kertas kerja.
-
Menentukan skala pada peta yang telah diperbesar atau
diperkecil.
-
Tanya jawab tentang unsur peta yang berubah dan tidak
berubah dari peta yang telah diperbesar atau diperkecil.
-
Penutup
-
Guru bersama Peserta didik membuat kesimpulan.
-
Penilaian
-
Guru menginformasikan bahwa peserta didik yang belum
mencapai KKM dalam memperbesar/memperkecil peta perlu memperbaiki hasil kerjanya.
-
Refleksi : Peserta
didik menyampaikan kesan tentang kesulitan dalam memperbesar atau memperkecil
peta.
-
Guru menginformasikan kepada peserta bahwa pertemuan
berikutnya membahas tentang interaksi sosial, siswa ditugasi membaca buku
pelajaran yang berkaitan dengan materi tersebut.
G. Sumber dan Media Pembelajaran
1.
Peta
2.
Atlas
3.
Globe
4.
Kertas karton/ HVS
5.
Lembar Penilaian
Psikomotorik
6.
Buku geografi yang relevan
H. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
·
Membedakan peta, atlas, dan globe.
·
Mengidentifikasi jenis,bentuk dan pemanfaatan peta.
·
Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas
dan globe.
·
Mengartikan
berbagai skala.
·
Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan
garis-garis koordinat
|
·
Tes Tulis.
·
Tes unjuk kerja.
|
·
Tes uraian.
·
Tes identifikasi.
·
Uji petik kerja
|
1.
Sebutkan unsur-unsur peta dan atlas.
2.
Berikan masing-masing 2 contoh peta umum dan peta
khusus!
3.
Jelaskan
2 bentuk peta!
4.
Sebutkan 3 informasi geografis dari peta !
5.
Amatilah peta dantentukan letak astronomis (lintang dan
bujur) Jakarta!
6.
Peragakan gerak rotasi bumi dengan menggunakan globe!
7.
Jika di peta yang berskala 1 : 1.000.000 jarak kota A
dan B adalah 5 cm, hitunglah jarak yang sebenarnya!
Carilah letak
Kota Bulukumba pada atlas dengan menggunakan indeks!
Pilihlah peta
salah satu pulau di Indonesia dalam atlasmu, kemudian perbesarlah 2 kali
dengan menggunakan garis-garis koordinator(garis grid) !
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri
2 Sumberjaya
Guru Mata Pelajaran,
SUTIAN,S.P
BAMBANG SUPRIYANTO
NIP.196521091989011002
NIP.196812011997031002
Lampiran
RUBRIK PENILAIAN
KETERAMPILAN MENGGUNAKAN ATLAS
No
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang dinilai/skor
maksimal
|
Jumlah skor
|
|||
Mencari nama tempat pada daftar indeks
|
Mencari halaman
|
Mencari kolom dan baris
|
Menunjuk letak tempat
|
|||
5
|
5
|
5
|
5
|
20
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN
MEMPERBESAR DAN MEMPERKECIL PETA
No
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah skor
|
|||
Grid
|
Bentuk
|
Skala
|
Kerapian
|
|||
5
|
5
|
5
|
5
|
20
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP : SMP Negeri 2 sumberjaya
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VII/2
Alokasi waktu : 8 x 40 menit ( 4 pertemuan)
Standar Kompetensi
5. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu – Buddha sampai masa
Kolonial Eropa.
Kompetensi Dasar
5.2 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan
pada masa Islam di Indonesia ,serta peninggalan- peninggalannya.
A.Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
Pertemuan I
Melacak masuk dan berkembangnya agama Islam ke Indonesia :dari tanah Arab
berkembang ke Persia dan India
(Gujarat) kemudian disebarkan ke Indonesia
Menguraikan saluran-saluran Islamisasi di Indonesia :perdagangan,
perkawinan, dakwah para Wali/ ulama dan pesantren
Pertemuan II
Menjelaskan cara yang digunakan oleh Wali Sanga /ulama lainnya dalam
menyebarkan Islam ( pesantren, seni budaya, berdakwah )
Membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia (India, Selat
Malaka ,Laut Jawa )
Pertemuan III
Menjelaskan secara kronologi perkembangan kerajaan Islam di berbagai
wilayah Indonesia : Samudera Pasai, Demak, Aceh, Banten ,Makasar , Pajang
,Mataram dan Banjar
Pertemuan IV
Memberikan contoh peninggalan–peninggalan sejarah bercorak Islam di
berbagai daerah ( makam, masjid, kraton, kitab sastra dan kaligrafi)
B.Materi Pembelajaran
Proses masuk dan berkembangnya Islam
di Indonesia: dari tanah Arab berkembang
ke Persia dan India (Gujarat) kemudian disebarkan ke Indonesia.
Saluran-saluran Islamisasi di
Indonesia: perdagangan, perkawinan, dakwah, dan pesantren.
Cara-cara yang digunakan oleh para wali/ulama lainnya dalam menyebarkan
Islam di berbagai wilayah Indonesia melalui pesantren, seni budaya, dan dakwah.
Peta jalur dan daerah penyebaran Islam di berbagai wilayah Indonesia.
Kronologi perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia:
Samudera Pasai, Demak, Aceh, Banten, Makassar, Pajang, Mataram, dan Banjar.
Contoh peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah
Indonesia: makam, mesjid, keraton, kitab sastra, dan kaligrafi.
C. Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Observasi
3. Tanya jawab
4. Ceramah
5. Tugas
Dengan pendekatan CTL.
D.Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
Kegiatan pendahuluan
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : Diingatkan kembali
pelajaran yang telah lalu yaitu tentang masuk dan berkembangnya agama Hindu dan
Buddha di Indonesia.
Motivasi : ditampilkan gambar ulama atau gambar
peninggalan sejarah Islam dan siswa memberikan tanggapannya.
Kegiatan inti
Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar
yang berkaitan dengan masuk dan berkembangnya
Islam di Indonesia
Dengan model pembelajaran Jigsaw:
Kelas dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 4 orang.
Guru menyampaikan 4 pertanyaan / masalah berkaitan dengan proses masuk dan
tersebarnya Agama Islam di Indonesia dan
harus dicari jawabannya melalui diskusi
Tiap anggota kelompok diberi tugas
untuk menjawab satu pertanyaan atau masalah.
Siswa-siswa yang mempunyai tugas menjawab pertanyaan yang sama yang berkumpul dalam satu kelompok yang disebut
kelompok ahli .
Masing-masing kelompok ahli berdiskusi untuk mencari jawaban atas
pertanyaan / permasalahan
Setelah menyelesaikan tugasnya, siswa kembali ke kelompok asal untuk
menyampaikan hasil diskusi tentang cara-cara yang dipergunakan oleh para
wali/ulama dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
Guru beberapa meminta beberapa siswa /kelompok untuk mempresentasikan
jawaban atas permasalahan yang nerupakan hasil diskusi
Siswa /Kelompok lain menanggapi, memberi masukan atau pendapat terhadap
materi presentasi
Guru memberi tanggapan dan penguatan terhadap pendapat-pendapat siswa dan
membuat kesimpulan dengan merujuk pada referensi atau pendapat para ahli
Kegiatan Penutup
Refleksi : siswa membuat kesimpulan tentang proses, saluran dan cara
penyebaran Islam di Indonesia
Penilaian
Memberikan tugas rumah untuk membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam
di Indonesia.
Guru menginformasikan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan
selanjutnya yaitu tentang cara-cara yang dilakukan dalam penyebaran agama Islam
di Indonesia
Guru Menutup kegiatan pembelajaran
Pertemuan Kedua :
Kegiatan Pendahuluan
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Apersepsi : Berdialog dengan tentang materi sebelumnya yang berkaitan
dengan cara-cara penyebaran Agama Islam
Motivasi :
Ditampilkan peta penyebaran Agama Islam di Indonesia, buatan para siswa
Siswa diminta untuk memberi tanggapan
pertanyaan Mengapa agaimana Agama Islam dapat tersebar di Indonesia ?,
Bagaimanakan cara para pedagang dan Ulama dalam penyebaran Islam di Indonesia ?
Kegiatan Inti :
Siswa dibagi ke dalam 4 kelompok
Setiap kelompok mengkaji materi pelajaran dengan mempelajari buku teks atau
sumber lainnya untuk menjawab salah satu pertanyaan :
Mengapa Agama Islam mudah diterima dan tersebar dalam masyarakat
Indonesia
Bagaimana peranan pedagang dalam penyebaran Agama Islam di Indonesia
Bagaimana peranan Ulama dalam penyebaran Agama Islam di Idonesia
Bagaimana cara yang dilakukan para wali dan ulama dalam menyebarkan Agama
Islam ?
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas,
dilanjutkan tanggapan dari kelompok lain
Guru memberi tanggapan dan penguatan terhadap pendapat-pendapat siswa dan
membuat kesimpulan dengan merujuk pada referensi atau pendapat para ahli
Kegiatan penutup:
Refleksi: Siswa menyimpulkan peranan para ulama dan pedagang dalam
penyebaran Islam di Indonesia
Guru melaksanakan penilaian
Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
selanjutnya yaitu tentang perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia,
dan meminta mereka untuk mempelajari terlebih dahulu dan mencari bahan tambahan dari berbagai
sumber (ensikloppedi,internet dll).
Menutup Pelajaran
Pertemuan ketiga
Kegiatan Pendahuluan
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai
Apersepsi : berdialog tentang materi sebelumnya yang berkaitan dengan daerah penyebaran Agama Islam di Indonesia
(Tugas sebelumnya).
Motivasi :
Ditampilkan gambar Istana / keraton salah satu kerajaan Islam di Indonesia
Siswa diminta mengemukakan pengetahuannya tentang kerajaan-kerajaan Islam yang
ada di Indonesia, berdasarkan hasil kajian mereka terhadap berbagai sumber.
Kegiatan Inti:
Siswa dibagi ke dalam beberapa
kelompok
Setiap kelompok mengkaji materi tentang perkembangan kerajaan – kerajaan
Islam di Indonesia
Setiap kelompok diminta membuat kesimpulan (dalam bentuk narasi atau tabel)
mengenai kronologi perkembangan kerajaan-kerajaan Islam yang meliputi :
Berdirinya (Waktu dan nama pendirinya)
Masa keemasannya (waktu ,nama raja, bukti keemasannya
Kemunduran dan berakhirnya
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
Kelompok lain memberikan tanggapan ,sanggahan dan pendapat terhadap materi
yang disajikan
Tanya jawab siswa dengan guru mengenai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam
di Indonesia
Guru memberikan tanggapan dan penguatan terhadap pendapat dan pertanyaan
para siswa dengan merujuk pada referensi dan pendapat para ahli.
Kegiatan penutup
Refleksi : Siswa menyimpulkan tentang perkembangan Kerajaan-kerajaan Islam
di Indonesia
Penilaian
Guru memberikan tugas mengidentifikasi peninggalan-peninggalan Kerajaan
Islam untuk dipresentasikan pada pertemuan berikutnya
Guru menutup pelajaran
Pertemuan ke empat
Kegiatan pendahuluan
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Apersepsi : berdialog tentang daerah – daerah di Indonesia yang penduduknya
banyak menganut Islam di kaitkan dengan
kerajaan-kerajaan Islam di
Indonesia
Motivasi : di tampilkan gambar –gambar peninggalan sejarah bercorak Islam
dan memberikan pertanyaan sehingga siswa tertarik untuk mempelajari lebih
lanjut.
Kegiatan inti
Siswa diminta untuk berkelompok sesuai dengan tugas pertemuan sebelumnya
Siswa secara berkelompok mempresentasikan hasil pekerjaan rumah tentang
peninggalan-peninggalan kerajaan Islam di Indonesia
Kelompok lain memberi tanggapan.
Tanyajawab dengan guru mengenai peninggalan-peninggalan kebudayaan bercorak
Islam
Guru memberikan tanggapan dan penguatan terhadap pendapat siswa dengan merujuk pada referensi dan pendapat
para ahli.
Penutup :
Memberikan penguatan dari hasil tanya jawab maupun diskusi kelompok siswa.
Refleksi : membantu siswa untuk menyimpulkan pentingnya peninggalan
kebudayaan yang bercorak Islam sebagai salah satu kekayaan Budaya Indonesia
Penilaian
Memberikan tugas rumah
untuk melakukan observasi pada peninggalan yang bercorak Islam di daerahnya
masing-masing dan dikumpulkan di minggu berikutnya.
Guru menginformasikan
materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya tentang proses
kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia
Guru menutup pelajaran
E.Sumber Belajar
1.
Buku teks IPS pegangan siswa
2.
buku referensi.
3.
Atlas sejarah.
4.
Situs sejarah di daerahnya.
F.Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Melacak proses masuk dan berkem-bangnya agama Islam ke Indonesia
Mendiskrepsikan saluran-saluran Islamisasi di Indonesia
Menjelaskan cara yang digunakan oleh Wali Songo/Ulama lainnya dalam
menyebarkan Islam.
Membaca dan membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di
Indonesia
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
|
Pilihan Ganda&
Tes uraian
Tes uraian
Tes Uraian
Tugas rumah
|
Jelaskan bagaimana proses awal masuknya pengaruh Islam di Indonesia
Jelaskan salura-saluran Islamisasi di Indonesia!
Jelaskan cara yang dipergunakanan oleh Sunan Kalijaga dalam
menyebarkan agama Islam!
Buatlah peta jalur penyebaran Islam dan berilah batas –batas
daerah-daerahyang dipengaruhi agama Islam
|
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Menyusun kronologi perkem-bangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia
Mengidentifikasi dan memberi contoh peninggalan-peninggalan
sejarah bercorak Islam
diberbagai daerah
|
Tes tulis
Penugasan
|
Tes Pilihan Ganda
Tugas rumah
|
Jelaskan faktor-faktor penyebab kerajaan Aceh dapat berkembang pesat
Kumpulkan gambar-gambar peninggalan sejarah bercorak Islam lakukan
pemajangan
|
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 sumberjaya Guru Mata Pelajaran IPS
SUTIAN,S.Pd Bambang
Supriyanto
NIP.196521091989011002 NIP.
196812011997031002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP/MTs
|
:
|
SMP Negeri 2 Sumberjaya
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII / 2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
5. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu – Buddha sampai masa
Kolonial Eropa.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
5.1 Mendeskripsikan perkembangan masyaraka,kebudayaan dan pemerintahan pada
masa hindu budha serta peninggalan peninggalannya
|
Indikator
|
:
|
Mendeskripsikan masuk dan berkembangnya agama hindu dan
Budha di Indonesia
Menunjukan pada peta
daerah daerah yang dipengaruhi unsur
hindu dan Budha di Indonesia
Menyusun kronologi perkembangan kerajaan hindu Budha ke berbagai wilayah
Indonesia
Mengidentifikasi dan
memberi contoh peninggalan
peninggalan sejarah kerajaan kerajaan
yang bercorak hindu Budha diberbagai
daerah
|
Alokasi
|
:
|
6 x 40 Menit ( 3xpertemuan )
|
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1.
Mendiskripsikan msuk dan berkembangnya agama hindu budha
di indonesia
2.
Menunjukan pada peta
daerah daerah yang dipengari unsur hindu budha
di indonesia
3.
Menyusun kronologi perkembangan kerajaan hindu budha di
berbagai wilayah
indonesia
4.
Mengindentifikasi dan memberi contoh peningalan
peninggalan sejarah keraja
an yang bercorak hindu budha diberbagai daerah
B.MATERI
PEMBELAJARAN
1. Proses
masuk dan berkembangnya agama hindu
budha di indonesia
2. daerah
daerah yang dipengaruhi unsur hindu budha di indonesia
3. Perkembangan
kerajaan hindu budha di berbagai wilayah indonesia
4. Contoh
peninggalan peninggalan sejarah kerajaan
yang bercorak hindu budha di
berbagai wilayah indonesia
5. Meunjukan
tempat tempat peninggalan kerajaan hindu budha pada peta
C. METODE
1. Diskusi
2. Observasi
3. Tanya
jawab
4. Ceramah
5. Tugas
D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN
Pertemuan Pertama :
Kegiatan pendahuluan
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi : diingatkan kembali pelajaran yang
telah lalu tentang masa pra aksara
Motivasi : Menampilkan gambar gambar peninggalan hindu budha
Kegiatan inti
a. guru menyampaikan kompetensi yang hendak dicapai
b. guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
c. Guru memberikan materikepada siswa kemudian mendiskusikan materi yang
telah diberikan guru
d. hasil iskusi dipresentasikan
e. Guru bersama sama siswa membuat
kesimpulan
Kegiatan penutup
a. penilaian
b. refleksi
Pertemuan Kedua :
Kegiatan pendahuluan
Apersepsi : mengingatkan kembali
materi yang telah lalu
Motivasi : Memberikan contoh
tentang kerajaan hindu budha di indonesia
Kegiatan inti
a. guru menyampaikan kompeensi yang hendak dicapai
b. Membagi siswa dalam beberapa klompok
untuk mendiskusikan tentang
pengaruh hindu budha serta menyusun
kronologihs kerajaan hindu budha di
indonesia
c. setiap kelompok memperesentasikan
hasil diskusi kelompok lain menanggap
d. membuat kesimpulan
Penutup :
a. penilaian
b. Refleksi
c. tugas membuat peta
peninggalan kerajaan kerajaan hindu budha
Pertemuan Ketiga :
Kegiatan pendahuluan
Apersepsi : mengingatkan kembali
materi yang telah lalu
Motivasi : Memberikan contoh
tentang peninggalan kerajaan hindu budha
Kegiatan inti
a. guru menyampaikan kompeensi yang hendak dicapai
b. Membagi siswa dalam beberapa klompok
untuk mendiskusikan tentang
pengaruh hindu budha serta menyusun
kronologihs kerajaan hindu budha di
indonesia
c. setiap kelompok memperesentasikan
hasil diskusi kelompok lain menanggap
d. membuat kesimpulan
Penutup :
a. penilaian
b. Refleksi
c. tugas membuat peta
peninggalan kerajaan kerajaan hindu budha
E. MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN
1. Buku sejarah pegangan siswa
dan buku referensi.
2. Atlas sejarah.
3. Situs sejarah di daerahnya.
F. PENILAIAN
Indikator pencapaian
|
Teknik
|
bentuk
|
Instrumen
|
Mendeskripsikan masuk
dan berkembangnya agama hindu
Budha di indonesia
Menunjukan pada peta daearah daerah yang dipengaruhi
unsur
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 Sumberjaya Guru Mata Pelajaran IPS
S U T I A N,S.Pd BAMBANG
SUPRIYANTO NIP. 19650921 198701 1 002
Nip.19681201 199703 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar