Rabu, 03 Oktober 2012

RPP IPS KLS 7 SMT 2


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)



Nama Sekolah `                       : SMP Negeri Sumberjaya
Mata Pelajaran                       : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester                       : VII/2 (dua)
Standar Kompetensi                 : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali     
                                                             perkembangan    lingkungannya
Kompetensi Dasar                   : 4.2 Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan
                                                          objek geografi
Alokasi Waktu                            :  4 X 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat
1. membuat sketsa wilayah dan objek geografi;
2. mengindentifikasi objek objek geografi pada peta
3. melakukan ovservasi objek objek geografi di lapanagan
4. menghitung dan menentukan skala peta
5.mengindentifikasi simbol simbol geografi pada peta

B. Materi Pembelajaran

Sketsa dan Peta Wilayah
1. sketsa wilayah geografi
2. objek objek geografi pada peta
3. objek objek geografi di lapanagan
4. skala peta
5. identifikasi simbol simbol pada peta

C. Metode Pembelajaran

1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Simulasi
5. Inquiri
6. Observasi/pengamatan

D. Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Ke-1

a. Materi
1) membuat sketsa wilayah objek geograi
2) Mengindentifikasi objek objek geografi pada  peta
3) Melakukan ovservasi objek objek geografi dilapangan

b. Pendahuluan
    1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
    2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
         materi.
    3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru menanyakan tentang
         manfaat peta.

c. Kegiatan Inti

    1) Guru menyampaikan kompentensi yang hendak dicapai
    2) siswa dibagi dalam beberapa kelompok
    3) Setiap kelompok diberi tugas membuat sketsa  objek geografi
    4) Setiap kelompok keluar kelas untuk melakukan ovservasi objek objek geografi       
         dilapangan
    5) setiap kelompok membuat laporan hasil pengamatan
    6) Setiap kelompok memperesentasikan ke depan kelas hasil pengamatankelompok
        Lain menanggapi
    7) Setiap kelompok membuat kesimpulan akhir setelah ada penegasan dari guru


d. Penutup

   1) Guru membantu siswa membuat simpulan dari materi yang telah
        dijelaskan.
   2) Guru memberikan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi
        yang telah dijelaskan.
   3) Guru memberikan tugas individu yang berkaitan dengan materi.

2. Pertemuan Ke-2

a. Materi
    1) Skala peta
    2) identifikasi simbol simbol geografi pada peta
    3) arti simbol geografi pada peta

b. Pendahuluan

    1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
    2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
         materi.
    3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru meminta siswa untuk mencari
        peta provinsi tempat tinggalnya di dalam atlas. Kemudian, siswa
        diminta untuk membedakan simbol titik, garis, dan luasan.

c. Kegiatan Inti

    1) Guru menyampaikan kompentensi yang hendak dicapai
    2) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
    3) setiap kelompok diberi lembar kerja  yang berisi tugas tugas untuk didiskusikan
    4) Setiap kelompok melakukan identifikasi simbol simbol geografi pada peta
    5) setiap kelompok berdiskusi menghitung jarak dan luas wilayah yang ada dilembar tugas
    6) Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok
d. Penutup

    1) Guru membantu siswa membuat simpulan dari materi yang telah
         dijelaskan.
    2) Guru memberikan tugas individu yang berkaitan dengan materi.

E. Sumber Pembelajaran

1. Buku  IPS Terpadu 1 untuk Kelas VII SMP ,Drs.Anwar Kurnia,Yudhistira,hal 117-124
  
2. Peta dan atlas

F. Penilaian Hasil Pembelajaran

Indikator pencapaian
Teknik penilaian
Bentuk penilaian
instrumen
Membuat sketsa wilayah dan objek geografi

Menentukan skala peta


Menentukan simbol simbol
Unjuk kerja


Unjuk kerja


Unjuk kerja
Rubrik


Tes identifikasi

Tes identifikasi
Buatlah sketsa  tempat tinggalmu

Tentukan skala sketsa yang telah kamu buat

Tentukan simbol simbol objek yang ada dilingkungan tempat tinggalmu dan tempatkan pada sketsa yang telah kamu buat.





      Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru                                                                       Mata Pelajaran


S u t i a n,S.Pd                                                                           Bambang Supriyanto
NIP. 19650921 198901 1 002                                                    Nip. 19681201 199701 1 00

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)


Nama Sekolah           : SMP Negeri 2 Sumberjaya
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester         : VII/2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan
                                             lingkungannya
Kompetensi Dasar     : 4.3 Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
Alokasi Waktu             : 4 × 40 menit (2 × pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat
1. membaca peta tentang kondisi goegrafis suatu wilayah
2. menjelaskan keadaan penduduk suatu wilayah pada peta
3. menjelaskan kaitan anatara keadaan geografis dengan keadaan penduduk

B. Materi Pembelajaran

Kondisi Geografis dan Penduduk
1.mendeskripsikan kondisi geografis suatu wilayah pada peta
2.diskripsi kondisi penduduk suatu wilayah
3. Kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk

C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Simulasi
5. Inquiri
6. Observasi/pengamatan

D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1

 Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
    materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru mengajukan pertanyaan
     kepada siswa tentang hal-hal yang mendasari perbedaan kondisi
     geografis suatu daerah.

 Kegiatan Inti
1) guru menyampaikan kompentensi yang hendak dicapai
2) Siswa diminta untuk mengamati peta tentang kondisi geografis
     suatu wilayah.
3) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kondisi
      geografis wilayah tempat tinggal siswa.
4) Guru dan siswa mendiskusikan salah satu gambar yang berkaitan
    dengan adaptasi terhadap kondisi geografis.
d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat simpulan dari materi yang telah
     dijelaskan.
2) Guru memberikan tugas individu agar siswa mengidentifikasi
     kondisi geografis suatu daerah.

2. Pertemuan Ke-2

 Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk siap dalam menerima
    materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru mengajukan pertanyaan
     kepada siswa tentang letak geografis Indonesia.

 Kegiatan Inti
1) Guru meminta siswa mengambil peta dan mengamati letak geografis
     Indonesia.
2) siswa mendiskusikan keadaan penduduk suatu wilayah pada peta
3) Siswa diminta untuk mengamati tabel jumlah penduduk dunia termasuk
    Indonesia.
4) siswa mengganalisis kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk

d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat simpulan dari materi yang telah
    dijelaskan.
2) Guru memberikan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi
    yang telah dijelaskan.

E. Sumber Pembelajaran

1. Buku  IPS Terpadu 1 untuk Kelas VII SMP
      terbitan yudhistira, Drs.Anwar Kurnia, hal 124-135
2. Peta dan atlas

F. Penilaian Hasil Pembelajaran
Indikator ketercapaian
Teknik penilaian
Bentuk penilaian
instrumen
Mendiskripsikan kondisi geografis suatu wilayah pada peta

Mendiskripsikan kondisi geografis penduduk suatu wilayah

Menganalisis kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk
Tes tertulis


Tes unjuk kerja


penugasan
Tes uraian



Rubrik



Proyek
Perhatikan peta pulau sumatera jelaskan relief pulau sumatera bagian timur

Buatlah peta persebaran penduduk daerah tempat tinggalmu

Amatilah keadaan kepadatan penduduk pada kondisi geografis tertentu





Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                             Guru Mata Pelajaran



































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)



Nama Sekolah                          : SMP Negeri 2 Sumberjaya
Mata Pelajaran                       : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester                        : VII/2 (dua)
Standar Kompetensi                : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali
                                                        Perkembangan lingkungan
Kompetensi Dasar                      : 4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer
                                                             dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Indikator                                      : 1. Mendeskripsikan lapisan atmosfer
                                                        2. Mendeskripsikan cuaca dan iklim
                                                        3. Mendeskripsikan iklim di Indonesia
                                                        4. Mengidentifikasi alat-alat pengukur cuaca dan iklim
                                                        5. Mengidentifikasi berbagai informasi cuaca
                                                        6. Menjelaskan pengertian hidrosfer
                                                        7. Mengidentifikasi perairan darat dan perairan laut
                                                        8. Mengidentifikasi manfaat air bagi kehidupan
                                                        9. Mendeskripsikan pengertian ZEE
                                                      10. Mendeskripsikan pengertian pantai dan pesisir
                                                      11. Mendeskripsikan ekosistem pantai dan manfaatnya
                                                             bagi kehidupan
Alokasi Waktu                           : 8 × 40 menit (4 × pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat
1. mendeskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer;
2. mendeskripsikan cuaca dan iklim;
3. mengidentifikasi tipe hujan
4. menghitung suhu suatu darah berdasarkan ketinggian diatas  permukaan air laut
5. menganalisis proses terjadinya angin dan memberikan contohnya
6. mendeskripsikan siklus hidrologi dan bagian bagiannya
7. mengklasifikasikan bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya
8. mendiskrpsikan zona laut menurut letak dan kedalamnya
9. menafsirkan pengertian batas landas  kontinen laut teritorial dan zona ekonomi ekslusif
    (ZEE) serta menunjukan pada peta
10. mendeskripsikan ekosistem pantai dan manfaatnya bagi kehidupan.

B. Materi Pembelajaran
Atmosfer
1. sifat sifat fisik atmosfir
2. cuaca dan iklim
3. tipe hujan
4. suhu disuatu daearah berdasarkan ketinggian
5. proses terjadinya angin dan memberikan contoh
6.siklus hidrologi dan bagian bagiannya
7.bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya
8.zona laut menurut letakdan kedalamnnya
9.pengertian batas landas kontinen  laut teritorial dan zona ekonomi ekslusif
10,Mendiskripsikan ekosistem pantai dan manfaatnya

C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Simulasi
5. Inquiri
6. Observasi/pengamatan

D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1

 Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
     materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru mengajukan pertanyaan
tentang lapisan atmosfer.

 Kegiatan Inti
1) Siswa diberi tugas untuk mengamati keadaan udara di luar kelas
2) siswa masuk kedalam kelas untuk membaca buku literature
3) siswa diberi tugas untuk menyimpulkan hasil pengamatan tentang sifat fisik udara
    Dan unsur unsur cuaca dan iklim
4) Siswa secara bergantian maju untuk menjelaskan hasil pengamatan

 Penutup
1) Guru membantu siswa membuat simpulan dari materi yang telah
    dijelaskan.
2) Guru memberikan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi
     yang telah dijelaskan.
2. Pertemuan Ke-2

 Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
     materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru mengajukan pertanyaan
     tentang iklim yang ada di Indonesia.
c. Kegiatan Inti
1) Guru menyampaikan kompentensi yang hendak dicapai
2) siswa dibagi dalam 5 kelompok
    
3) siswa diberi tugas untuk mengamai  dan kemudian menjelaskan tipe tipe hujan sesuai    
     Gambar
4) secara bergantian siswa maju menjelaskan hasil diskusi tentang tipe tpe hujan  dari hasil
     Pengamatan gambar
5) kelompok lain menangapi prestesi kelompok yang manyampaikan laporan
6) siswa diberi tugas untuk menghitung suhu suatu daearah berdasarkan ketinggian dari
     Atas permukaan laut
7) siswa secara bergantian  menjawab dan menulis dipapan tulis
8) siswa lain memberi tanggapan

d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat simpulan dari materi yang telah
     dijelaskan.
2) Guru memberikan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi
     yang telah dijelaskan.

3. Pertemuan Ke-3

 Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
     materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru mengajukan pertanyaan
     tentang pengertian hidrosfer kepada siswa.
c. Kegiatan Inti
1) Guru menyampaikan kompentensi yang hendak dicapai
2) Guru memebagi siswa dalam beberapa kelompok
3) Siswa diberi gambar tentang proses terjadinya angin
4) siswa secara berkeompok diberi tugas untuk menjelaskan proses terjadinya angin bedasar
     kan gambar
5) secara bergantian kelompok lain menanggapi
6) siswa diberi gambar siklus hidrologi secara berkelompok
7) siswa mendiskuskan gambar silus hidrologi secara kelompok
8) secara bergantian kelompok mempresentasikan hasil diskusi

d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat simpulan dari materi yang telah
    dijelaskan.
2) Guru memberikan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi
     yang telah dijelaskan.

4. Pertemuan Ke-4

 Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
     materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru meminta siswa untuk
     menyebutkan beberapa manfaat air bagi kehidupan manusia.

c. Kegiatan Inti
1) Guru menyampaikan kompentensi yang hendak dicapai
2) Siswa dibagi dalam 5 kelompok
3) tiap kelompok diberi materi yang berbeda sesuai dengan urutan kelomoknya
·         Mengamati gambar bentuk tubuh air
·         Mengamati gambar zona laut berdasarkan kedalamnya
·         Mengamati peta tentang laut territorial
·         Mengamati peta tentang zona ekonomi eksklusif (ZEE)
·         Mengamati ekosistim pantai dan poemanfaatannya bagi kehidupan
4) Siswa diminta untuk menyampaikan hasil pengamatannya
5) kelompok lain menanggapinya

d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat simpulan dari materi yang telah
     dijelaskan.
2) Guru memberikan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi
     yang telah dijelaskan.

E. Sumber Pembelajaran
1. Buku  IPS Terpadu 1 untuk Kelas VII SMP
      terbitan
2. Peta dan atlas
3.gambar siklus dhidrologi
4)gambar zona laut
5)gambar tipe hujan

F. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
     a. Tes tertulis
     b. Tes lisan
     c. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
     a. Tes Pilihan Ganda
         1) Suatu gaya yang timbul oleh adanya berat dari lapisan udara disebut
               ....
              a. tekanan udara
              b. kelembapan udara
              c. iklim
              d. suhu udara
         2) Angin yang bertiup dari laut ke darat disebut ....
             a. angin darat
             b. angin laut
           c. angin gunung
           d. angin jatuh
      3) Angin yang arahnya berganti tiap setengah tahun disebut ....
          a. angin pasat
          b. angin barat
          c. angin antipasat
          d. angin muson
     4) Laut yang terjadi karena pengaruh tenaga edogen disebut ....
          a. laut transgresi
          b. laut ingresi
          c. laut dalam
          d. laut regresi
     5) Daratan yang langsung berbatasan dengan laut disebut ....
          a. pesisir
          b. pantai
          c. tebing
          d. lereng
b. Tes Uraian

     1) Gambarkan lapisan-lapisan atmosfer? Kemudian, terangkan manfaat
          atmosfer dalam kehidupan sehari-hari.
      2) Gambarlah pembagian iklim matahari! Di manakah posisi Indonesia
           dalam gambar tersebut?
      3) Di manakah kita dapat memperoleh informasi cuaca? Apa fungsi
           informasi cuaca tersebut?
      4) Mengapa di bumi terjadi siklus air?
      5) Apakah manfaat wilayah laut dalam kehidupan sehari-hari?

c. Penugasan

     1) Buatlah kliping dari media massa (koran, majalah, buletin) mengenai
          kebakaran hutan yang disebabkan oleh pemanasan global
          dan akibat kecerobohan manusia! Cantumkan gambar dan artikelnya!
          Berikan komentar terhadap fenomena tersebut!
     2) Klipinglah gambar-gambar potensi wilayah lautan. Berilah nama
          penambangannya, tempat penambangan itu berada, dan manfaat
          penambangan tersebut dalam kehidupan sehari-hari!



          Mengetahui,
Kepala SMP                                                                                 Guru Mata Pelajaran




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)



Nama Sekolah                                : SMP Negeri 2 Sumberjaya
Mata Pelajaran                              : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester                             : VII/2 (dua)
Standar Kompetensi                     : 5. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa
                                                                 Hindu–Buddha sampai masa kolonial Eropa
Kompetensi Dasar                         : 5.3 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat,   
                                                                   Kebudayaan,dan pemerintahan pada masa kolonial
Indikator                                         : 1. Menjelaskan posisi Indonesia dalam jalur perdagangan
                                                                dan pelayaran Asia-Eropa
                                                            2. Mendeskripsikan kedatangan bangsa Barat dan per-
                                                                 ubahan jalur perdaganagan
                                                            3. Mendeskripsikan perkembangan kolonialisme Barat
                                                                dan beberapa perubahan di Indonesia
Alokasi Waktu                               : 6 × 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat
1. menguraikan proses masuknya bangsa bangsa eropa ke indonesia
2  Mengindentifikasi cara cara yang dilakukan  bangsa eropa untuk mencapai tujuannya
3. mengindentifikasi reaksi bangsa indonesia terhadap bangsa eropa
4. mendeskripsikan perkembangan kehidupan masyarakat, kebudayaan,dan pemenrintah
     Pada masa kolonial eropa

B. Materi Pembelajaran

Perkembangan Masyarakat, Kebudayaan, dan Politik Masa Kolonial Eropa
1. proses masuknya bangsa bangsa eropa ke indonesia
2.mengindentifikasi cara cara yang dilakukan bangsa eropa untuk mencapai tujuannya
3. mengindentifikasi reaksi bangsa indonesia terhadap bangsa eropa
4. perkembangan kehidupan msyarakat,kebudayaan dan pemerintahan pada masa kolonial
    eropa

C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Simulasi
5. Inquiri
6. Observasi/pengamatan

D. Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Ke-1


 Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
     materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat):
c. Kegiatan Inti
1) guru menyampaiakan kompetensi yang hendak dicapai
2) Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok
3) setiap kelompok diberi tugas mengamati peta jalur perdagangan
·         Mendiskripsikan penyebab latar belakang kedatangan bangsa eropa ke indonesia
·         Mendiskripsikan cara cara yang digunakan bangsa eropa untuk mencapai tujuannya
4) Setiap kelompok meyampaikan laporannya
5) kelompok lain menanggapinya

d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat simpulan dari materi yang telah
     dijelaskan.
2) Guru memberikan tugas

2. Pertemuan Ke-2

b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
     materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru mengajukan pertanyaan
     kepada siswa tentang alasan bangsa Barat melakukan pelayaran
     ke Indonesia.
c. Kegiatan Inti
1) Guru menyampaikan kompetensi yang hendak dicapai
2) Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
3) Siswa mendiskusikan reaksi bangsa indonesia terhadap bangsa eropa
4) kelompok Siswa diminta untuk menyampaikan laporannya
5) kelompok yang lain menagapinya
d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat simpulan dari materi yang telah
     dijelaskan.
2) Guru memberikan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi
     yang telah dijelaskan.

Pertemuan 3

PENDAHULUAN
Appersepsi :
Motivasi     :

KEGIATAN INTI

1.      Guru menyampaikan kompentensi yang hendak dicapai
2.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
3.       Setiap kelompok diberi tugas tentang Perkembangan kehidupan masyarakat,kebudayaan dan pemerintahan pada masa kolonial  eropa
4.      Setiap kelompok melaporkan hasil diskusinya
5.      Kelompok lain menaggapinya

PENUTUP
1.      penguatan dan kesimpulan
2.      refleksi
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku
2. Atlas sejarah

F. Penilaian Hasil Pembelajaran





























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)




Nama Sekolah                  : SMP Negeri 2 Sumberjaya
Mata Pelajaran                : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester               : VII/2 (dua)
Standar Kompetensi       : 6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar           : 6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk,
                                                     penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan
                                                     kondisi fisik permukaan bumi
Indikator                           : 1. Menjelaskan pengertian lahan
                                              2. Mendeskripsikan bentuk penggunaan lahan di pedesaan
                                                  dan perkotaan
                                              3. Mendeskripsikan pola permukiman penduduk
                                              4. Mendeskripsikan kegiatan ekonomi penduduk
Alokasi Waktu                  : 4 × 40 menit (2 × pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat
1. menjelaskan pengertian lahan;
2. mendeskripsikan bentuk penggunaan lahan di pedesaan dan perkotaan;
3. mendeskripsikan pola permukiman penduduk;
4. mendeskripsikan kegiatan ekonomi penduduk.

B. Materi Pembelajaran
Pola Penggunaan Lahan dan Kegiatan Ekonomi Masyarakat
1. Pengertian Lahan
2. Bentuk Penggunaan Lahan
3. Pola Permukiman Penduduk
4. Kegiatan Ekonomi Penduduk

C. Metode Pembelajaran

1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Simulasi
5. Inquiri
6. Observasi/pengamatan

D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1
a. Materi
1) Pengertian Lahan
2) Bentuk Penggunaan Lahan

b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
     materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru mengajukan pertanyaan
     kepada siswa tentang pengertian lahan.

c. Kegiatan Inti
1) Guru memandu siswa untuk mengamati gambar kerusakan lingkungan
     karena ulah manusia.
2) Guru menjelaskan bentuk penggunaan lahan oleh masyarakat.
3) Siswa diminta untuk mengamati penggunaan lahan di daerah pedesaan.
4) Siswa diminta menunjukkan contoh penggunaan lahan di daerah
     pantai dan perkotaan.
d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat simpulan dari materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tugas individu yang berkaitan dengan materi
yang telah dijelaskan.
2. Pertemuan Ke-2
a. Materi
1) Pola Permukiman Penduduk
2) Kegiatan Ekonomi Penduduk
b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
     materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru mengajukan pertanyaan
     kepada siswa tentang hal-hal yang membedakan pola permukiman
     di desa dan di kota.
c. Kegiatan Inti
1) Guru memandu siswa untuk mengamati macam-macam gambar
      pola permukiman penduduk.
2) Siswa diminta untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk pola permukiman
     penduduk.
3) Siswa diminta menunjukkan contoh kegiatan ekonomi penduduk
    di daerahnya.
4) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kegiatan
     ekonomi penduduk di Indonesia.
d. Penutup
1) Guru membantu siswa membuat simpulan dari materi yang telah
     dijelaskan.
2) Guru memberikan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi
     yang telah dijelaskan.
3) Guru memberikan tugas individu yang berkaitan dengan materi.
E. Sumber Pembelajaran

1. Buku Platinum Pembelajaran IPS Terpadu 1 untuk Kelas VII SMP dan
    MTs terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
2. Peta dan atlas

F. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
     a. Tes tertulis
     b. Tes lisan
     c. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
     a. Tes Pilihan Ganda
         1) Sawah yang pengairannya bergantung pada hujan disebut ....
              a. sawah lebak
              b. sawah pasang surut
              c. sawah tadah hujan
              d. sawah irigasi
         2) Perkebunan yang hasil produksinya untuk diekspor disebut ....
              a. perkebunan rakyat
              b. perkebunan besar
              c. perkebunan negara
              d. perkebunan pemerintah
         3) Hutan yang terdapat di daerah yang relatif datar dengan ketinggian
              0–600 meter dari muka laut disebut ....
              a. hutan payau
              b. hutan rawa
              c. hutan dataran rendah
              d. hutan pegunungan
         4) Penangkapan ikan dengan bahan peledak dilarang oleh pemerintah
              karena ....
              a. merusak terumbu karang
              b. hasil tangkapan ikan beracun
              c. daerah tangkapan ikan makin berbahaya
              d. pencemaran air laut
         5) Hutan yang berfungsi sebagai pelindung hewan dan tumbuhan
              dari kepunahan disebut ....
               a. hutan rekreasi
               b. hutan lindung
               c. hutan produksi
               d. hutan suaka alam
       b. Tes Uraian
           1) Jelaskan perbedaan antara perkebunan besar dan perkebunan
                rakyat!
           2) Sebutkan barang-barang tambang yang ada di Indonesia!
           3) Sebutkan fungsi hutan secara ekonomi!
           4) Jelaskan tujuan pendirian industri di suatu tempat!
      5) Sebutkan rencanamu ke depan dalam rangka membantu memperbaiki
           Kerusak  an alam!
   c. Penugasan
        Ambillah artikel di salah satu media massa yang menjelaskan tentang
         kerusakan lahan akibat ulah manusia. Buatlah simpulan dari artikel
         tersebut, kemudian diskusikan dengan kelompok belajarmu cara mengatasi
         kerusakan-kerusakan itu!





Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                  Guru Mata Pelajaran




(________________)                                                                           (________________)
NIP. ..........................                                                                          NIP. ..........................



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Nama Sekolah              : SMP Negeri 2 Sumberjaya
Mata Pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : VII/2 (dua)
Standar Kompetensi    : 6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar        : 6.2 Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang
                                                  meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi
                                                  barang/jasa
Indikator                         : 1. Mendeskripsikan pengertian dan macam-macam kegiatan
                                                ekonomi
                                           2. Mengidentifikasi hubungan antara konsumsi, produksi,
                                                dan distribusi
                                           3. Mendeskripsikan kegiatan produksi barang dan jasa
                                           4. Mendeskripsikan kegiatan konsumsi barang dan jasa
                                           5. Mendeskripsikan kegiatan distribusi barang dan jasa
 Alokasi Waktu              : 4 × 40 menit (2 × pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat
1. mendefinisikan pengertian dan macam-macam kegiatan ekonomi;
2. mengidentifikasi hubungan antara konsumsi, produksi, dan distribusi;
3. mendeskripsikan kegiatan produksi barang dan jasa;
4. mendeskripsikan kegiatan konsumsi barang dan jasa;
5. mendeskripsikan kegiatan distribusi barang dan jasa.

B. Materi Pembelajaran
Kegiatan Pokok Ekonomi
1. Pengertian Kegiatan Ekonomi
2. Hubungan antara Konsumsi, Produksi, dan Distribusi
3. Produksi
4. Konsumsi
5. Distribusi
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Simulasi
5. Inquiri
6. Observasi/pengamatan

D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1
a. Materi
1) Pengertian Kegiatan Ekonomi
2) Hubungan antara Konsumsi, Produksi, dan Distribusi
b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
     materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru mengajukan pertanyaan
     kepada siswa tentang pengertian kegiatan ekonomi.

c. Kegiatan Inti
1) Guru menunjukkan gambar mengenai kegiatan pokok ekonomi.
2) Siswa diminta mengamati kegiatan ekonomi masyarakat di lingkungan
     sekitar tempat tinggalnya.
3) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai hubungan
     antara kegiatan konsumsi, distribusi, dan produksi.
d. Penutup
1) Siswa diminta membuat rangkuman mengenai materi yang telah
    dijelaskan.
2) Guru memberikan tugas individu kepada siswa untuk mengidentifikasi
     kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh anggota keluarga
     siswa.
2. Pertemuan Ke-2
a. Materi
1) Produksi
2) Konsumsi
3) Distribusi
b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
     materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru mengajukan pertanyaan
     kepada siswa tentang pengertian kegiatan konsumsi, distribusi,
     dan produksi.

c. Kegiatan Inti
1) Siswa diminta untuk mengamati kegiatan produksi yang ada di
     lingkungan sekitar.
2) Siswa diminta untuk mengkaji pentingnya kegiatan produksi bagi
    masyarakat.
3) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kegiatan
     konsumsi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
4) Siswa diminta untuk menunjukkan contoh kegiatan konsumsi.
5) Siswa diminta untuk mengamati gambar yang berkaitan dengan
     kegiatan distribusi.
6) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai saluran distribusi.

d. Penutup
1) Siswa diminta membuat rangkuman mengenai materi yang telah
    dijelaskan.
2) Guru memberikan tugas yang berhubungan dengan materi yang
     telah dijelaskan.

E. Sumber Pembelajaran

1. Buku Platinum Pembelajaran IPS Terpadu 1 untuk Kelas VII SMP dan
     MTs terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
2. Gambar-gambar kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa

F. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
     a. Tes tertulis
     b. Tes lisan
     c. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
     a. Tes Pilihan Ganda
          1) Setiap kegiatan yang bertujuan untuk menghabiskan atau menurunkan
               kegunaan suatu barang atau jasa dinamakan kegiatan ....
               a. produksi
               b. konsumsi
               c. distribusi
               d. perdagangan
           2) Kegiatan berikut ini yang bukan termasuk kegiatan distribusi,
                yaitu ....
                 a. penjualan hasil pertanian di pasar
                 b. pendirian bengkel untuk reparasi
                 c. penjualan barang secara kredit oleh KPN
                 d. penyaluran pupuk oleh KUD
             3) Setiap kegiatan yang dilaksanakan untuk menciptakan atau menambah
                  nilai guna suatu barang atau jasa dinamakan ....
                  a. kegiatan produksi
                  b. kegiatan konsumsi
                  c. kegiatan distribusi
                  d. kegiatan perdagangan
             4) Hubungan antara kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi
                   adalah ....
                   a. kerja sama
                   b. timbal balik
                   c. berlawanan
                   d. searah
              5) Hubungan antara pendapatan dan konsumsi adalah ....
                   a. positif
                   b. negatif
                   c. horizontal
               d. vertikal
        b. Tes Uraian
            1) Mengapa manusia harus melakukan produksi?
            2) Mengapa manusia harus melakukan konsumsi?
            3) Mengapa manusia harus melakukan distribusi?
            4) Berilah contoh kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat
                 di sekitar tempat tinggal kalian!
            5) Gambarkan dan berilah penjelasan tentang mata rantai kegiatan
                 ekonomi!
         c. Penugasan
              Bersama kelompokmu, amatilah satu perusahaan yang melakukan kegiatan
               produksi. Carilah data berikut.
               1) Siapa saja yang bertindak sebagai distributor?
               2) Siapa yang bertindak sebagai konsumen produk tersebut?
               3) Bagaimana cara menyalurkan barang dari produsen sampai ke
                     tangan konsumen?
              Tugas didiskusikan dan dikumpulkan kepada guru.






Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                         Guru Mata Pelajaran




(________________)                                                                            (________________)
NIP. ..........................                                                                             NIP. ..........................

















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)



Nama Sekolah             : SMP Negeri 2 Sumberjaya
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester           : VII/2 (dua)
Standar Kompetensi   : 6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar       : 6.3 Mendeskripsikan peran badan usaha termasuk koperasi,
                                                sebagai tempat berlangsungnya proses produksi
                                                dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
Indikator                       : 1. Menjelaskan perbedaan badan usaha dengan perusahaan
                                          2. Mendeskripsikan jenis-jenis perusahaan menurut lapangan
                                               usaha
                                          3. Mendeskripsikan jenis badan usaha
Alokasi Waktu             : 4 × 40 menit (2 × pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat
1. menjelaskan perbedaan badan usaha dengan perusahaan;
2. mendeskripsikan jenis-jenis perusahaan menurut lapangan usaha;
3. mendeskripsikan jenis badan usaha.

B. Materi Pembelajaran
Perusahaan dan Badan Usaha
1. Perbedaan Badan Usaha dengan Perusahaan
2. Jenis Perusahaan menurut Lapangan Usaha
3. Jenis Badan Usaha

C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Inquiri

D. Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Ke-1
a. Materi
1) Perbedaan Badan Usaha dengan Perusahaan
2) Jenis Perusahaan menurut Lapangan Usaha

b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
     materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru mengajukan pertanyaan
     kepada siswa tentang kegiatan usaha yang ada di sekitar tempat
     tinggal siswa.
c. Kegiatan Inti
1) Siswa diminta untuk menyebutkan kegiatan usaha di daerah sekitar
     tempat tinggalnya.
2) Guru menjelaskan perbedaan antara perusahaan dan badan usaha.
3) Siswa diminta untuk menunjukkan contoh perusahaan dan badan
     usaha.
4) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai jenis-jenis
     perusahaan menurut lapangan usahanya.
d. Penutup
1) Siswa diminta membuat rangkuman mengenai materi yang telah
    dijelaskan.
2) Guru memberikan tugas kepada siswa secara kelompok untuk mengidentifikasi
     contoh perusahaan dan badan usaha di daerahnya.

2. Pertemuan Ke-2

a. Materi
Jenis Badan Usaha
b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
     materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru mengajukan pertanyaan
      kepada siswa tentang macam-macam badan usaha menurut kepemilikannya.
c. Kegiatan Inti

1) Guru menunjukkan gedung yang merupakan kantor BUMN.
2) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai BUMN.
3) Siswa diminta untuk menunjukkan contoh BUMN di daerahnya.
4) Siswa diminta untuk mengamati dan menunjukkan contoh BUMS
    yang ada di daerahnya.
5) Siswa diminta untuk mengkaji referensi mengenai bentuk-bentuk
     BUMS.

d. Penutup
1) Siswa diminta membuat rangkuman mengenai materi yang telah
     dijelaskan.
2) Guru memberikan tes/pertanyaan yang berhubungan dengan materi
     yang telah dijelaskan.

E. Sumber Pembelajaran
1. Buku Platinum Pembelajaran IPS Terpadu 1 untuk Kelas VII SMP dan
    MTs terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
2. Gambar-gambar koperasi, kantin sekolah, pasar, BUMN/BUMS
F. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
     a. Tes tertulis
     b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
    a. Tes Pilihan Ganda
        1) Di bawah ini yang merupakan wujud perusahaan adalah ....
             a. perhotelan
             b. panti asuhan
             c. yayasan
             d. LSM
        2) Orang yang mendirikan perusahaan memiliki tujuan untuk ....
             a. memperoleh laba
             b. menyediakan barang
             c. melaksanakan kegiatan
             d. mencari aktivitas
         3) Gas merupakan hasil produksi ....
              a. perusahaan ekstraktif
              b. perusahaan agraris
              c. perusahaan jasa
              d. perusahaan perdagangan
         4) Mengolah bahan mentah menjadi barang jadi merupakan proses
              di ....
              a. perusahaan jasa
              b. perusahaan perdagangan
              c. perusahaan industri
              d. perusahaan agraris
         5) Objek wisata merupakan usaha pemerintah daerah di bidang ....
              a. jasa
              b. perdagangan
              c. pertanian
              d. agraris
b. Tes Uraian
      1) Sebutkan contoh badan usaha yang dimiliki negara!
      2) Meng  apa negara harus memiliki badan usaha?
      3) Bagaimana cara PT mengumpulkan modal?
      4) Sebutkan bentuk yang paling sederhana dari badan usaha yang
          dimiliki swasta!
      5) Jelaskan bentuk perusahaan ekstraktif dan berikan contoh!
c. Penugasan
     Daftarlah Badan Usaha Milik Negara yang ada di kota kalian! Kelompokkan
     menurut jenisnya dan berilah alasannya! Diskusikan dengan
     anggota kelompok! Kumpulkan hasil pekerjaan kalian kepada guru!




          Mengetahui,
Kepala SMP N                                                            Guru Mata Pelajaran




(________________)                                                       (________________)
NIP. ..........................                                                       NIP. ..........................







































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)



Nama Sekolah           : SMP Negeri 2 Sumberjaya
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester         : VII/2 (dua)
Standar Kompetensi : 6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar     : 6.4 Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi
                                               untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan
Indikator                      : 1. Mendefinisikan pengertian kreatif dan menunjukkan
                                             hasil gagasan kreatif
                                         2. Menunjukkan kemampuan untuk kemandirian
Alokasi Waktu            : 4 × 40 menit (2 × pertemuan)


A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dapat
1. menjelaskan pengertian kreatif;
2. menunjukkan hasil gagasan kreatif;
3. menjelaskan pengertian mandiri;
4. mengidentifikasi ciri-ciri kemandirian.

B. Materi Pembelajaran
Kreativitas dalam Kehidupan Ekonomi
1. Pengertian Kreatif
2. Pengertian Mandiri

C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah bervariasi
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Simulasi
5. Inquiri
6. Observasi/pengamatan

D. Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Ke-1
a. Materi
Pengertian Kreatif

b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
     materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru mengajukan pertanyaan
     kepada siswa tentang pengertian kreatif dalam tindakan ekonomi.
c. Kegiatan Inti
1) Siswa diminta untuk mengamati beberapa kegiatan kreatif di lingkungan
     sekitar dan media massa.
2) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang kegiatan kreatif
    dalam tindakan ekonomi.
3) Siswa diminta untuk mengidentifikasi ciri-ciri seseorang yang
     mempunyai sikap kreatif.
4) Siswa diminta untuk menunjukkan contoh tindakan yang mencerminkan
    sikap kreatif.

d. Penutup
1) Siswa diminta membuat rangkuman mengenai materi yang telah
     dijelaskan.
2) Guru memberikan tugas yang berhubungan dengan materi yang
     telah dijelaskan.

2. Pertemuan Ke-2
a. Materi
Pengertian Mandiri
b. Pendahuluan
1) Guru memeriksa kehadiran siswa.
2) Guru memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam menerima
     materi.
3) Apersepsi (pengetahuan prasyarat): guru mengajukan pertanyaan kepada
     siswa tentang pengertian mandiri dalam tindakan ekonomi.
c. Kegiatan Inti
1) Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang kemandirian
    dalam tindakan ekonomi.
2) Siswa diminta untuk mengidentifikasi ciri-ciri seseorang yang
     mempunyai kemandirian.
3) Siswa diminta untuk menunjukkan contoh tindakan yang mencerminkan
     sikap kemandirian.

d. Penutup
1) Siswa diminta membuat rangkuman mengenai materi yang telah
dijelaskan.
2) Guru memberikan tugas yang berhubungan dengan materi yang
telah dijelaskan.

E. Sumber Pembelajaran

Buku Platinum Pembelajaran IPS Terpadu 1 untuk Kelas VII SMP dan MTs
terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

F. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian
     a. Tes tertulis
     b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
     a. Tes Pilihan Ganda
         1) Yang dimaksud dengan kreatif adalah ....
              a. selalu bekerja keras tanpa istirahat
              b. selalu berusaha memenuhi kebutuhan hidup
              c. berpikir dan melakukan sesuatu dengan cara yang baru
              d. tindakan menghasilkan barang dan jasa
          2) Dampak dari tindakan kreatif bagi kehidupan seseorang adalah ....
               a. menjadi senang karena dipuji banyak orang
               b. mendapat banyak uang
               c. hidupnya selalu senang dan bahagia
               d. pendapatannya naik sehingga kemakmuran hidup tercapai
          3) Kunci sukses yang paling mendasar adalah ....
              a. modal banyak
              b. kreativitas yang tinggi dan keuletan dalam berusaha
              c. pendidikan tinggi
              d. adanya dukungan dari pejabat
          4) Seseorang dapat dikatakan sukses dalam hidupnya apabila ....
               a. kebutuhan keuangan serta kebutuhan rohaninya dapat terpenuhi
                   secara seimbang
               b. harta melimpah dan mempunyai banyak perusahaan
               c. mempunyai jabatan tinggi dan disegani banyak orang
               d. memiliki banyak sumber penghasilan
          5) Kreativitas dapat dilatih sejak ....
               a. mulai remaja
               b. masih kecil
               c. mulai dewasa
               d. mulai mempunyai penghasilan
b. Tes Uraian
     1) Jelaskan yang dimaksud dengan gagasan kreatif! Berikan sekurangnya
          3 contoh produk-produk perusahaan di sekitar kalian yang
           merupakan hasil gagasan kreatif!
     2) Mengapa kreativitas merupakan kunci kesuksesan dalam berwirausaha?
     3) Menurut kalian, bagaimana cara melatih kreativitas dalam kehidupan
          ekonomi?
     4) Berilah sekurangnya 2 contoh kisah hidup sukses orang di sekitar
          kalian yang mencerminkan sikap kreatif!
     5) Jelaskan yang dimaksud dengan hidup mandiri! Mengapa kalian
          harus berusaha mandiri?






Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran



(________________)                                                              (________________)
NIP. ..........................                                                               NIP. .  






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SMP/MTs
:
SMP Negeri 2 Sumberjaya
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
:
VII / 2
Alokasi Waktu
:
8 Jam pelajaran (4 x pertemuan)

A.   Standar Kompetensi
4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya.
B.   Kompetensi Dasar
4.1  Menggunakan peta, atlas,dan globe, untuk mendapat-kan informasi keruangan.
C.   Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
1.    Mengidentifikasi perbedaan antara peta, atlas, dan Globe.
2.    Mengidentifikasi jenis-jenis peta.
3.    Mengidentifikasi bentuk-bentuk peta.
4.    Mengidentifikasi pemanfaatan peta.
Pertemuan 2
5.    Menentukan letak suatu tempat menggunakan garis lintang dan bujur.
6.    Memperagakan gerak rotasi bumi menggunakan globe.
7.    Mempergunakan indeks untuk mencari letak suatu tempat di atlas.
Pertemuan 3
8.    Mengartikan berbagai skala.
Pertemuan 4
9.    Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat.

D.   Materi Pembelajaran
1.    Pengertian peta, atlas, dan globe.
2.    Jenis peta :
Peta umum
Peta tematik (khusus)
3.    Bentuk peta:
Peta datar
Peta timbul
4.    Menentukan letak suatu tempat menggunakan garis lintang dan bujur.
5.    Memperagakan gerak rotasi bumi menggunakan globe.
6.    Penggunaan indeks dan daftar isi pada atlas.
7.    Skala peta:
Skala angka
Skala garis
8.    Memperbesar dan memperkecil peta.

E.    Metode  Pembelajaran
1.    Diskusi                              
2.    Inquiri                                   
3.    Tanya jawab
4.    Simulasi
5.    Observasi / Pengamatan

F.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran      
1.    Pertemuan 1
a.   Pendahuluan
-          Apersepsi : Tulislah rute perjalananmu dari rumah ke sekolah !
-          Motivasi   :
-          Peserta didik diminta untuk saling bertukar tulisan tentang rute perjalanan tersebut dengan temannya, kemudian ditanya “Mudah atau sukarkah kamu menemukan rumah temanmu dengan uraian rute perjalanan tersebut ?”
-          Alat bantu apakah yang dapat memudahkan untuk menemukan rumah temanmu tersebut ?
-          Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.

b.    Kegiatan inti
-          Peserta didik dibagi dalam empat kelompok.
-          Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati peta, atlas, dan globe:
-          Kelompok 1 : Perbedaan peta, atlas, dan globe
-          Kelompok 2 : Perbedaan unsur-unsur peta dan atlas.
-          Kelompok 3 : Simbol-simbol pada peta dan contoh-contohnya.
-          Kelompok 4 : Jenis-jenis peta beserta contoh-contohnya
-          Setiap kelompok membuat laporan hasil pengamatan.
-          Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil pengamatannya dan kelompok lain memberikan tanggapan.
-          Guru memberikan penguatan tentang materi yang telah didiskusikan.

c.    Penutup
-          Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran
-          Penilaian
-          Refleksi :  Peserta didik mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari peta, atlas, dan globe.
-          Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan berikutnya mempelajari letak geografis, pemanfaatan atlas, dan globe.
2.    Pertemuan 2
a.  Pendahuluan
-          Apersepsi  :   Jelaskan perbedaan peta, atlas, dan globe.
-          Motivasi    :   Cerita tentang pentingnya peta, atlas, dan globe sebagai sumber informasi geografi.
-          Guru menginformasikan tujuan pembelajaran pada.
b.  Kegiatan inti
-          Peserta didik dibagi dalam enam kelompok. Setiap kelompok diberikan atlas yang dilengkapi dengan indeks dan globe.
-          Setiap kelompok diberi 4 nama kota atau obyek geografis lain.
-          Kelompok 1 : Ampenan, Santa Fe, Tarutung, Tenggarong
-          Kelompok 2 : Sanggau, Mamuju, Masohi, Port Said
-          Kelompok 3 : Muaraenim, Lumajang, Atambua, Bukarest
-          Kelompok 4 : Trenggalek, Luwuk, Tripoli, Bengkalis
-          Kelompok 5 : Sungailiat, Dompu, Kuching, Tual
-          Kelompok 6 : Timika, Parepare, Pangkalanbun, Warsawa.
-          Setiap kelompok ditugaskan untuk :
-          Mencari beberapa peta di dalam atlas
-          Mencari obyek tersebut di dalam atlas
-          Menentukan  letak astronomis
-          Mendemonstrasikan gerak rotasi bumi menggunakan globe.
-          Setiap kelompok ditugaskan untuk membuat laporan dan mempresentasikan langkah-langkah kerja mereka dalam menemukan obyek geografis di atlas dan menentukan letak astronomis obyek tersebut.
-          Setiap kelompok mendemonstrasikan didepan kelas gerak rotasi bumi menggunakan globe.
-          Guru mengajak Peserta didik membandingkan langkah kerja kelompok mana yang paling baik.
-          Guru memberikan konfirmasi  dan penguatan.
c.  Penutup
-          Guru dan Peserta didik membuat kesimpulan.
-          Penilaian
-          Refleksi :  Peserta didik menyimpulkan pemanfaatan peta, atlas, dan globe.
-          Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan berikutnya mempelajari skala.
3.    Pertemuan 3
a.  Pendahuluan
-          Apersepsi  : Sebutkan unsur peta yang berkaitan berkaitan dengan jarak
-          Motivasi    : Peserta didik diajak keluar kelas untuk mengukur panjang dan lebar halaman sekolah, kemudian ditanyakan “Dapatkah halaman tersebut digambarkan pada kertas sesuai dengan ukuran yang sebenarnya ?”
-          Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.
b.  Kegiatan inti
-          Tanya jawab tentang arti skala peta.
-          Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok.
-          Setiap kelompok diberi tugas:
-          Mengamati skala peta yang ada di dalam atlas.
-          Menentukan judul dan besar skala
-          Menentukan dua titik yang ada dalam peta dan mengukur jaraknya.
-          Menghitung jarak sebenarnya dari dua titik yang telah ditentukan.
-          Berdiskusi langkah-langkah untuk mengkonversi skala garis ke jenis skala angka dan sebaliknya.
-          Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas dan kelompok lain menanggapi.
-          Guru memberi konfirmasi dan penguatan.

c.  Penutup
-    Guru bersama Peserta didik membuat kesimpulan.
-    Penilaian
-    Refleksi  :  Peserta didik membuat kesimpulan tentang manfaat skala peta.
-    Menugaskan Peserta didik untuk membawa alat dan bahan untuk memperbesar dan memperkecil peta pertemuan berikutnya.

4.    Pertemuan 4
a.   Pendahuluan
-          Apersepsi  :  Jelaskan manfaat skala pada peta !
-          Motivasi    :  Mengamati suatu peta. Dapatkah peta tersebut diperbesar atau diperkecil.
-          Guru menginformasikan tujuan pembelajaran.
b.   Kegiatan inti
-          Tanya jawab tentang cara memperbesar atau memperkecil peta.
-          Tanya jawab tentang bahan dan alat yang digunakan dalam memperbesar atau memperkecil peta dengan menggunakan garis-garis koordinat (garis grid).
-          Tugas individu untuk memperbesar dan memperkecil peta dengan langkah-langkah sebagai berikut:
-          Menyiapkan alat dan bahan memperbesar atau memperkecil peta dengan menggunakan garis-garis koordinat(garis grid).
-          Menentukan peta yang akan diperbesar atau diperkecil.
-          Membuat garis-garis koordinat (garis grid)pada peta yang akan diperbesar atau diperkecil.
-          Membuat garis-garis koordinat (garis grid)pada kertas kerja sesuai dengan perbesaran atau perkecilan yang diinginkan.
-          Menyalin peta dari peta asli ke kertas kerja.
-          Menentukan skala pada peta yang telah diperbesar atau diperkecil.
-          Tanya jawab tentang unsur peta yang berubah dan tidak berubah dari peta yang telah diperbesar atau diperkecil.
-          Penutup
-          Guru bersama Peserta didik membuat kesimpulan.
-          Penilaian
-          Guru menginformasikan bahwa peserta didik yang belum mencapai KKM dalam memperbesar/memperkecil peta perlu memperbaiki hasil kerjanya.
-          Refleksi  : Peserta didik menyampaikan kesan tentang kesulitan dalam memperbesar atau memperkecil peta.
-          Guru menginformasikan kepada peserta bahwa pertemuan berikutnya membahas tentang interaksi sosial, siswa ditugasi membaca buku pelajaran yang berkaitan dengan materi tersebut.

G.   Sumber dan Media Pembelajaran
1.    Peta
2.    Atlas
3.    Globe
4.    Kertas karton/ HVS
5.    Lembar  Penilaian Psikomotorik
6.    Buku geografi yang relevan








H.   Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·         Membedakan peta, atlas, dan globe.
·         Mengidentifikasi jenis,bentuk dan pemanfaatan peta.
·         Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas dan globe.
·         Mengartikan berbagai skala.
·         Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat

·         Tes Tulis.











·         Tes unjuk kerja.

·         Tes uraian.











·         Tes identifikasi.


·         Uji petik kerja

1.    Sebutkan unsur-unsur peta dan atlas.
2.    Berikan masing-masing 2 contoh peta umum dan peta khusus!
3.    Jelaskan 2 bentuk peta!
4.    Sebutkan 3 informasi geografis dari peta !
5.    Amatilah peta dantentukan letak astronomis (lintang dan bujur) Jakarta!
6.    Peragakan gerak rotasi bumi dengan menggunakan globe!
7.    Jika di peta yang berskala 1 : 1.000.000 jarak kota A dan B adalah 5 cm, hitunglah jarak yang sebenarnya!

Carilah letak Kota Bulukumba pada atlas dengan menggunakan indeks!

Pilihlah peta salah satu pulau di Indonesia dalam atlasmu, kemudian perbesarlah 2 kali dengan menggunakan garis-garis koordinator(garis grid) !
















     
              Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Sumberjaya                                          Guru Mata Pelajaran,


       SUTIAN,S.P                                                                     BAMBANG SUPRIYANTO
       NIP.196521091989011002                                                NIP.196812011997031002


Lampiran

RUBRIK PENILAIAN
KETERAMPILAN MENGGUNAKAN ATLAS

No
Nama Peserta didik
Aspek yang dinilai/skor maksimal

Jumlah skor
Mencari nama tempat pada daftar indeks
Mencari halaman
Mencari kolom dan baris
Menunjuk letak tempat
5
5
5
5
20















































RUBRIK PENILAIAN
MEMPERBESAR DAN MEMPERKECIL PETA

No
Nama Peserta didik
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Grid
Bentuk
Skala
Kerapian
5
5
5
5
20





























               
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP                                                         : SMP Negeri 2 sumberjaya
Mata Pelajaran                                      : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester                                      : VII/2
Alokasi waktu                                          : 8 x 40 menit ( 4 pertemuan)


Standar Kompetensi
5. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu – Buddha sampai masa Kolonial Eropa.
Kompetensi Dasar
5.2 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia ,serta peninggalan- peninggalannya.
A.Tujuan Pembelajaran :
               
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat  :

Pertemuan I

Melacak masuk dan berkembangnya agama Islam ke Indonesia :dari tanah Arab berkembang ke Persia dan   India (Gujarat) kemudian disebarkan ke Indonesia
Menguraikan saluran-saluran Islamisasi di Indonesia :perdagangan, perkawinan, dakwah para Wali/ ulama dan pesantren

Pertemuan II
Menjelaskan cara yang digunakan oleh Wali Sanga /ulama lainnya dalam menyebarkan Islam ( pesantren, seni budaya, berdakwah )
Membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia (India, Selat Malaka ,Laut Jawa )

Pertemuan III
Menjelaskan secara kronologi perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia : Samudera Pasai, Demak, Aceh, Banten ,Makasar , Pajang ,Mataram dan Banjar

Pertemuan IV
Memberikan contoh peninggalan–peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah ( makam, masjid, kraton, kitab sastra dan kaligrafi)

B.Materi  Pembelajaran

Proses masuk dan berkembangnya  Islam di  Indonesia: dari tanah Arab berkembang ke Persia dan India (Gujarat) kemudian disebarkan ke Indonesia.
Saluran-saluran Islamisasi  di Indonesia: perdagangan, perkawinan, dakwah, dan pesantren.
Cara-cara yang digunakan oleh para wali/ulama lainnya dalam menyebarkan Islam di berbagai wilayah Indonesia melalui pesantren, seni budaya, dan dakwah.
Peta jalur dan daerah penyebaran Islam di berbagai wilayah Indonesia.
Kronologi perkembangan kerajaan Islam di berbagai wilayah Indonesia: Samudera Pasai, Demak, Aceh, Banten, Makassar, Pajang, Mataram, dan Banjar.
Contoh peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam di berbagai daerah Indonesia: makam, mesjid, keraton, kitab sastra, dan kaligrafi.

C. Metode  Pembelajaran

            1.         Diskusi
            2.         Observasi
            3.         Tanya jawab
            4.         Ceramah
            5.         Tugas
Dengan pendekatan CTL.

D.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

            Pertemuan Pertama :
Kegiatan pendahuluan
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi        : Diingatkan kembali pelajaran yang telah lalu yaitu tentang masuk dan berkembangnya agama Hindu dan Buddha di Indonesia.
Motivasi          :           ditampilkan gambar ulama atau gambar peninggalan sejarah Islam dan siswa memberikan tanggapannya.
                       
Kegiatan inti
Mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan masuk dan berkembangnya  Islam di Indonesia
Dengan model pembelajaran Jigsaw:
Kelas dibagi dalam kelompok yang beranggotakan 4 orang.
Guru menyampaikan 4 pertanyaan / masalah berkaitan dengan proses masuk dan tersebarnya Agama Islam di Indonesia  dan harus dicari jawabannya melalui diskusi
Tiap anggota kelompok  diberi tugas untuk menjawab satu pertanyaan atau masalah.
Siswa-siswa yang mempunyai tugas menjawab pertanyaan yang sama yang  berkumpul dalam satu kelompok yang disebut kelompok ahli .
Masing-masing kelompok ahli berdiskusi untuk mencari jawaban atas pertanyaan / permasalahan
Setelah menyelesaikan tugasnya, siswa kembali ke kelompok asal untuk menyampaikan hasil diskusi tentang cara-cara yang dipergunakan oleh para wali/ulama dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
Guru beberapa meminta beberapa siswa /kelompok untuk mempresentasikan jawaban atas permasalahan yang nerupakan hasil diskusi
Siswa /Kelompok lain menanggapi, memberi masukan atau pendapat terhadap materi presentasi
Guru memberi tanggapan dan penguatan terhadap pendapat-pendapat siswa dan membuat kesimpulan dengan merujuk pada referensi atau pendapat para ahli
Kegiatan Penutup
Refleksi : siswa membuat kesimpulan tentang proses, saluran dan cara penyebaran Islam di Indonesia
Penilaian
Memberikan tugas rumah untuk membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia.
Guru menginformasikan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya yaitu tentang cara-cara yang dilakukan dalam penyebaran agama Islam di Indonesia
Guru Menutup kegiatan pembelajaran

Pertemuan Kedua :
Kegiatan Pendahuluan
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Apersepsi : Berdialog dengan tentang materi sebelumnya yang berkaitan dengan cara-cara penyebaran Agama Islam
Motivasi          :
Ditampilkan peta penyebaran Agama Islam di Indonesia, buatan para siswa
Siswa diminta untuk memberi tanggapan  pertanyaan Mengapa agaimana Agama Islam dapat tersebar di Indonesia ?, Bagaimanakan cara para pedagang dan Ulama dalam penyebaran Islam di Indonesia ?
Kegiatan Inti :
Siswa dibagi ke dalam 4 kelompok
Setiap kelompok mengkaji materi pelajaran dengan mempelajari buku teks atau sumber lainnya untuk menjawab salah satu pertanyaan :
Mengapa Agama Islam mudah diterima dan tersebar dalam masyarakat Indonesia
Bagaimana peranan pedagang dalam penyebaran Agama Islam di Indonesia
Bagaimana peranan Ulama dalam penyebaran Agama Islam di Idonesia
Bagaimana cara yang dilakukan para wali dan ulama dalam menyebarkan Agama Islam ?
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas, dilanjutkan tanggapan dari kelompok lain
Guru memberi tanggapan dan penguatan terhadap pendapat-pendapat siswa dan membuat kesimpulan dengan merujuk pada referensi atau pendapat para ahli

Kegiatan penutup:
Refleksi: Siswa menyimpulkan peranan para ulama dan pedagang dalam penyebaran Islam di Indonesia
Guru melaksanakan penilaian
Guru menginformasikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya yaitu tentang perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia, dan meminta mereka untuk mempelajari terlebih dahulu  dan mencari bahan tambahan dari berbagai sumber (ensikloppedi,internet dll).
Menutup Pelajaran

Pertemuan ketiga

Kegiatan Pendahuluan
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai
Apersepsi : berdialog tentang materi sebelumnya yang berkaitan dengan  daerah penyebaran Agama Islam di Indonesia (Tugas sebelumnya).
Motivasi   :
Ditampilkan gambar Istana / keraton salah satu kerajaan Islam di Indonesia
Siswa diminta mengemukakan pengetahuannya tentang kerajaan-kerajaan Islam yang ada di Indonesia, berdasarkan hasil kajian mereka terhadap berbagai sumber.
Kegiatan Inti:
Siswa  dibagi ke dalam beberapa kelompok
Setiap kelompok mengkaji materi tentang perkembangan kerajaan – kerajaan Islam di Indonesia
Setiap kelompok diminta membuat kesimpulan (dalam bentuk narasi atau tabel) mengenai kronologi perkembangan kerajaan-kerajaan Islam yang meliputi :
Berdirinya (Waktu dan nama pendirinya)
Masa keemasannya (waktu ,nama raja, bukti keemasannya
Kemunduran dan berakhirnya
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
Kelompok lain memberikan tanggapan ,sanggahan dan pendapat terhadap materi yang disajikan
Tanya jawab siswa dengan guru mengenai perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
Guru memberikan tanggapan dan penguatan terhadap pendapat dan pertanyaan para siswa dengan merujuk pada referensi dan pendapat para ahli.
Kegiatan penutup
Refleksi : Siswa menyimpulkan tentang perkembangan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
Penilaian
Guru memberikan tugas mengidentifikasi peninggalan-peninggalan Kerajaan Islam untuk dipresentasikan pada pertemuan berikutnya
Guru menutup pelajaran

Pertemuan ke empat

Kegiatan pendahuluan
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran
Apersepsi : berdialog tentang daerah – daerah di Indonesia yang penduduknya banyak menganut Islam di kaitkan dengan  kerajaan-kerajaan  Islam di Indonesia
Motivasi : di tampilkan gambar –gambar peninggalan sejarah bercorak Islam dan memberikan pertanyaan sehingga siswa tertarik untuk mempelajari lebih lanjut.
Kegiatan inti
Siswa diminta untuk berkelompok sesuai dengan tugas pertemuan sebelumnya
Siswa secara berkelompok mempresentasikan hasil pekerjaan rumah tentang peninggalan-peninggalan kerajaan Islam di Indonesia
Kelompok lain memberi tanggapan.
Tanyajawab dengan guru mengenai peninggalan-peninggalan kebudayaan bercorak Islam
Guru memberikan tanggapan dan penguatan terhadap pendapat siswa  dengan merujuk pada referensi dan pendapat para ahli.
Penutup :
Memberikan penguatan dari hasil tanya jawab maupun diskusi kelompok siswa.
Refleksi : membantu siswa untuk menyimpulkan pentingnya peninggalan kebudayaan yang bercorak Islam sebagai salah satu kekayaan Budaya Indonesia
Penilaian
Memberikan tugas rumah untuk melakukan observasi pada peninggalan yang bercorak Islam di daerahnya masing-masing dan dikumpulkan di minggu berikutnya.
Guru menginformasikan materi pembelajaran yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya tentang proses kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia
Guru menutup pelajaran

E.Sumber Belajar

1.      Buku teks IPS pegangan siswa
2.      buku referensi.
3.      Atlas sejarah.
4.      Situs sejarah di daerahnya.

F.Penilaian

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

Melacak proses masuk dan berkem-bangnya agama Islam ke  Indonesia


Mendiskrepsikan saluran-saluran Islamisasi di Indonesia

Menjelaskan cara yang digunakan oleh Wali Songo/Ulama lainnya dalam menyebarkan Islam.

Membaca dan membuat peta jalur dan daerah penyebaran Islam di Indonesia




Tes tulis





Tes tulis





Tes tulis




Penugasan









Pilihan Ganda&
Tes uraian



Tes uraian





Tes Uraian





Tugas rumah



Jelaskan bagaimana proses awal masuknya pengaruh Islam di Indonesia




Jelaskan salura-saluran Islamisasi di Indonesia!




Jelaskan cara yang dipergunakanan oleh Sunan Kalijaga dalam menyebarkan agama  Islam!



Buatlah peta jalur penyebaran Islam dan berilah batas –batas daerah-daerahyang dipengaruhi agama Islam

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

Menyusun kronologi perkem-bangan kerajaan Islam  di berbagai wilayah Indonesia
Mengidentifikasi dan memberi contoh peninggalan-peninggalan sejarah     bercorak Islam diberbagai    daerah

Tes tulis




Penugasan
Tes Pilihan Ganda



Tugas rumah

Jelaskan faktor-faktor penyebab kerajaan Aceh dapat berkembang pesat



Kumpulkan gambar-gambar peninggalan sejarah bercorak Islam lakukan pemajangan






Mengetahui                            
Kepala SMP Negeri 2 sumberjaya                    Guru Mata Pelajaran IPS



SUTIAN,S.Pd                                                           Bambang Supriyanto
NIP.196521091989011002                                   NIP. 196812011997031002




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



SMP/MTs
:
SMP Negeri 2 Sumberjaya
Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester
:
VII / 2
Standar Kompetensi
:
5. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu – Buddha sampai masa Kolonial Eropa.
Kompetensi Dasar
:
5.1 Mendeskripsikan perkembangan masyaraka,kebudayaan dan pemerintahan pada masa hindu budha serta peninggalan peninggalannya
Indikator
:
Mendeskripsikan  masuk dan berkembangnya agama hindu dan Budha di Indonesia
Menunjukan pada peta daerah daerah yang dipengaruhi  unsur hindu dan Budha di Indonesia
Menyusun kronologi perkembangan  kerajaan hindu Budha ke berbagai wilayah Indonesia
Mengidentifikasi dan memberi contoh  peninggalan peninggalan  sejarah kerajaan kerajaan yang bercorak hindu Budha  diberbagai daerah
Alokasi
:
6 x 40 Menit ( 3xpertemuan )


A. TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1.      Mendiskripsikan msuk dan berkembangnya agama hindu budha di indonesia
2.      Menunjukan pada peta  daerah daerah yang dipengari unsur hindu budha
              di indonesia
3.      Menyusun kronologi perkembangan kerajaan hindu budha di berbagai wilayah
              indonesia
4.      Mengindentifikasi dan memberi contoh peningalan peninggalan sejarah keraja
              an  yang bercorak hindu budha  diberbagai daerah

B.MATERI PEMBELAJARAN

      1.   Proses masuk dan berkembangnya  agama hindu budha di indonesia
      2.   daerah daerah yang dipengaruhi unsur hindu budha di indonesia
      3.   Perkembangan kerajaan hindu budha di berbagai wilayah indonesia
      4.   Contoh peninggalan peninggalan sejarah kerajaan  yang bercorak hindu budha di
              berbagai wilayah  indonesia
      5.   Meunjukan tempat tempat peninggalan kerajaan hindu budha pada peta

C. METODE

     1.    Diskusi
     2.    Observasi
     3.    Tanya jawab
     4.    Ceramah
     5.    Tugas

D. LANGKAH LANGKAH KEGIATAN

Pertemuan Pertama :
Kegiatan pendahuluan
Menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Apersepsi        :           diingatkan kembali pelajaran yang telah lalu tentang masa pra aksara
Motivasi          :            Menampilkan gambar gambar  peninggalan hindu budha

Kegiatan inti
a. guru menyampaikan kompetensi yang hendak dicapai
b. guru membagi siswa dalam beberapa kelompok
c. Guru memberikan materikepada siswa kemudian mendiskusikan materi yang
telah diberikan guru
d. hasil iskusi dipresentasikan
e. Guru bersama sama siswa membuat  kesimpulan

Kegiatan penutup
a. penilaian
b. refleksi

Pertemuan Kedua :
Kegiatan pendahuluan
Apersepsi :  mengingatkan kembali materi yang telah lalu
Motivasi :    Memberikan contoh tentang kerajaan hindu budha di indonesia
Kegiatan inti
a. guru menyampaikan kompeensi yang hendak dicapai
b. Membagi siswa dalam beberapa klompok  untuk mendiskusikan tentang
pengaruh hindu budha  serta menyusun kronologihs kerajaan hindu budha di
indonesia
c. setiap kelompok memperesentasikan  hasil diskusi kelompok lain menanggap
d. membuat kesimpulan
Penutup :

a. penilaian
b. Refleksi
c. tugas membuat peta peninggalan kerajaan kerajaan hindu budha


Pertemuan Ketiga :
Kegiatan pendahuluan
Apersepsi :  mengingatkan kembali materi yang telah lalu
Motivasi :    Memberikan contoh tentang peninggalan kerajaan hindu budha
Kegiatan inti
a. guru menyampaikan kompeensi yang hendak dicapai
b. Membagi siswa dalam beberapa klompok  untuk mendiskusikan tentang
pengaruh hindu budha  serta menyusun kronologihs kerajaan hindu budha di
indonesia
c. setiap kelompok memperesentasikan  hasil diskusi kelompok lain menanggap
d. membuat kesimpulan
Penutup :

a. penilaian
b. Refleksi
c. tugas membuat peta peninggalan kerajaan kerajaan hindu budha

E. MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN

1.         Buku sejarah pegangan siswa dan buku referensi.
2.         Atlas sejarah.
3.         Situs sejarah di daerahnya.

F. PENILAIAN
Indikator pencapaian
Teknik
bentuk
Instrumen
Mendeskripsikan masuk dan berkembangnya agama hindu
Budha di indonesia

Menunjukan pada peta daearah daerah yang dipengaruhi unsur





Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 Sumberjaya                                         Guru Mata Pelajaran IPS


  S U T I A N,S.Pd                                                                     BAMBANG SUPRIYANTO          NIP. 19650921 198701 1 002                                                             Nip.19681201 199703 1 002





                                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar